Destinasi

5 Spot Rekreasi Seru di Sekitar Candi Borobudur, Magelang

Ada rencana ajak keluarga liburan ke Candi Borobudur di Magelang? Sekalian menjelajah wisata man-made di sekitarnya juga, ya!

Berstatus sebagai candi Buddha terbesar di dunia, Candi Borobudur nyatanya hanya satu dari banyak spot wisata potensial yang ada di Jawa Tengah. Masuk ke dalam Joglosemar, deretan tempat wisata ini cocok jadi tujuan liburan keluarga.

Mulai dari megahnya kastil di lereng Gunung Merapi hingga gereja legendaris yang cocok sebagai spot foto Instagrammable. Selain itu, juga ada taman wisata yang sejuk buat kamu bersantai.

Nah, sebagai referensi kamu, Pegipegi punya 5 tempat rekreasi di sekitar Candi Borobudur, Magelang yang cocok kamu sambangi pas liburan keluarga nanti. Simak, yuk!

Kopeng

Berada di lereng Gunung Merbabu, Kopeng adalah desa wisata yang menarik untuk dikunjungi. Terletak di ketinggian 1.500-1.700 mdpl, Kopeng menawarkan wisata alam organik di mana terdapat banyak sekali lahan sayuran dan buah-buahan. Udara sejuk dan pemandangan asri khas pegunungan membuat Kopeng jadi atraksi wajib usai bermain di Candi Borobudur. Terdapat pula wisata Umbul Song dan Kalipancur yang cocok dijadikan destinasi liburan keluarga. Kopeng berada di jalur penghubung antara kota Salatiga dan Magelang. Kamu bisa menumpang angkutan desa maupun kendaraan pribadi dari kota Magelang menuju desa Kopeng.

Gereja Ayam

Meskipun namanya Gereja Ayam, tapi sebenarnya gereja ini berbentuk burung merpati. Gereja Ayam sebelumnya sempat menjadi tempat tinggal warga sebelum akhirnya menjadi rumah doa bagi siapa pun yang membutuhkan tanpa memandang agamanya. Yup, Daniel Alamsjah yang mendirikan Gereja Ayam lebih menyebut tempat ini sebagai rumah doa ketimbang gereja. Selain itu, bangunan ini juga pernah digunakan sebagai pusat rehabilitasi untuk anak-anak cacat, pecandu narkoba, dan orang gila. Sayangnya, pembangunannya sempat terbengkelai dan Gereja Ayam lebih mirip bangunan tidak terurus. Meski demikian, Gereja Ayam sangat terkenal dan kerap didatangi wisatawan karena tersebar lewat media sosial. Eksistensinya juga makin terlihat saat lokasi tersebut dijadikan tempat syuting film Ada Apa dengan Cinta (AADC) 2.

Lost World Castle

Sesuai dengan namanya, The Lost World Castle menawarkan tempat rekreasi berupa istana yang megah. Terletak di kawasan Kaliurang, Sleman, The Lost World Castle memadukan diri dengan latar belakang lereng Gunung Merapi yang indah.Berada di atas tanah seluas 1,3 hektar, The Lost World Castle kamu bisa mengabadikan keindahan alam khas pegunungan dari atas benteng. Ajak keluarga atau sahabat berpose layaknya seorang ratu maupun raja yang menguasai kastil tersebut.

Taman Kyai Langgeng

Lagi kepingin ajak keluarga seru-seruan di taman wisata? Taman Kyai Langgeng bisa jadi pilihannya. Terletak di Magelang, taman seluas 27,36 Ha ini menawarkan pesona alam dengan deretan koleksi pohon langka dan setengah langka di dalamnya. Panorama Gunung Sumbing menjadi bagian nilai eksotis alam yang tak ternilai. Selain sebagai wisata alam, Taman Kyai Langgeng memiliki fasilitas seperti Wahana Permainan, Petualangan, Edukasi, Air, dan Wisata Religius. Akses pendukung lainnya adalah area parkir, mushola, toilet, warung makan (food court), kedai souvenir, serta akses internet WIFI.

Rumah Kamera

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KOTA MAGELANG (@m.a.g.e.l.a.n.g) on

Nggak cuma tempat wisata budaya dan keluarga yang bisa kamu temui di sekitar Borobudur. Jika kamu kulik lagi terdapat spot wisata unik dan modern yang nggak kamu temukan di manapun, Rumah Kamera. Terletak di Magelang, Rumah Kamera menawarkan spot wisata berupa rumah berbentuk kamera DSLR berukuran besar. Di dalamnya, terdapat ruang pameran foto karya Pak Tanggol, pemilik tempat wisata ini. Dari atas, kamu bisa menikmati keindahan alam khas Magelang yang diliputi sawah dan bukit hijau. Jangan lupa buat berfoto sambil bergaya dengan latar belakang Rumah Kamera ini.

Pengin main ke Magelang? Sekalian bermalam di Magelang dan cari hotel murah di Magelang lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top