Destinasi

5 Pasar Paling Aneh di Berbagai Belahan Dunia

Pasar merupakan tempat untuk menjual dan membeli. Barang-barang yang biasa diperjualbelikan biasanya barang-barang seperti sayur-sayuran, buah-buahan, baju, celana, bunga, dan lain-lain. Tapi, ternyata, ada pasar-pasar di berbagai belahan dunia yang memperjualbelikan bermacam-macam barang yang unik dan aneh. Dari barang-barang seperti boneka voodoo, obat-obatan aneh, sampai pengantin wanita dijual di pasar-pasar ini. Pengin tahu pasar-pasar apa aja?

1. Gypsy Brides Market

Gypsy Brides Market ada di salah satu negara di benua Eropa, tepatnya di Stara Zagora, Bulgaria. Kalau pasar biasanya menjual berbagai macam barang, pasar ini lain ceritanya. Seperti namanya, pasar yang diadakan setiap empat kali dalam setahun ini menjajakan wanita-wanita single yang sudah berdandan cantik dengan memakai dress dan ditemani oleh orangtuanya. Di sini, wanita-wanita tersebut menunggu para lelaki yang tertarik menjadikannya sebagai istri.

Caranya, jika ada lelaki yang tertarik dengan salah satu wanita, lelaki itu akan mengajaknya berdansa. Setelah dansa selesai dilakukan, barulah keputusan diambil. Apakah lelaki itu merasa cocok dengan wanita yang diajaknya berdansa atau nggak. Kalau cocok dan tentunya setelah dapat restu dari kedua orangtua si wanita, lelaki itu boleh membawanya pulang dan menjadikannya istri. Wah, cocok sekali nih buat kamu yang lagi cari jodoh.

2. Voodoo Fetish Market

www.flickr.com

Foto dari www.flickr.com

Mau datang ke pasar voodoo terbesar di dunia? Datang aja ke Voodoo Fetish Market. Pasar ini terletak di Togo, Afrika Barat. Jenis barang yang dijual di sini adalah barang-barang yang biasanya dibutuhkan untuk ritual-ritual mistis, seperti jimat, tengkorak, boneka voodoo, dan lain sebagainya.

Selain itu, ada juga barang-barang nggak umum lainnya, seperti kaki gajah, jantung kuda, kepala leopard, dan bagian-bagian tubuh hewan lainnya. Bagian tubuh hewan-hewan tesebut bukan untuk dimakan atau dikoleksi, lho, travelers. Tulang-tulang dari bagian tubuh hewan-hewan itu dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat obat-obatan tradisional. Tapi jangan salah, obat-obatan ini terkenal manjur untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Masyarakat Togo biasanya akan mendatangi pasar ini untuk membeli bahan obat jika mereka nggak sanggup untuk berobat ke rumah sakit. Makanya, pasar ini dianggap sebagai apotek oleh masyarakat sekitar.

3. Spiderville

Salah satu pasar aneh lainnya adalah Spiderville yang terletak di Skuon, Kamboja. Kalau ingin mencoba kuliner yang ekstrim, berarti kamu harus coba laba-laba atau tarantula goreng yang dijual di sini. Ada berbagai jenis tarantula yang dijual di pasar ini. Mulai dari yang ukurannya agak kecil dengan panjang 5 cm, sampai yang sebesar telapak tangan. Banyak yang bilang rasanya gurih dan menyerupai perpaduan antara rasa ayam dan ikan, lho.

Selain ramai dengan pengunjung, pasar ini juga ramai dengan anak-anak lokal yang asyik bermain dengan laba-laba hidup milik mereka. Layaknya seekor peliharaan, laba-laba itu mereka bawa ke mana-mana untuk bermain. Bahkan, terkadang laba-laba itu mereka letakkan begitu aja di baju dan dibiarkan berjalan di badan mereka. Nah, biasanya, saat ada turis yang datang, mereka akan mengajak turis-turis itu bermain dengan langsung meletakkan laba-laba milik mereka di badan si turis tanpa bertanya terlebih dahulu. Kalau kamu phobia sama laba-laba, mendingan jangan coba-coba ke sini, deh.

4. Mercado de Sonora

Seperti Voodoo Fetish Market, di Avenida Fray Servando Teresa, di Meksiko juga ada sebuah pasar yang menjual barang-barang untuk ritual mistis. Boneka voodoo, patung-patung iblis pencabut nyawa, lilin-lilin aneh, sampai ramuan-ramuan misterius juga dijual di sini. Soalnya, banyak penduduk yang berprofesi sebagai penyihir di Meksiko atau yang disebut juga dengan Bruja dalam bahasa Spanyol. Makanya, pasar ini nggak pernah sepi dari pengunjung. Bahkan penyihir dan paranormal dari seluruh dunia juga datang ke sini.

Di pasar ini, selain para pedagang, banyak juga penyihir dan paranormal yang membuka lapak. Para penyihir dan paranormal itu biasanya menjual jasa. Biasanya, para pelanggan meminta jasa mereka untuk hal-hal yang nggak lazim, seperti guna-guna untuk memperdaya pikiran orang lain atau pelet untuk menarik hati lawan jenis.

5. Witches Market

Sesuai dengan namanya, di pasar ini menjual berbagai macam keperluan dunia sihir. Mulai dari bulu burung hantu, jimat, tulang-belulang hewan, janin hewan yang dikeringkan, batu asteroid, sampai sabun penyihir juga ada di sini. Pembelinya pun beragam. Ada yang memang berprofesi sebagai penyihir atau paranormal, ahli astrologi, sampai turis biasa yang hanya akan menjadikan barang-barang tersebut sebagai cinderamata.

Pasar yang terletak di La Paz, Bolivia, Amerika Selatan ini dikenal dengan sebutan the Mercado de las Brujas, yang artinya Pasar Penyihir. Orang-orang yang berjualan di sini biasanya menggunakan pakaian berwarna-warni dan sebuah topi yang unik, sesuai dengan pakaian khas Bolivia. Di pasar ini biasanya banyak penyihir, dukun, astronom, pembaca masa depan, dan penyembuh melakukan berbagai keahlian yang mereka miliki sesuai permintaan pelanggan yang datang.

(Visited 558 times, 1 visits today)

Comments

To Top