Kuliner

5 Kuliner Tradisional Lezat dengan Harga Terjangkau di Yogyakarta

Yogyakarta nggak cuma dikenal dengan wisata budaya, tetapi juga kuliner. Di setiap sudut kota Pelajar ini, kamu bisa menemukan kuliner sedap dengan harga yang lumayan terjangkau.

Pilihan kulinernya pun bisa dibilang sangat beragam. Mulai dari yang berbahan ayam, hingga yang berkuah macam bakso atau soto dapat kamu icipi sambil menegak segelas es teh manis atau jeruk segar.

Nah, sebagai referensi kamu, Pegipegi punya rekomendasi 5 kuliner tradisional lezat yang bisa kamu icipi saat liburan ke Yogyakarta. Simak, yuk!

Gudeg

Kalau ke Yogyakarta belum mencicipi gudeg, bisa dibilang liburannya nggak lengkap. Kamu bisa mencicipi nasi gudeg lengkap dengan ayam kampung, telur dan sambal goreng krecek yang gurih-pedas. Biasa disajikan di atas daun pisang, Yogyakarta memiliki beberapa kedai gudeg murah dan enak mulai dengan bujet Rp10 ribuan seperti Gudeg Waginem atau Gudeg Yu Djum.

Mie Ayam

Siang-siang enaknya makan mie ayam. Yap, lantaran mengandung banyak sekali unsur-unsur Jawa, mie ayam di Yogyakarta memiliki bumbu yang lebih manis. Disajikan dengan kuah kaldu berwarna coklat yang gurih manis, mie ayam khas Yogyakarta makin spesial dengan potongan daging ayam empuk menghiasi topping dari mie ayam yang satu ini. Salah satu kedai yang bisa kamu kunjungi adalah Kedai Mie Ayam Bu Tumini. Di sana, kamu bisa mencicipi mie ayam lezat dengan bujet mulai dari Rp10 ribuan!

Cilok

Jajanan yang satu ini memang bisa ditemukan di berbagai daerah. Tapi semenjak Cilok Gajahan ngehits, camilan ini justru banyak peminatnya, lho. Dibanding dengan cilok-cilok di kota besar seperti Bandung dan Jakarta yang sudah mencapai Rp 500 per buah, Cilok Gajahan justru murah banget harganya, Rp250 per butir. Nikmat disajikan sambil keliling alun-alun, cilok bisa jadi panganan yang wajib kamu coba di Yogyakarta.

Ayam Goreng Manis

Buat penggemar ayam goreng, Yogyakarta adalah kota yang cocok buat kamu. Pasalnya, kota ini memiliki ayam goreng dengan bumbu manis. Diracik dengan bumbu gurih-manis, ayam goreng ini nikmat disajikan dengan nasi panas serta lalapan. Sambal uleg yang khas makin bikin lidah bergoyang kencang, deh. Dengan harga mulai dari Rp12 ribuan, kamu bisa mencicipi kenikmatan ayam goreng ini di kedai Ayam Goreng Code.

Aneka Kuliner Angkringan

Nah, kalau kamu lagi kekurangan bujet buat makan banyak, tenang! Yogyakarta punya berbagai jenis warung tenda atau angkringan yang siap bikin kamu kenyang dengan bujet rendah. Cukup bermodalkan uang Rp5-10 ribu, kamu bisa menikmati nasi kucing dengan variasi lauknya. Sebut saja sate ayam, sate bakso, sate kerang, sate usus, sate telur dan lainnya. Salah satu angkringan yang paling direkomendasikan adalah Angkringan Pak Jabrik KR.

Pengin main ke Yogyakarta? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

*Harga berlaku sesuai tanggal dibuatnya artikel

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top