Kuliner

5 Kuliner Tradisional Wajib Coba Saat Traveling Keliling Asia Tenggara

Selamat hari kuliner sedunia!

Ke manapun destinasi liburannya, berburu kuliner rasanya menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Apalagi, kalau cakupannya sudah Asia Tenggara, lho.

Beragam kuliner dengan bentuk dan rasa bisa kamu cicipi dari Vietnam hingga Filipina. Jangan lupakan Tanah Air tercinta, Indonesia juga punya segudang masakan tradisional yang sama lezatny.

Nah, jika ada rencana keliling Asia Tenggara, Pegipegi punya rekomendasi 5 kuliner tradisional yang wajib kamu cicipi.

Rendang, Indonesia

Asli Minangkabau, rendang adalah masakan tradisional khas Indonesia yang sudah mendunia. Beberapa kali terpilih sebagai salah satu masakan terbaik di muka bumi, rendang menawarkan potongan daging sapi dimasak bersama santan dan bumbu halus yang kaya rempah menghasilkan rasa yang khas banget. Tampilan rendang memiliki warna cokelat kehitaman dan bumbu yang berminyak serta punya cita rasa pedas.

Tom Yum, Thailand

Mau mencicipi cita rasa pedas, manis dan asam dalam satu mangkuk sup? Main ke Thailand, yuk! Di sana, kamu bisa mencicipi kelezatan dari sup tom yum. Racikan bumbu dan rempah seperti cabai kering, cabai rawit, serai, daun jeruk, dan air perasan jeruk memunculkan cita rasa gurih, asam, segar dengan sedikit gigitan pedas. Soal isiannya, Thailand punya beragam tom yum, lho. Mulai dari tom yum gai dengan ayam di dalamnya atau tom yum talay denga udang dan ikan segar.

Nasi Lemak, Malaysia

Jalan-jalan ke Malaysia, jangan lupa berburu nasi lemaknya. Menu ini bisa dinikmati untuk sarapan pagi, makan siang, dan bahkan makan malam. Di Indonesia mungkin terlihat seperti nasi uduk. Aromanya sangat unik karena dimasak dengan santan lalu disajikan begitu apik di atas piring atau daun pisang untuk menambahkan aroma agar lebih mantap. Nasi Lemak juga cocok buat yang suka makanan pedas karena hampir sebagian besar menu ini ditemani sambal, ikan teri, kacang goreng, telur, serta potongan mentimun.

Pho, Vietnam

Jika di Indonesia ada mie jawa, Vietnam punya pho! Dapat dianggap sebagai makanan paling populer di Vietnam, mie beras yang disajikan dalam semangkuk sup dengan potongan daging sapi maupun ayam punya rasa pedas dan segar. Juga dilengkapi dengan toge dan daun jeruk, pho pun menjadi salah satu makanan utama bagi masyarakat Vietnam. Apalagi, potongan daun bawang dan jeruk nipis makin membuat hidangan ini segar! Bila kamu berkunjung ke Vietnam, maka Pho menjadi kuliner pertama yang harus anda cicipi.

Balut, Filipina

Dari penampakannya, kuliner yang satu ini rada menyeramkan. Namun, bagi masyarakat Filipina, balut adalah kudapan asyik yang lezat. Telur bebek yang dikonsumsi masyarakat setempat ini hanya boleh dikonsumsi sebelum usianya lebih dari 12 hari setelah dikeluarkan sang induk. Saat menyantapnya, balut biasa direbus atau dimakan mentah oleh masyarakat setempat dengan tambahan garam atau lada. Cita rasanya pun mirip daging ayam maupun sapi dengan kandungan air yang lebih banyak. Menariknya, nalut termasuk makanan rendah kalori. Dalam sebutir telur, ditaksir memiliki 188 kalori dengan kandungan masing-masing 14 gram lemak dan protein.

Wah, lagi #ButuhPegipegi? Tenang! Biar liburan makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top