Tips

5 makanan yang bikin penerbanganmu nggak nyaman

www.businessinsider.com

www.businessinsider.com

Naik pesawat dengan jarak dekat atau jauh, memakai kelas ekonomi, bisnis, maupun first class, rasa tidak nyaman masih bisa muncul. Merasa mual, pusing, lemas, bahkan sampai muntah, jangan otomatis menyalahkan kondisi cuaca dan pesawat. Yap, hal-hal nggak nyaman tersebut ternyata bisa terjadi karena kamu mengonsumsi makanan-makanan yang tidak tepat, lho. Nggak percaya? Coba, deh, hindari lima jenis makanan ini sebelum kamu melakukan perjalanan dengan pesawat.

1. Apel
Sensasi makan apel yang terasa segar, juicy, dan manis di mulut ternyata nggak seindah itu efeknya jika dimakan sebelum terbang. Kamu justru akan merasa mual, perut pun terasa dipenuhi gas dan terus-terusan ingin buang angin. Tentunya penerbangan jadi nggak nyaman, kan, jika kamu harus bersusah payah menahan hasrat ingin buang angin sepanjang perjalanan. Saking gawatnya efek makan apel, maskapai American Airlines pada tahun 2006 sempat melakukan pendaratan darurat gara-gara ‘bom gas’ yang dikeluarkan seorang penumpang. Yap, penyebabnya perut kembung karena makan apel sebelum naik ke pesawat. Duh, bikin repot, kan?

2. Fast food
Ngaku, deh, jika rasa lapar melanda saat di bandara, nggak jarang kita melirik gerai fast food, kan? Walau sukses bikin perut kenyang, tapi efeknya buruk banget, lho, untuk pencernaan kamu. Aneka makanan cepat saji yang sangat berminyak—apalagi kentang goreng—sulit dicerna, terutama ketika kamu sudah berada di ketinggian tertentu. Belum lagi risiko darah membeku yang bikin kaki bengkak. Dan hal tergawat yang bisa terjadi, ada kemungkinan terkena serangan jantung. Ouch!

3. Makanan pedas
Memang, sih, makanan yang berbumbu pedas bikin nafsu makan bertambah. Tapi jika kamu berencana akan melakukan penerbangan, ada baiknya tunda dulu keinginan kamu untuk menyantap makanan pedas. Selain perut terasa nggak nyaman, masakan yang pedas juga memicu bau mulut ketika dibiarkan mengendap terlalu lama. Nggak hanya mengganggu penumpang di sebelah, perutmu juga akan terasa nggak nyaman. Kondisi ini akan lebih parah jika kamu mengonsumsinya di pagi hari, pencernaan bisa kaget, tuh.

4. Permen karet
Untuk menghindari kuping terasa sakit ketika di penerbangan, kita memang disarankan mengunyah sesuatu—terutama permen karet. Tapi jangan sampai keterusan, karena dalam kondisi perut yang kosong, mengunyah permen karet terlalu lama akan memancing udara terus masuk. Lama kelamaan perut kamu akan dipenuhi gas, terasa kembung, dan terpicu untuk terus-terusan buang gas. Tenggorokan pun akan terasa kering, akhirnya kamu memutuskan untuk terus minum dan malah mondar-mandir toilet.

5. Minuman bersoda dan beralkohol
Jarak tempuh pesawat ke luar negeri biasanya makan waktu berjam-jam, palagi kalo tujuanmu Eropa atau Amerika. Ketika ditawari fasilitas minuman, usahakan untuk tidak memesan minuman yang mengandung soda atau alkohol. Mulai dari bikin perut kembung, merasa mual, ingin muntah, serta tergoda untuk terus-terusan buang air kecil.

 

(Visited 192 times, 1 visits today)

Comments

To Top