Kuliner

5 Sajian Alternatif Pempek Palembang Ini Wajib Kamu Coba

Mendengar kata Palembang, hal pertama yang terlintas pasti soal kulinernya, pempek. Sebagai kuliner tradisional, pempek punya banyak penggemar yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kedai-kedai pempek pun banyak bermunculan di kota besar, sebut saja seperti Jakarta hingga Bandung. Nggak heran sih kalau kuliner yang lekat dengan adonan sagunya  dan campuran ikan tersebut nggak pernah sepi peminat.

Tapi, pempek itu nggak cuma lenjer, kapal selam dan adaan saja, lho! Varian pempek ternyata ada banyak. Nggak percaya?

Pegipegi sudah siapkan 5 kuliner pempek alternatif yang mungkin belum pernah kamu tahu keberadaannya. Siapa tahu kan tertarik buat mencobanya. Simak!

1. Celimpungan

Foto: wikimedia

Jenis pempek alternatif yang pertama adalah celimpungan. Berbahan dasar ikan tenggiri, celimpungan diolah dengan cara direbus dengan bentuk bola-bola. Berbeda dengan pempek pada umumnya, celimpungan disajikan dengan kuah santan berwarna kuning di mana terdapat banyak rempah-rempah seperti kunyit, lengkuas, sereh hingga bawang merah. Kuliner yang satu ini sangat mudah ditemukan di Pasar Beduk, Palembang, lho!

2. Laksan

Foto: masakandapurku

Kalau yang satu ini bukan pempek biasa. Lantaran, laksan merupakan pempek yang sudah dimodifikasi. Adonan sagu dan ikan tenggiri dibentuk persegi panjang disajikan dalam kuah santan kaldu berwarna merah yang nikmat. Ya, mengingatkan kita akan kuah lontong sayur di Jawa Barat dengan santannya. Makin nikmat lagi, ada campuran udang dengan bawang goreng sebagai topping. Lezat!

3. Model

Foto: elfilife

Sering terdengar nyaring, tapi mungkin belum banyak yang tahu. Model merupakan pempek tahu yang memiliki ukuran yang lebih besar dari pempek biasanya. Biasanya, model disajikan dengan kuah kaldu yang hangat serta sohun sebagai sajian karbohidratnya. Jika beruntung, kamu bisa menemukan gurihnya jamur kuping di dalam mangkuk model ini. Tertarik buat mencoba?

4. Tekwan

Kalau pempek yang satu ini, juga mungkin mudah ditemui di kedai pempek Ibukota. Tapi, jarang ada yang melirik, lho. Ternayata, tekwan nggak kalau lezatnya. Jika pempek menghadirkan rasa manis pedas, tekwan justru dikenal dengan kesegarannya. Adonan pempek yang dibentuk bulat direbus ke dalam kuah kaldu yang gurih. Disajikan hangat, tekwan bisa jadi alternatif kamu menyantap pempek.

5. Pempek Panggang

Foto: pempeklince

Jika pada umumnya pempek itu digoreng atau direbus, varian lainnya ada yang dipanggang lho. Disajikan dengan kuah asam manis, pempek panggang punya isian yang juga nggak biasa. Di mana, terdapat udang rebon, kecap dan cabai rawit halus, terbungkus rapi oleh adonan sagunya. Menariknya, tanpa kuah, pempek panggang masih terasa nikmat.

Foto utama: Belisimpel

Mau berburu pempek langsung di Palembang? Pegipegi juga punya solusi untuk liburan murah kamu. deh! Yuk, pesan tiket pesawat dan hotel murah Palembang di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah ke Palembang cari hotel murah di Palembang

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 173 times, 1 visits today)

Comments

To Top