Berita

5 Perbedaan Nonton Bola di Stadion Gelora Bung Karno, Dulu dan Sekarang

Zaman sekarang, nonton bola lebih enak dan nyaman, lho! Nggak percaya? Coba kamu datang ke Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta dan rasakan sendiri pengalaman mendukung Timnas Indonesia di sana.

Semenjak direnovasi, Stadion Utama Gelora Bung Karno mampu mengubah cara pandang masyarakat soal nonton bola di stadion. Segala fasilitas dan kenyamanan diberikan stadion ini bahkan sebelum kamu datang ke sana.

Mulai dari sistem ticketing hingga bangku penonton jadi hal yang disorot positif oleh masyarakat. Jadi, kamu nggak ada alasan buat nggak datang, mendukung Timnas Indonesia bertanding di stadion kebanggaan Indonesia ini.

Nah, sebagai referensi, Pegipegi punya beberapa fakta yang membedakan nonton bola di SUGBK zaman dulu dengan zaman sekarang. Yuk, simak!

Sistem Ticketing

Sistem ticketing adalah hal yang paling krusial. Zaman dulu, para penonton harus mengantre panjang di loket-loket dekat Stadion Gelora Bung Karno buat mendapatkan selembar tiket. Ada yang antre dari malam hari sebelumnya, lho!

Nah, sekarang, PSSI selaku federasi yang menaungi kegiatan sepak bola di Indonesia mengaplikasikan sistem ticketing berbasis online. Selain lebih teratur, sistem ticketing ini memudahkan penonton untuk mengatur sendiri kenyamanan mereka di stadion. Mulai dari kategori kelas hingga nomor kursi bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

Dengan sistem ini, kamu nggak lagi perlu mencetak atau menukarkan ulang tiket kamu di stadion. Cukup tunjukkan e-ticket kamu melalui smartphone atau gadget kepada petugas yang berjaga di pintu masuk stadion, lalu scan barcode pada tiket.

Bangku Penonton

Perbedaan mencolok lainnya terdapat pada bangku penonton. Dulu, sebelum renovasi, Stadion Gelora Bung Karno hanya menyediakan bangku kayu yang berjejer panjang di tiap tribun. Selain nggak nyaman, terkadang bangku tersebut kerap disalahgunakan fungsinya, sebagai tepat pijakan kaki penonton.

Nah, sekarang, seluruh bangku penonton menggunakan jenis single seat dan flip up. Dengan kemampuan beban hingga 250 kilogram, bangku baru stadion ini nggak bakal mudah rusak dan nyaman untuk diduduki.

Selain itu, jika kamu datang untuk menonton pertandingan di sini, kamu bakal dibekali nomor kursi yang bisa dipilih secara online. Jadi, nggak perlu rebutan nonton paling atas atau paling bawah lagi, deh.

Toilet dan Wi-Fi Kencang!

Bagi kamu yang sudah giat mendukung Timnas Indonesia, pasti akrab dong dengan toilet di setiap sudut stadion ini sebelum direnovasi. Selain nggak dijaga, fasilitas penting ini juga sangat kotor dan kadang tanpa penerangan.

Kini, SUGBK dilengkapi dengan toilet pengunjung yang jauh lebih baik. Ada sekitar 100 toilet di pelataran pintu masuk penonton  dengan wastafel hingga urinoir berstandar internasional. Oh ya, ada penjaganya lho, sekarang!

Makin nyaman lagi, setelah direnovasi, SUGBK hadir dengan koneksi Wi-FI di seluruh sudut stadion. Lumayan, buat update skor pertandingan terkini dan pajang selfie di medsos.

Tanpa Botol Minuman

Dulu, botol minuman jadi hal yang paling sering ditemukan berserakan di stadion. Selain itu, botol minuman juga kerap disalahgunakan para oknum suporter untuk memprovokasi pemain lawan.

Kini, sesuai dengan peraturan berstandar internasional, tiap penonton dilarang membawa masuk botol minuman dalam bentuk apapun. Sebagai gantinya, pengelola Stadion Gelora Bung Karno menyediakan air minuman dalam kemasan plastik yang unik, lho. Jadi, habis minum, bisa kamu kantongi dulu sampahnya.

Keamanan Nomor Satu

Dulu, datang ke stadion bawaannya khawatir. Apalagi berbicara soal keamanannya. Tapi tenang, Stadion Gelora Bung Karno sudah membekali diri dengan sistem keamanan berstandar internasional, lho.

Untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan, pengelola Stadion Utama Gelora Bung Karno memasang sejumlah CCTV 7K. Nah, kamera pemantau ini jauh lebih canggih karena mengadopsi teknologi deteksi wajah. Sistem ini kabarnya dapat mendeteksi aktivitas penonton serta dapat mencocokan dengan wajah pelaku tindak kejahatan teroris yang ada di database Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Selain itu, sistem parkir di kawasan stadion juga lebih teratur. Jika dulu dihuni banyak parkir liar, kini kamu bisa aman meninggalkan kendaraan di tempat parkir yang sudah disediakan. Sistem pembayaran parkirnya pun sudah cashless dan hanya bayar sekali saat masuk (tidak dihitung perjam)

Mau nonton bola di sini? Sekalian liburan di Jakarta. Biar makin murah, jangan lupa booking tiket pesawat, atau beli tiket kereta api ke Jakarta di Pegipegi, ya!

Pesan Tiket Pesawat Jakarta Cari Hotel Murah lain di Jakarta Pesan Tiket Kereta Api Jakarta

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top