Destinasi

5 Pantai Cantik di Mandalika, Lombok

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Mau liburan ke tempat wisata yang penuh ketenangan namun tetap mengasyikan? Yuk, berkunjung ke Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tahu nggak, pada 2015 lalu Mandalika ditetapkan oleh Jokowi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di sektor pariwisata. Mandalika terasa istimewa karena memiliki sederet pantai cantik yang mampu menghipnotis mata kita. Mau tahu apa saja? Yuk, cari tahu lengkapnya di sini!

Pantai Kuta

Yap, sama dengan nama pantai di Bali, Lombok juga punya pantai bernama Kuta yang disebut sebagai pantai terpanjang di Mandalika. Pantai cantik ini dikelilingi pepohonan rindang dan berugak (gazebo, dalam bahasa Sasak) yang bisa dimanfaatkan pengunjung pantai untuk beristirahat atau berteduh saat matahari terik. Nah,  saat kamu berkunjung ke pantai ini, sempatkan bermain ke Desa Sade. Di desa ini kamu bisa berinteraksi dengan penduduk asli Lombok, yaitu Suku Sasak. Lihat langsung aktivitas warga sehari-hari yang diisi dengan menenun kain tradisional, memancing, dan menjala ikan.

Pantai Tanjung Aan

Pantai indah selanjutnya adalah Pantai Tanjung Aan, yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Pantai ini memiliki air jernih yang berwarna kebiruan. Pastinya bakal memikat hati, apalagi kalau kamu hobi berenang dan snorkeling. Selain itu Pantai Tanjung Aan tidak terlalu dalam dan airnya pun tenang, jadi kamu nggak perlu takut tenggelam apalagi terseret arus!

Pantai Gerupuk

Nah, buat kamu yang hobi berselancar, bisa mengunjungi Pantai Gerupuk yang ngetop dengan ombaknya. Saking asyiknya, Pantai Gerupuk sering menjadi tuan rumah digelarnya kontes selancar kelas dunia. Asyik, kan, puas berselancar kamu bisa duduk santai di pasirnya yang lembut sambil menikmati keindahan Pantai Gerupuk. Jangan lupa, puaskan dahaga dengan menikmati air kelapa muda. Segaar!

Pantai Seger

Selanjutnya ada Pantai Seger yang biasa menjadi tempat digelarnya pesta adat Bau Nyale. Upacara adat ini biasanya diadakan tiap pertengahan Februari dan Maret untuk memperingati pengorbanan Putri Mandalika, yang diwujudkan dengan menangkap cacing laut di sekitar Pantai Seger. Keunikan pantai ini terletak pada patung wanita dengan tiga pria yang disebut monumen Putri Mandalika yang menjadi sosok legenda di Mandalika.

Pantai Serenting

Nggak jauh dari Pantai Seger, kamu bisa menjumpai Pantai Serenting. Diapit perbukitan, di pinggir pantai ini banyak ditumbuhi tanaman rindang. Jangan lewatkan indahnya pemandangan dari atas bukit, kamu bisa melihat gugusan pantai dan terumbu karang yang mengintip di bawah airnya yang jernih. Pas untuk spot berfoto, nih!

Kisah  Putri Mandalika

Dulunya di kawasan Mandalika terdapat kerajaan dipimpin raja bernama Tonjang Beru yang mempunyai anak bernama Putri Mandalika. Saat sang putri beranjak dewasa, kabar tentang kecantikannya terdengar ke seluruh bagian Lombok. Nggak heran, banyak pangeran dari berbagai kerajaan Lombok yang ingin meminangnya. Menanggapi hal ini, sang putri pun bersemedi untuk mendapatkan jawaban atas jodoh yang tepat untuk dipilihnya.

Setelah bersemedi, Putri Mandalika mendapat petunjuk untuk mengundang para pangeran pada sebuah pertemuan dan mewajibkan setiap kerajaan membawa seluruh rakyatnya. Di pertemuan itu, Putri Mandalika meminta seluruh rakyat Lombok agar menjunjung nilai persatuan, agar tanah Lombok tetap damai. Putri Mandalika pun menolak seluruh lamaran karena jika nggak ingin terjadi perselisihan dan pertumpahan darah di pulau Lombok jika dia menerima salah satu lamaran pangeran tertentu. Putri Mandalika tidak menginginkan rakyat menjadi korban. Mengetahui niat baik sang putri yang nggak ingin rakyat jadi korban peperangan, mereka pun tersentuh hatinya.

Tak disangka, Putri Mandalika lalu melompat ke dalam laut ditelan gelombang ombak.  Saat orang-orang mencari keberadaan Putri Mandalika, muncul binatang kecil yang jumlahnya sangat banyak berbentuk cacing laut. Semua menduga cacing laut ini adalah bukti kasih sayang Putri Mandalika. Nah, sejak itulah tradisi Bau Nyale diadakan untuk mengingat sosok Putri Mandalika. Dalam bahasa Sasak, Bau Nyale artinya menangkap cacing laut.

Untuk menjangkau Mandalika, lokasinya strategis dan mudah dijangkau berbagai sarana transportasi, sekitar 1,5 jam perjalanan dari Mataram. Sedangkan untuk tempat peristirahatan, kamu bisa cari hotel-hotel murah di Lombok lewat pegipegi! Dan sekalian pesan tiket pesawat murah ke Lombok lewat pegipegi juga yah!

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

cari hotel murah di lombok tiket pesawat murah ke lombok

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Download aplikasi pegipegi di Google Play atau App Store agar transaksi lebih cepat dan lebih mudah! Miliki potongan harga tiket kereta api, tiket pesawat dan kamar hotel saat ini juga. Semoga selamat sampai tujuan, travelers!

apps-store

google-play

(Visited 247 times, 1 visits today)

Comments

To Top