Tips

5 Manfaat Penting Silica Gel, Si Kecil yang Terabaikan

Jika kamu seorang shopaholic, pastinya nggak asing dengan benda yang satu ini. Terbungkus rapat dalam sebuah kertas, benda yang satu ini sering disangka teh celup!

Banyak ditemukan pada barang-barang dalam kardus atau kemasan yang memiliki ruang udara, silica gel sering dianggap sepele orang banyak orang. Kehadirannya pun kerap diabaikan, mengingat nggak banyak yang tahu kegunaan dari silica gel ini.

Nasibnya makin nggak jelas lantaran tiap kali buka kardus, banyak yang langsung membuang silica gel. Tapi sebenarnya kenapa sang produsen barang selalu menyisipkan silica gel?

Pegipegi sudah mengumpulkan beberapa manfaat penting dari silica gel yang selalu tersingkirkan ini. Apa saja? Mari disimak!

1. Jaga Kelembaban

Foto: Buzzfeed

Jika sebuah barang tersimpan dalam kardus dalam waktu yang lama, kelembaban siap mengancam. Jika kelembaban berlebih, kerusakan minor seperti rusak pori-pori barang berbahan kain maupun aroma nggak sedap pada sepatu sudah pasti muncul. Nah, silica gel berfungsi untuk menjaga kelembaban barang-barang seperti makanan dalam kemasan, obat-obatan, elektronik, pakaian dan lain-lain.

2. Mencegah Kerusakan

Foto: ba-bamail

Jika kamu sobek bungkusnya, silica gel berbentuk butiran-butiran kaca yang sangat berpori. Nah, tugas dari benda ini adalah menyerap lembab tanpa mengubah kondisi zatnya. Jadi, secara otomatis, silica gel bekerja untuk menjaga barang dari kerusakan, meski disimpan dalam waktu yang lama. Dengan silica gel, barang yang tersimpan bisa melewati berbagai macam udara maupun suhu asalkan masih dalam batas normal.

3. Penahan Jamur

Foto: antijamur

Kalau kelembaban sudah parah, fungi atau jamur siap muncul. Biasanya didahului dengan aroma yang nggak sedap. Nah, silica gel siap menahan tumbuhnya jamur di permukaan barang. Hal ini biasanya sangat berlaku pada barang-barang yang akan diekspor. Di mana, suhu udara dalam ruangnya bakal nggak stabil.

4. Asah Kilau Perhiasan

Foto: littlethings

Para pedagang perhiasan, entah emas maupun berlian pasti sangat membutuhkan silica gel. Fungsinya menjaga barang dari kelembaban adalah alasan karena jika perhiasan terkena lembab, kilaunya akan memudar. Hal ini terjadi jika kamu simpan perhiasan di tempat tertutup dalam jangka waktu lama.

5. Pengganti Pengharum

Foto: alibaba

Jika pengharum ruangan kamu habis, sebungkus silica gel siap menyelamatkan! Lantaran bekerja untuk menahan kelembaban, silica gel bakal memberikan efek rileks kepada ruangan. Caranya? taruh silica gel yang sudah dibuka dan campurkan dengan minya esensial seperti bunga atau buah. Jadi deh pengganti pengharum ruangan!

Foto: faithtap

Sudah tahu khasiat dari silica gel? Sekalian deh pakai ini untuk menjaga kelembaban koper selama liburan. Nah, buat liburan, kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top