Destinasi

5 “Surga” Cantik Kepulauan Balabalagan yang Anti Mainstream

Liburan dengan tujuan wisata laut seperti Kepulauan Seribu atau Pulau Komodo? Ah, mainstream! Itu, artinya kamu harus segera travelling ke Balikpapan, Kalimantan Timur untuk bertemu dengan wisata gugusan pulau, Kepulauan Balabalagan.

Terletak di Selat Makassar, Kepulauan Balabalagan memiliki banyak sekali pulau-pulau dan gusung yang eksotis. Nggak heran, di beberapa spot Kepulauan Balabalagan, terdapat pasir putih yang indah sekali.

Kalau belum cukup, kamu bisa snorkeling di perairan Balabalagan untuk mendapatkan pengalaman menyelam yang nggak terlupakan. Variasi terumbu karang dan ekosistem bawah laut yang masih sangat terjaga jadi satu daya tarik tersendiri Kepulauan Balabalagan.

Nah, dari beberapa pulau dan gugus di Kepulauan Balabalagan, Pegipegi memiliki lima spot menarik dan anti mainstream yang kamu harus kunjungi saat liburan nanti. Penasaran? Yuk, simak!

Pulau Sumanga Besar

Foto: aliffajri06

Sebenarnya, ada dua pilihan, Pulau Sumanga Besar dan Kecil. Tapi secara koleksi keindahan, Sumanga Besar berpotensi menjadi salah satu daya tarik wisata nasonal. Memiliki kedalaman pesisir sekitar 2-3 meter, kamu bisa menikmati menawannya terumbu karang yang berukuran besar, serta banyak terdapat penyu berkeliaran. Buat pecinta ikan, kamu juga bisa bermain-main dengan ribuan ikan nemo yang bisa ditemui pada kedalaman kurang dari satu meter. Lumayan buat koleksi foto Instagram!

Pulau Lalungan

Foto: beborneotour

Yang menarik dari pulau yang satu ini adalah nggak berpenghuni! Nggak heran sih kalau pulau ini memiliki tingkat kebersihan yang luar biasa. Air laut yang jernih serta terumbu karang yang cantik menambah daya tarik dari Pulau Lalungan. Jika sore hari tiba, kamu bisa berjemur di pinggir pantai sambil menikmati langit jingga tanda sunset mulai muncul.

Pulau Popongan

Foto: backpackerborneo

Jika kamu mau bermalam di sebuah pulau yang aman, maka Pulau Popongan jadi jawabannya. Memilki warna air laut yang indah dengan hamparan pasir lembut sepanjang pantai, Pulau Popongan menjadi destinasi terbaik untuk camping di pinggir pantai. Kawanan penyu yang sering datang di malam hari seakan akrab dengan kehadiran para wisatawan dari penjuru daerah. Hebatnya, meski sudah berpenduduk, Pulau Popongan bebas pungli!

Pulau Kamariyang Besar & Kecil

Foto: fredyeffendy

Dua pulau ini bisa jadi destinasi terbaik tanpa penghuni di Kepulauan Balabalagan. Soal daya tarik, kamu bisa menikmati hamparan luas terumbu karang yang masih sangat alami. Di dalamnya, didiami banyak ikan karang berbagai warna dan jenis. Termasuk kawanan ikan pari yang ukurannya cukup besar. Sebagai bonus, kamu juga bisa melihat banyak sekali pemakaman orang-orang yang meninggal di laut, sebagai penghormatan terakhir

Gusung Karang Sauh

Foto: fredyeffendy

Lokasinya sih memang di tengah, namun Gusung Karang Sauh menawarkan banyak sekali keindahan alam laut yang sangat angka. Jika air laut sedang surut, kamu dapat menikmati deretan terumbu karang dan koral yang sangat asri. Terdapat juga mercusuar yang bisa kamu singgahi untuk melihat kondisi Selat Makassar dengan teropong. Soal kisahnya sendiri, menurut beberapa kesaksian warga di sana, seekor gurita raksasa sering muncul menutupi permukaan gusung.

Tertarik buat travelling ke Kepulauan Balabalaga? Soal bujet, nggak usah khawatir! Kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Balikpapan lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke jakarta  pesan tiket kereta api murah ke jakarta  cari hotel murah di jakarta

Foto utama: fritzwaltern

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 528 times, 1 visits today)

Comments

To Top