Tips

5 Langkah Mudah Mengurus Paspor Secara Online

Mau bikin paspor baru? Atau sekedar perpanjang saja? Tenang, semua masalah administrasi tersebut bisa selesai dalam beberapa menit saja, lho!

Paspor menjadi dokumen yang sangat penting buat kamu yang hobi traveling ke luar negeri. Fungsinya sebagai alat pengenal seorang warga negara menjadikan peran paspor sangat vital.

Nah, kini bayangan bikin paspor yang ribet sudah mulai terkikis. Apalagi semenjak Direktorat Jenderal Imigrasi Indonesia memperkenalkan sistem antrian online, lho. Jadi, kamu nggak perlu datang pagi-pagi dan mengantri panjang di kantor imigrasi buat mendapatkan paspor.

Penasaran bagaimana sih cara mengurus paspor online? Pegipegi sudah merangkum tahap-tahap yang kamu harus lakukan demi mendapatkan paspor idaman kamu dengan mudah dan cepat!

Download Dulu!

Untuk mendapatkan nomor antrian, kamu harus mengunduh aplikasi Layanan Paspor Online melalui smartphone kamu. Tenang, aplikasi ini bisa diunduh melalui PlayStore, khusus buat perangkat Android.

Isi Lengkap Data Diri

Jika sudah terpasang di smartphone, tinggal buka, deh, aplikasinya. Hal pertama yang kamu harus lakukan adalah mengisi lengkap data diri kamu di aplikasi. Jika sudah kelar, kamu bisa login kembali sesuai dengan username dan password yang kamu pilih.

Tentukan Tempat dan Jadwal

Jika sudah login, kamu bisa pilih kantor imigrasi dan jadwal kedatangan yang ingin diinginkan. Pastikan lihat kuota yang tersedia di kantor imigrasi tersebut masih ada ya!

Datang Sesuai Jadwal

Jika sudah dapat jadwal dan lokasi kantornya, kamu tinggal datang, deh. Pokoknya, harus sesuai dengan jadwal yang ditentukan ya. Kamu bakal dibekali oleh barcode yang harus di-scan untuk mendapatkan nomor antrian di sana sebelum diproses.

Serahkan Berkas, Bayar dan Jadi!

Jika sudah dapat nomor antrian, silahkan menunggu panggilan petugas. Nggak sampai 15 menit, kamu bakal dipanggil masuk untuk penyerahan berkas. Pastikan kamu membawa segala dokumen yang dibutuhkan untuk mengurus paspor baru maupun perpanjangan, ya.

Tertarik buat liburan? Biar makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top