Destinasi

5 Museum Unik dan Bersejarah di Jakarta yang Bikin Kamu Makin Nasionalis

Akhir pekan ini, kita akan merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-74. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan, termasuk traveling ke berbagai museum nasional di Jakarta.

Di sana, kamu nggak cuma dapat belajar banyak hal tentang sejarah. Tetapi juga merasakan atmosfer kemerdekaan yang kita raih bersama 74 tahun silam.

Jakarta, sebagai ibukota dari Indonesia memiliki beragam museum yang menarik untuk dikunjungi. Dibalut dengan bangunan art deco yang klasik, kamu bisa ajak orang terdekat buat keliling.

Kira-kira museum apa saja yang wajib kamu kunjungi akhir pekan nanti? Nih, Pegipegi punya rekomendasinya. Simak, yuk!

Museum Bank Indonesia

Jika kamu termasuk orang yang sangat mengikuti perkembangan perbankan, museum yang satu ini wajib dikunjungi. Museum Bank Indonesia adalah museum bank terbesar di Indonesia. Dengan arsitektur neo-klasikal, kamu dapat menelusuri sejarah tentang Bank Indonesia sejak zaman penjajahan Portugis, Belanda hingga Jepang. Selain itu, museum ini memiliki satu ruangan di mana kamu bisa belajar mengenai dunia perdagang sejak zaman Kerajaan Majapahit.

Museum Gajah

Siapa sih yang tidak kenal dengan Museum Nasional Indonesia (Museum Gajah) yang berlokasi di jalan Merdeka Barat 12? Ketika zaman masih duduk di sekolah dasar dulu, bisa jadi kamu pernah mengunjungi museum ini saat karya wisata. Museum Nasional pun dijuluki sebagai salah satu museum tertua di Asia Tenggara. Ada empat lantai di Museum Nasional dan setiap lantainya memamerkan keunikan masing-masing. Mulai dari artefak-artefak manusia purba dan cerita tentang kehidupan mereka hingga ruang dengan tema ilmu pengetahuan dan teknologi yang menyimpan berbagai koleksi aksara, bahasa, sistem hukum, astronomi, arsitektur, pengolahan makanan, alat perlindungan, alat komunikasi, ekonomi, dan transportasi.

Museum Wayang

Terletak di jalan Pintu Besar Utara No. 27, Pinangsa, museum yang satu ini sesuai dengan namanya, punya banyak koleksi wayang tradisional. Mulai dari koleksi wayang kulit, wayang golek, koleksi wayang dan boneka dari negara negara tetangga seperti seperti Malaysia, Thailand, Suriname, Cina, Vietnam, Perancis, India dan Kamboja. Selain itu, museum ini juga menyajikan koleksi set gamelan dan juga lukisan wayang yang digarap dan dirakit oleh tangan-tangan anak bangsa.

Museum Galeri Nasional

Museum Galeri Nasional menyajikan pameran karya seni anak bangsa yang keren-keren banget. Terdapat dua jenis pameran di museum ini, yaitu pameran tetap dan kontemporer. Untuk pameran tetap karya seni akan ditampilkan seterusnya di Galnas, sedangkan pameran temporer, temanya akan berganti-ganti. Meskipun nampak kuno dan tua, justru disitu-lah nilai yang paling utama di Galeri Nasional. Museum ini terdiri dari tiga gedung yaitu Gedung A, Gedung B, dan Gedung C. Tiap gedung berisi pameran yang menampilkan karya-seni yang antik dan autentik

Museum Macan

Namanya boleh seram. Bukan berarti kamu bakal nemuin hewan macan di dalam museum ini. Melainkan ada berbagai kesenian modern dan kontemporer karya berbagai seniman dalam dan luar negeri. Nama MACAN sendiri adalah singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum ini terletak di AKR Tower Level MM, jalan Panjang No. 5, Kebon Jeruk juga kerap diisi banyak sekali pameran lukisan yang nasionalis karya anak bangsa.

Mau main ke sini? Sekalian liburan ke Jakarta! Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Jakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top