Destinasi

5 Sungai Terindah di Dunia, Bikin Jatuh Cinta!

“Sungai yang bisa bikin jatuh cinta? Mustahil. Yang ada tuh tiket pesawat bikin jatuh cinta!” Mungkin itu yang terlintas di benakmu, travelers. Yah, kalo kamu bayangin semua sungai di dunia ini sama seperti sungai-sungai yang mengalir di kota-kota besar di Indonesia, enggak salah sih kalo kamu berpikir begitu. Air yang keruh dan kotor, penuh sampah, belum lagi hunian liar di sekitar sungai, pasti bikin kamu sulit merasa jatuh cinta kepadanya.

Sedih ya, travelers? Daripada menderita galau akut, mending kita sekarang duduk manis di tempat dan teruskan membaca ulasan ini. Siapa tau kamu bisa terhibur dengan keindahan sungai-sungai terindah di dunia berikut ini.

1. Sungai Kenai, Alaska

Alaska. Kenai Peninsula. Kenai River, fly fisherman, and raft. MR.

foto : de.wikipedia.org

Sungai Kenai juga disebut dengan Kahtnu dalam bahasa setempat. Sungai sepanjang 132 km ini membelah Taman Nasional Kenai dari Danau Kenai menuju Lautan Pasifik. Sungai yang terbentuk dari lelehan salju di Pegunungan Kenai menjadi rumah untuk beberapa jenis ikan salmon, antara lain king salmon, red salmon, silver salmon dan pink salmon. Inilah lokasi favorit bagi para penggemar memancing, terutama buat mereka yang kepengen memancing ikan berjenis King atau Chinook Salmon. Di sungai inilah seekor ikan king salmon seberat 44 kg berhasil ditangkap di tahun 1985, sekaligus tercatat sebagai ikan salmon terberat yang pernah ditangkap manusia sampe sekarang.

Selain menarik buat para pemancing, banyaknya ikan di Sungai Kenai menarik minat beberapa jenis satwa untuk datang dan menetap di sekitarnya. Ada beberapa jenis burung pemakan ikan yang bersarang di sekitar sungai. Kerennya lagi, paus Beluga (sejenis ikan lumba-lumba air tawar yang sudah sangat langka) dilaporkan pernah menampakkan diri di sekitar sungai ini. Udara yang sejuk, hijaunya pepohonan sekitar dan pemandangan Pegunungan Kenai di kejauhan bisa membuat siapapun betah berlama-lama memancing di sini. Tapi jangan coba-coba berisik karena beruang madu masih berkeliaran bebas di sekitar Sungai Kenai, n dia bisa menerkam kamu kalo merasa terganggu dengan kehadiranmu.

2. Sungai Seine, Prancis

eiffel-paris-evening-1920x1080

foto : mrwallpaper.com

Ini sungai cantik yang cocok buat kamu penyuka suasana glamor perkotaan. Kota Paris mendunia berkat arsitektur era klasik dan tata kotanya yang menawan, dan Sungai Seine ini adalah salah satu di antara sekian banyak faktor penyebab keindahan Kota Paris sulit ditandingi kota-kota besar lain di dunia.

Sungai Seine mengalir sepanjang 776 km dari mata air Source Seine di timur laut Prancis, tepatnya di sebuah daerah yang dinamakan Langres Plateau. Sungai yang bermuara di Kanal Inggris ini sekaligus menjadi semacam sarana transportasi alternatif selain jalan raya dan juga obyek wisata yang menjadi incaran banyak wisatawan. Naik kapal pesiar keliling Sungai Seine, ngopi di kafe terapung, atau sekedar jalan-jalan di sepanjang tepiannya adalah beberapa aktivitas favorit yang dijamin bakal mengusir galau kamu jauh-jauh.

3. Sungai Cano Cristales, Kolombia

Screenshot 2015-02-09 13.58.52 foto : cano-cristales.com

Ngeliat fotonya aja Pegipegi yakin pasti kamu setuju kalo ini adalah sungai yang paling indah di dunia. Air sungai ini seakan memancarkan lima warna yang berbeda di setiap alirannya, dan kamu dijamin terpesona dan speechless dibuatnya. Karena keunikannya ini Sungai Cano Cristales juga punya nama lain, yaitu Sungai Pelangi, karena kamu bisa melihat air sungai yang berwarna kuning, hijau, biru, hitam yang akan terlihat jelas di sekitar bulan Juli sampai November. Fenomena air berwarna pelangi ini hanya bisa kamu jumpai di sungai yang terletak di Provinsi Serrania de la Macarena. Dan ini adalah akibat pertumbuhan sejenis tanaman air bernama Macarenia Clavigera yang tumbuh di dasar sungai.

Namun, travelers, keindahan itu rupanya tidak menarik bagi para ikan untuk datang dan bertempat tinggal di sungai ini. Pertumbuhan ganggang macarenia yang merajalela di sungai sepanjang 100 km itu rupanya telah menyerap banyak nutrisi dan partikel-partikel kecil yang dibutuhkan ikan sebagai bahan makanan. Dan ikan tak bisa bertahan hidup di sini. Tapi kalo lagi beruntung para pengunjung bisa ketemu dengan aneka satwa lain yang tinggal di sekitar sungai, seperti burung, reptile, kera dan beberapa jenis satwa amfibi.

4. Sungai Rio Tinto, Spanyol

rio-tinto04foto : radiga.com

Emang sih, sungai yang mengalir di sepanjang selatan sampai barat daya Spanyol secara sepintas nampak unik karena warna merah kekuningannya. Tapi tahukah kamu, travelers, kecantikan sungai ini justru bisa mematikan karena menandakan tingkat keasaman yang tinggi dan besi yang larut dalam air.

Ironisnya, warna indah mematikan Sungai Rio Tinto diakibatkan oleh potensi sumber daya mineral di dalamnya. Kekayaan mineral ini telah dieksplorasi oleh bangsa Yunani, Romawi, Moor, Funisia dan Visigoth sejak 3000 SM sebagai bahan baku membuat uang logam, peralatan perang, peralatan rumah tangga, dan banyak lagi. Aktivitas pertambangan selama ribuan tahun meningkatkan konsentrasi logam berat di Sungai Rio Tinto dan kerusakan lingkungan yang makin parah. Pertambangan itu ditutup di tahun 2001 dan dikabarkan akan dibuka kembali di tahun 2010. Tapi masalah pembebasan lahan dan protes dari masyarakat peduli lingkungan hidup membuat pihak pengelola terpaksa harus menunda rencana itu.

5. Sungai Futaleufu, Chile dan Argentina

IMG_3687foto: raftingdurango.com

Amerika Selatan ternyata kaya dengan potensi wisata. Nih, buktinya. Sungai tercantik di dunia berikut mengalir dari sebuah danau di Taman Nasional Los Alerce, provinsi Chubut, Argentina. Airnya yang berwarna biru kehijauan melintas jauh sampai Pegunungan Andes dan masuk ke wilayah negara tetangga, Chile, memecahkan diri menjadi tiga sungai lain yaitu Rio Azul, Rio Claro dan Rio Espolon.

Arus Sungai Futaleufu yang deras menjadi incaran bagi mereka yang demen sama olahraga rafting dan arung jeram. Buat mereka yang nggak hobi arung jeram juga masih bisa kok menikmati keindahan sungai yang terbentuk dari lelehan salju ini. Beberapa bungalow telah dibangun di beberapa titik sungai, sehingga kamu bisa memandangi indahnya sungai ini langsung dari tempat tidur kamu.

Nah, kalo menurutmu sungai manakah yang paling indah, travelers?

(Visited 7,034 times, 1 visits today)

Comments

To Top