Destinasi

5 Pantai Cantik Penghasil Ikan Terbanyak di Indonesia

Sebagai negara kepulauan, Indonesia dikelilingi oleh banyak pantai. Di antaranya ada pantai-pantai yang menjadi tempat berangkatnya para nelayan untuk mencari ikan. Menyambut Hari Nelayan Nasional yang jatuh setiap tanggal 6 April, kamu perlu tahu nih ada 5 pantai penghasil ikan terbanyak di Indonesia. Simak di bawah ini!

1. PANTAI SADENG

Berada di Yogyakarta, di pantai ini kamu bisa melihat tempat pelelangan ikan terbesar di kota pelajar. Kalau kamu tinggal di Pulau Jawa, ada kemungkinan ikan yang kamu konsumsi asalnya dari pantai ini. Karena Pantai Sadeng menjadi salah satu pemasok ikan di Pulau Jawa.

Setiap paginya ada kapal sebesar 35 grass ton yang merapat ke pantai dengan membawa hasil tangkapan. Ikan-ikan tersebut kemudian dibawa ke tempat pelelangan ikan. Awalnya Pantai Sadeng merupakan pantai yang dianggap keramat, namun lama-lama nelayan sekitar mematahkan mitos tersebut. Terbukti Pantai Sadeng dapat menghasilkan ikan yang banyak seperti ikan layur, kakap merah, tuna, dan tongkol dengan kualitas yang juara.

2. PANTAI GRAJAGAN 

Terletak di sebelah selatan Kota Banyuwangi, Pantai Grajagan juga menjadi salah satu pantai penghasil ikan. Di sini terdapat Kampung Nelayan Grajagan yang menaungi masyarakat lokal yang berprofesi sebagai nelayan. Tak perlu ke tengah lautan, kamu bisa melihat nelayan yang menjaring ikan dari pinggir pantai.

Berbagai jenis ikan yang biasanya didapat nelayan Pantai Grajagan adalah ikan tongkol, lemuru, putihan, hingga cumi-cumi. Pantai Grajagan diapit oleh bukit-bukit yang disebut masyarakat lokal dengan Paras Gempal. Dengan deretan bebatuan yang ada di pantai, panorama indah juga bisa kamu nikmati di sini.

3. PANTAI DRINI

Di kawasan Gunung Kidul, ada Pantai Drini yang dikenal dengan ikan-ikan segarnya.  Nggak hanya ikan, kamu juga bisa menemukan udang, lobster, dan cumi-cumi di sini.

Ketika air laut surut, kamu juga bisa menyeberang ke Pulau Drini yang terletak tidak jauh dari pinggir pantai. Dari pulau yang memiliki bukit ini, kamu bisa menikmati pemandangan pantai dari ketinggian. Dilengkapi dengan fasilitas seperti musholla, toilet, gazebo, dan rumah makan, Pantai Drini bisa jadi destinasi kamu yang ingin menikmati hidangan laut segar.

4. PANTAI SENDANG BIRU

Pantai yang satu ini punya keistimewaan tersendiri sebagai salah satu penghasil ikan tuna terbesar di Indonesia. Jenis ikan tuna yang bisa ditemukan di sini adalah blue fin dan yellow fin. Ikan tuna banyak dikonsumsi di seluruh dunia karena rasanya yang enak dan mudah untuk diolah.

Saking banyaknya, setiap hari Pantai Sendang Biru dapat menghasilkan ikan tuna sebanyak 100 ton, lho. Nggak hanya ikan mentah, kamu juga bisa menikmati langsung ikan tuna yang baru ditangkap. Kamu bisa meminta ikan tuna yang sudah dibeli untuk dimakan di tempat. Rasanya? Tentu enak dan segar!

5. PANTAI MUNCAR

Pantai Muncar atau yang dikenal dengan sebutan Pelabuhan Ikan Muncar terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Setiap harinya, kamu bisa melihat para nelayan menjual hasil tangkapannya. Nggak cuma tempat pelelangan ikan, di kawasan pantai ini juga ada pabrik pengalengan ikan, pasar ikan tradisional, dan tempat pengasinan ikan.

Segala aktivitas yang berlangsung di Pantai Muncar juga mampu menarik para wisatawan untuk berkunjung. Salah satu hasil dari Pantai Muncar yang wajib kamu coba adalah Jambal Roti. Ikan asin yang dibuat dari ikan keting atau lele laut ini punya cita rasa yang khas banget. Nggak boleh dilewatin nih kalau kamu mampir ke sini.

Pengin lihat langsung pantai-pantai ini? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top