Kuliner

5 Makanan dan Minuman Ini Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Bau mulut tak sedap memang sudah menjadi hal yang biasa bagi orang yang berpuasa. Namun, bau mulut tentu akan membuat kamu merasa nggak percaya diri kan, travelers? Apalagi saat harus bertatap muka dan berbicara dengan orang lain. Sebelum kamu mengalami hal ini, kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan dan minuman yang bisa mencegah bau mulut selama menjalani puasa. Yuk, simak selengkapnya!

1. Teh
Untuk mencegah dan menghilangkan bau mulut tak sedap saat berpuasa, kamu bisa mengonsumsi secangkir teh di waktu sahur ataupun berbuka. Teh merah ataupun teh hijau tanpa gula dipercaya bisa menangkal bau mulut karena kandungan polifenol (antioksidan pada teh) yang bisa menghancurkan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Supaya hasilnya maksimal, kamu juga bisa mencampur teh dengan kayu manis secukupnya, karena kayu manis juga bermanfaat untuk menghilangkan bau pada mulut.

2. Apel

Foto: Women’s Health

Nggak cuma kaya akan serat yang bisa bikin kamu tetap kenyang selama berpuasa, apel juga memiliki manfaat untuk mencegah bahkan menghilangkan bau mulut kamu, lho. Dengan mengonsumsi apel, buah ini akan membantu menghilangkan plak di gigi sekaligus memberikan kelembaban pada mulut yang juga bisa membuat bakteri hilang.

3. Stroberi
Kandungan vitamin C yang cukup besar pada stroberi bermanfaat untuk membuat bakteri penyebab bau mulut sulit untuk hidup di mulut kamu. Stroberi juga bisa mencegah mulut kering sehingga kamu akan tetap nyaman saat menjalani puasa. Selain stroberi, buah-buahan atau makanan lain yang mengandung vitamin C juga dapat kamu konsumsi untuk mengurangi risiko bau mulut. Pilih, deh, mulai dari jeruk, kiwi, sampai berbagai jenis berry.

4. Yogurt

Foto: Creative Green Living

Selain perpaduan rasa manis dan asam yang menggugah selera, yogurt juga punya manfaat untuk menghilangkan bau mulut lho, travelers. Sebuah penelitian di Jepang telah membuktikan bahwa yogurt mampu mengurangi senyawa hidrogen sulfida yang menyebabkan bau tak sedap pada mulut. Yogurt juga bisa membersihkan plak dan menjaga kesehatan gigi. Oh ya, karena aman dikonsumsi di setiap waktu, kamu bisa mengonsumsi yogurt saat sahur maupun berbuka.

5. Lemon
Nah, kalau pengin nafas kamu terasa lebih segar selama berpuasa, setelah santap sahur kamu bisa kumur-kumur dengan campuran dua sendok makan air jeruk lemon, seperempat cangkir baking soda, dan sejumput garam. Dengan cara ini, bakteri penyebab timbulnya bau di mulut kamu akan hilang dan membuat nafas kamu menjadi segar deh!

Selain mengonsumsi makanan dan minuman tersebut, pastikan kamu juga minum air putih yang cukup ya. Karena, selain bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa, air putih juga bisa membersihkan mulut dari sisa makanan dan bakteri penyebab bau mulut. Jadi nggak perlu khawatir bakal bau mulut lagi deh!

Oh ya, supaya liburan kamu makin seru, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Dental Health Group

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top