Tips

5 Metode untuk Mengatasi Takut Akan Ketinggian Saat Traveling

Kalau traveling di alam bebas yang menawarkan keindahan pegunungan atau tebing, biasanya kita harus dihadapkan pada ketinggian. Tidak semua orang berani akan ketinggian dan tak jarang mereka menghindari tempat wisata yang berhubungan dengan ketinggian. Rugi banget, ya, kalau kamu punya phobia (ketakutan) akan ketinggian! Gimana kalau kamu berusaha mengatasi hal tersebut? Simak tipsnya bareng pegipegi, ya!

Cari tahu dulu penyebabnya

Sebenarnya rasa takut merupakan reaksi manusiawi secara biologis dan merupakan mekanisme perlindungan bagi seseorang saat menghadapi bahaya. Ketakutan adalah emosi yang muncul saat orang menghadapi suatu ancaman yang membahayakan hidup. Ketakutan biasa disebut dengan tanda peringatan terhadap hidup, peringatan agar berhenti, melihat, atau mendengarkan. Tapi, untuk para penderita takut akan ketinggian, mereka seringkali merasa ketakutan yang sangat berlebihan. Padahal, berada di tempat tinggi nggak selalu berbahaya kok.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang memiliki phobia akan ketinggian, yaitu pola asuh yang salah. Bisa jadi kamu punya orangtua yang khawatir jika kamu main di tempat yang tinggi, sehingga sejak kecil, orangtua selalu menakut-nakuti kamu dengan bilang bahwa tempat tinggi itu berbahaya. Pastinya, kondisi tersebut berdampak terhadap kondisi psikologis kita di masa depan. Bisa jadi, kamu juga pernah mengalami hal traumatis yang berhubungan dengan ketinggian, misal pernah terjatuh dari tempat tinggi dan mengalami sakit yang luar biasa. Keyakinan yang salah juga bisa menyebabkan kamu mengalami phobia akan ketinggian. Kamu selalu membenarkan bahwa tempat yang tinggi selalu berbahaya, padahal keyakinan tersebut belum tentu benar.

Metode untuk mengatasi takut

Metode-metode yang bisa digunakan untuk mengatasi rasa takut akan ketinggian antara lain:

1. Metode reframing

Penderita akan diminta untuk membayangkan saat ia kembali ke masa lampau dan mengingat kembali mengapa ia bisa mengalami phobia akan ketinggian. Ketika ia mengalami kenangan tersebut, ia akan mendapatkan motivasi bahwa semua orang pernah mengalami hal tersebut dan bisa keluar dari ketakutan. Sehingga, keberaniannya meningkat.

2. Metode desentisisasi sistematis

Untuk phobia yang tingkatnya masih ringan, metode ini bisa diandalkan. Si penderita akan diminta untuk membayangkan hal-hal indah saat berada di ketinggian, juga membayangkan betapa serunya main roller coaster, flying fox, dan sebagainya. Nah, mungkin kamu juga bisa sambil membayangkan tempat wisata impianmu, travelers!

3. Metode hypnotheraphy

Penderita akan diberikan sugesti-sugesti untuk menghilangkan rasa takut. Sugesti-sugesti itu akan diberikan terus-menerus hingga ia melupakan ketakutannya sendiri. Metode ini mirip metode penyembuhan diri dari dalam.

4. Metode abreaksi

Penderita akan diminta membayangkan serunya berada di ketinggian, diminta terus-menerus berimajinasi seperti itu. Juga melihat tayangan TV yang menyuguhkan aksi menyenangkan di ketinggian. Setelah terbiasa mengimajinasikannya, si penderita dibawa ke tempat-tempat tinggi untuk melakukan sesuai yang diimajinasikannya.

5. Metode exposure treatment yang ekstrem

Penderita akan diletakkan di tempat tinggi berulang kali hingga ia terbiasa pada posisi tersebut dan ketakutannya terlupakan.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Metode-metode di atas  memang baik untuk dilakukan, tapi semuanya tergantung dari niat masing-masing. Semoga aja tips dari pegipegi bisa membantu kamu untuk mengatasi phobia kamu akan ketinggian, ya! Jika sudah nggak takut lagi akan tempat tinggi, yuk, segera rencanakan traveling-mu dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat pegipegi.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi pegipegi lewat Google Play dan App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 319 times, 1 visits today)

Comments

To Top