Kuliner

5 Makanan Sehat untuk Kembalikan Energi Kamu Setelah Puasa

Saat puasa, tubuh yang tidak mengonsumsi makanan dan minuman pastinya akan terasa lemas. Kamu seakan tidak punya energi untuk melakukan berbagai aktivitas atau jadi enggan buat merencanakan liburan. Jadinya malah suka bermalas-malasan, deh. Bener nggak?

Tapi jangan jadikan puasa sebagai alasan kamu untuk nggak produktif, dong. Padahal kamu bisa memulihkan tubuh kamu yang lemas setelah berpuasa dengan 5 makanan sehat ini, lho!

1. KURMA

Selama bulan puasa, buah yang satu ini pastinya mudah ditemukan di mana pun. Berbagai supermarket selalu memajang buah berwarna cokelat nan manis ini di barisan paling depan. Ternyata, kurma memiliki kandungan gula alami yang bernama fruktosa.

Setelah kamu makan kurma, kandungan fruktosa tersebut akan diolah tubuh menjadi sumber energi. Selain itu kurma juga bisa mengendalikan kadar gula karena memiliki indeks glikemiks yang rendah. Jadi, penderita diabetes pun aman untuk mengonsumsi buah kurma.

Kandungan sehat lainnya yang ada di kurma adalah mineral, serat, vitamin, dan antioksidan yang punya segudang manfaat. Kurma juga bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan tulang, fungsi otak, dan juga sistem pencernaan.

2. MADU

Madu memiliki kandungan gula alami yang baik untuk tubuh. Madu disebut-sebut sebagai pemanis yang paling baik dibandingkan dengan gula dan pemanis buatan lainnya. Kandungan yang ada di madu meliputi fruktosa, maltosa, sukrosa, dan glukosa. Kandungan inilah yang bermanfaat untuk mengembalikan energi kamu setelah berpuasa.

Kamu bisa menggunakan madu sebagai pengganti gula saat membuat teh manis atau pengganti bahan pemanis saat membuat hidangan untuk buka puasa. Madu juga baik untuk meningkatkan kadar kolestrol baik dalam tubuh karena kandungan antioksidan tanpa lemak dan proteinnya. Tekanan darah kamu pun juga bisa terjaga dengan baik bila mengonsumsi madu.

3. PISANG

Buah pisang yang mudah dikonsumsi juga bisa mengembalikan energi kamu setelah puasa, berkat kandungan serat dan gula alaminya. Tekstur pisang yang lembut juga sehat untuk pencernaan kamu. Pisang yang mengandung kalium juga bisa membantu tubuh untuk menjaga tekanan darah. Bahkan mengonsumsi pisang dipercaya bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Mau coba?

4. UBI JALAR

Ubi jalar memiliki kandungan yang kaya akan karbohidrat, vitamin A, dan vitamin C yang bisa membantu tubuh kamu agar tidak mudah lelah. Ubi jalar juga mengandung serat yang bisa membantu memperlambat penyerapan gula sehingga tingkat kadar gula di tubuh kamu tetap terjaga. Selain itu, kandungan antioksidan pada ubi jalar juga bisa membuat otak kamu tetap bekerja secara optimal.

5. BUAH APEL

Buah apel dikenal memiliki kalori yang rendah, sehingga buah ini menjadi favorit untuk yang sedang menjalankan diet. Dan ternyata, buah apel juga bisa memberikan energi untuk kamu berkat kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Buah apel juga mengandung vitamin B, kalium, dan zat besi yang punya manfaat untuk menjaga fungsi jantung dan otot. Jadi, kamu bisa menambahkan buah apel buat menu setelah berbuka puasa, nih.

Kalau gitu sekarang kamu bisa tambahin makanan sehat ini buat menu buka puasa deh. Setelah itu tubuh jadi kembali berenergi dan bisa produktif atau bebas jalan-jalan saat bulan Ramadhan. Langsung saja pesan tiket pesawat, hotel, dan tiket kereta lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah cari hotel murah pesan tiket kereta api

Foto: Pixabay

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top