Destinasi

5 Pulau tersembunyi di Indonesia Timur untuk si penyendiri

Kamu doyan jalan-jalan, tapi ogah berada di tengah keramaian dan lebih suka mengunjungi tempat-tempat sepi untuk menikmati keindahan alam? Kalau begitu, 5 pulau cantik yang terdapat di sekitar perairan Indonesia Timur ini bisa kamu masukkan dalam daftar kunjungan selanjutnya!

1. Pulau Adonara

pulau adonara
Pulau Adonara terletak di sebelah timur Pulau Flores, Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini dulunya adalah sebuah kerajaan yang berdiri pada tahun 1650. Dengan luas wilayah sekitar 509 km persegi, masyarakat setempat punya lahan yang cukup luas untuk bertani. Hasil bumi dari pulau ini diantaranya ubi, jagung dan kelapa. Pantai Weiwerang dan Pantai Neren Watotena adalah dua pantai di Pulau Adonara yang bisa kamu kunjungi. Selain masih terpelihara kealamiannya, di sini kamu akan dibuat kagum oleh gugusan batu karang unik yang mengelilingi Pulau Adonara.

2. Pulau Dodola

pulau dodola
Mau coba sensasi tinggal sendiri di pulau tak berpenghuni? Pulau Dodola tempatnya! Pulau yang terletak di Samudra Pasifik ini masih merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Morotai, Provinsi Maluku Utara. Pulau Dodola terdiri dari dua bagian, yaitu Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil yang terpisah dengan jarak sekitar 500 meter saja. Ketika air laut sedang surut kamu bisa berjalan menyusuri pasir putih yang menghubungkan keduanya. Gugusan atol yang mengelilingi kedua pulau membuat kamu akan merasa seperti sedang berada di tengah danau yang airnya biru tenang. Masih belum cukup? Bawa tendamu kemari dan ber-campinglah di tepi pantai. Di sini kamu bisa menunggu hingga matahari terbit dan menyaksikan fenomena alam terindah yang tak terlupakan!

3. Pulau Wetar
Pulau yang terletak di Laut Banda ini dekat dengan negara Timor Leste, dan dengan sendirinya merupakan pulau terluar Indonesia. Sebuah tambang emas pernah beroperasi di pulau ini dan diduga telah melakukan eksploitasi mineral secara berlebihan. Sekarang tambang sudah ditutup karena emas sudah habis, travelers. Namun, kamu masih bisa menikmati keindahan pantainya yang masih alami dan juga Danau Tihu yang terletak di tengah Pulau Wetar. Danau Tihu adalah fenomena alam yang langka, karena mengalami pasang naik dan surut sebagaimana laut (padahal lokasinya jauh dari laut lho, travelers!). Trus jenis ikan di danau ini sama dengan ikan yang hidup di perairan sekitar Pulau Wetar. O iya, di tengah danau ada juga sebuah pulau kecil, namanya Pulau Ibu. Meski kamu mengunjungi tempat cantik ini seorang diri, dijamin tak bakal merasa kesepian, travelers.

4. Pulau Kadidiri

pulau kadidiri
Pulau Kadidiri termasuk bagian dari Taman Nasional Kepulauan Togean, Teluk Tomini Propinsi Sulawesi Tengah. Pulau ini tergolong lebih mengenal peradaban dibandingkan pulau-pualu lain yang telah Pegipegi ulas di atas, karena sudah ada tiga cottage yang didirikan investor di sini. Meskipun terpencil, wisatawan asing banyak juga yang berkunjung ke pulau ini lantaran hamparan pasir putih, taman terumbu karang dan 200 biota laut di dalamnya telah membuat mereka jatuh cinta, travelers! Kendalanya, sumber air tawar termasuk hal yang sulit kamu dapatkan disini (apalagi sinyal ponsel!). Selain itu, belum tersedianya sarana transportasi yang memadai selain kapal laut juga menjadi hambatan bagi backpacker lokal untuk mengunjungi Pulau Kadidiri, karena biaya yang dikeluarkan pasti mahal. Bayangkan saja, untuk mencapai pulau ini kamu harus pergi ke Kota Ampana, dilanjutkan dengan berlayar selama 3-6 jam ke Pulau Wakai, dari sini kamu harus lanjutkan perjalanan dengan kapal motor selama 30 menit ke Pulau Kadidiri. Wah, agak ribet juga ya.

5. Pulau Lihukan
Sulawesi ternyata menyimpan banyak ‘surga’ untuk pecinta diving, travelers! Kalo kamu termasuk diantara pecinta kehidupan bawah laut, pasti nggak akan menyesal mendatangi tempat yang juga dikenal dengan sebutan ‘Nirwana’. Ada banyak terumbu karang warna-warni, ikan-ikan kecil yang imut yang bisa kamu lihat saat menyelam di sekitar pulau. Pantainya juga masih sangat bersih, pasti membuat kamu betah berlama-lama di sini. Kalo nggak suka menyelam, kamu juga bisa berenang di sekeliling pantai. Tapi waspadalah terhadap ancaman ular laut yang banyak ditemukan di perairan sekitar Pulau Lihukan.

Siap berangkat, Travelers?

(Visited 1,408 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top