Kuliner

5 Perbedaan Mencolok Rendang Indonesia dan Malaysia

Rendang tengah jadi perbincangan publik. Kuliner khas Indonesia ini tiba-tiba viral karena komentar nyeleneh para juri dalam acara masak Masterchef UK.

Sepasang juri, John Torode dan Gregg Wallace mengomentari masakan nasi lemak dan rendang ayam karya salah satu kontestan, Zaleha Kadir Olpin. Keduanya menilai rendang ayam asal Malaysia harus memiliki tekstur yang renyah atau crispy.

Kontan, komentar tersebut berujung kritikan pedas dari para penonton Masterchef UK maupun netizen di dunia maya. Bahkan seorang mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad melepaskan komentar pedasnya.

Secara geografis, rendang adalah masakan asli Minangkabau, Indonesia yang disajikan dengan daging sapi maupun ayam. Namun, Malaysia memiliki versi rendang sendiri yang biasanya dikombinasikan dengan nasi lemak.

Tapi, apakah rendang Malaysia punya tekstur crispy? Well, Pegipegi punya 5 perbedaan antara rendang Indonesia dengan Malaysia. Simak yuk!

1. Soal Tekstur

Rendang Malaysia memiliki tekstur yang lebih empuk. Berbanding terbalik dengan rendang Indonesia yang memiliki serat daging lebih tebal. Namun, rendang Malaysia terlihat jauh lebih kering dan nggak berminyak seperti kebanyakan rendang di Indonesia. Nggak heran, rendang Malaysia terlihat seperti daging empal.

2. Salam Koja

Untuk memasak rendang, kamu harus memasukkan daun salam agar rasanya lebih nikmat. Nah, perbedaan rendang Malaysia dengan Indonesia adalah jenis daun salamnya. Rendang Malaysia menggunakan daun salam koja. Sehingga, rasa yang dihasilkan jauh lebih kuat dan punya karakter.

3. Lebih Juicy

Pada umumnya, rendang disajikan dengan nasi. Nah, yang membedakan, rendang Malaysia disajikan dengan nasi lemak atau nasi biryani yang lebih kering. Sedangkan, rendang asal Minangkabau nikmat disajikan dengan nasi padang yang kaya akan kuah berlemak dan berminyak sehingga menciptakan kesan lebih juicy.

4. Pedas dan Gurih

Rendang Indonesia punya cita rasa yang lebih gurih dan pedas. Kenapa? Karena, rendang asal Minang menggunakan campuran cabai merah, bawang merah, bawang putih, serai, kunyit, daun kunyit, lengkuas, dan jahe. Sedangkan rendang Malaysia jauh lebih manis karena dimasak dengan gula Jawa.

5. Ada Kerisik

Lantaran dimasak dengan tekstur yang lebih kering, rendang Malaysia memiliki taburan kerisik atau bubuk kelapa di atasnya. Tujuannya agar menambah cita rasa pada gigitan awal. Sedangkan rendang Indonesia nggak menggunakan kerisik karena warga minang lebih memilih pengadukan salam berjam-jam untuk menciptakan rasa kuat.

Nah, biar traveling makin menyenangkan, kamu bisa cari hotel murah lewat Pegipegi! Soal transportasinya jangan lupa pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah lewat Pegipegi, ya!

cari hotel murah  pesan tiket pesawat murah   pesan tiket kereta api murah

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top