Berita

5 Mitos Buat Cowok ini Nggak Bikin Puasa Batal

Bulan Ramadan sudah tiba. Sebagian besar umat muslim di seluruh dunia, cewek maupun cowok pun mulai menunaikan ibadah wajib mereka, puasa selama 30 hari lamanya.

Nah, namanya puasa, kamu nggak cuma dilarang untuk makan atau minum. Ada banyak beberapa larangan yang wajib kamu hindari agar puasanya nggak batal atau pahalanya berkurang.

Sayangnya, ada banyak mitos tentang aturan puasa buat cowok yang justru salah kaprah. Salah satunya soal aturan mandi di siang hari yang katanya bikin puasa batal.

So, buat kamu para cowok, Pegipegi punya beberapa mitos puasa yang banyak dibahas namun faktanya kurang tepat. Simak ya!

Mandi Siang Hari

Foto: mensxp

Buat cowok yang sangat memperhatikan penampilan, mandi di siang hari seakan jadi kewajiban. Tapi banyak yang bilang, puasa kamu bakal makruh hingga batal. Well, kenyataannya dalam hadis yang berbunyi “Aku melihat Rasulullah saw. menuangkan air di kepalanya ketika shaum karena cuaca panas” memperbolehkan kita untuk mandi selama airnya nggak tertelan.

Mencium Istri

Khusus buat yang sudah berumah tangga, kecupan hangat ke kening atau pipi sang istri seakan jadi tanda romatis yang nggak boleh absen di pagi hari. Nah, bagaimana kalau sedang puasa? Ternyata, mencium istri yang notabene sudah muhrim nggak akan membatalkan puasa selama nggak melibatkan syahwat (kontak fisik dengan nafsu).

Mimpi Basah

Foto: wonderslist

Hal ini lumrah terjadi dan nggak bisa diperkirakan kapan datangnya. Tapi, apakah mimpi basah yang dialami cowok sangat membatalkan puasa? Well, nggak ada kok larangannya! Selama aktivitas tersebut nggak dipancing, mimpi basah sama sekali nggak membatalkan puasa. Hal ini juga berlaku dengan muntah.

Gosok Gigi

Foto: menshealth

Sama seperti mandi, banyak yang mengira menggosok gigi itu makruh hukumnya. Ternyata, dalam hadis pun, kita nggak dilarang buat menggosok gigi saat berpuasa, bahkan dengan pasta gigi dengan rasa. “Aku melihat Rasulullah saw. bersiwak (menggosok gigi) padahal beliau sedang shaum.” (H.R. Ahmad dan Bukhari). Tapi sekali lagi ingat, jangan ditelan air buat kumurnya.

Asap Rokok Terhisap

Foto: fakingnews

Hal ini sering terjadi kepada cowok perokok pasif. Saat bergaul dengan para perokok, mereka pasti secara nggak sadar menghisap asap rokok yang dihasilkan. Banyak yang bilang hal tersebut akan membatalkan puasa. Kenyataannya justru sebaliknya karena asap yang terhirup nggak langsung berasal dari sumbernya, melainkan sudah bercampur dengan udara.

Foto utama: fashionchums

Supaya kegiatan puasa kamu makin asyik, jangan lupa rencanakan liburanmu bersama teman atau keluarga dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi, ya! Selamat menjalankan ibadah puasa!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Arwini.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 333 times, 1 visits today)

Comments

To Top