Rekomendasi

5 Kuliner Maknyuss Khas Jatim ini Wajib Dicoba!

nasi jagung

Gunung Bromo, Jembatan Suramadu, Candi Penataran dan Taman Rekreasi Selecta adalah sebagian kecil tempat wisata tenar di Jawa Timur yang mungkin udah pernah kamu datangi. Pasti rugi dong kalo kamu cuma jalan-jalan tanpa mampir di warung terdekat dan nyobain makanan khas Jatim yang rasanya bikin kangen itu!

Ya, travelers. Makanan khas Jatim lebih terasa gurih, sedikit asin dan pedas. Beda dengan masakan Padang yang memakai cabe keriting, makanan Jatim benar-benar terasa pedas dan membuat rongga mulutmu seperti disengat lebah. Tapi anehnya, kamu nggak bakalan bisa berhenti untuk menyantapnya, meski keringat dah bercucuran dan lidah udah melet-melet karena kepedasan. Makanan seperti apakah yang bisa membuatmu mengalami hal seperti ini? Inilah jawabannya.

1. Kupang lontong

kupang lontong

foto : bpras.com

Memang benar Kupang adalah nama ibukota Propinsi NTT. Tapi kuliner asal daerah pesisir timur Jawa Timur ini nggak ada hubungannya sama sekali dengan kota Kupang, travelers. Bahan utama kupang lontong adalah sejenis satwa laut mini bernama latin corbula faba H (kupang putih). Satwa mini hanya sebesar biji beras aja besarnya dan harus dikupas kulitnya trus direbus sebelum dikonsumsi.

Biar lebih lezat kuah kupang diberi bumbu petis (semacam pasta berwarna hitam yang terbuat dari udang yang dihaluskan dan gula merah) dan perasan jeruk nipis buat ngilangin rasa amisnya. Sebagai bahan pelengkap ditambahkanlah lontong, lentho (semacam perkedel yang terbuat dari kacang tolo atau kacang hijau) dan sate kerang.

Masyarakat Jawa Timur udah lama percaya kalo kupang adalah makanan yang menyehatkan dan baik untuk pencernaan. Dan sebuah uji laboratorium membuktikan bahwa kupang mengandung asam amino dan zat besi yang diperlukan tubuh supaya tetap sehat.

2. Nasi jagung

nasi jagungfoto: tatikprihatini.wordpress.com

Pembuatan nasi jagung cukup rumit karena memakan waktu cukup lama dibanding nasi beras. Tapi harganya jauh lebih murah daripada harga beras satu kilo. Dulu, bahkan sampai saat ini, beberapa kelompok masyarakat membuat dan memasak nasi jagung karena tingginya harga beras. Tapi sekarang nasi jagung ‘naik kelas’ dan diperkenalkan pada wisatawan sebagai salah satu kuliner khas Jawa Timur.

Yang Pegipegi sukai adalah nasi jagung hangat plus lauk ikan asin yang digoreng kering dan urap-urap (semacam hidangan sayuran rebus yang dicampur bumbu kelapa). O iya, sambal terasinya jangan lupa, travelers. Nasi jagung komplit semacam ini sudah biasa disajikan sebagai menu sarapan pagi atau makan siang di puluhan ribu rumah orang asli Jawa Timur. Sedangkan beras/ nasi jagung sendiri juga dikenal dan di konsumsi masayarakat di beberapa daerah seperti Flores, Sumba, Timor, Madura dan sebagian kecil wilayah Jawa Tengah.
3. Pecel

pecel2foto: pizna.com

Campuran sayuran rebus seperti kecambah, kangkung, kacang panjang dan kol, disiram bumbu kacang pekat yang pedas dan ditemani peyek ikan teri (sejenis kerupuk dari tepung dan ikan teri, kacang atau udang) renyah .. Nyam! Pecel plus nasi hangat dan tempe goreng adalah menu sarapan pagi yang paling disukai penduduk Jawa Timur, bahkan menjadi idola di berbagai tempat di luar Jatim. Walaupun tampil dengan berbagai nama seperti Pecel Madiun, Pecel Blitar, Pecel Tulungagung, dsb. namun semuanya memiliki ciri yang sama. Sama-sama merupakan komposisi menggugah selera yang terdiri dari sayuran dan bumbu kacang.

Makanan yang punya nama Inggris Javanese Salad ini juga cocok buat kamu yang vegetarian, karena tidak mengandung protein nabati kecuali rempeyek ikan teri yang bisa kamu ganti dengan rempeyek kacang biasa. Kamu juga bisa memasaknya sendiri di rumah karena cara pembuatannya gampang banget. Tinggal merebus sayuran dan meniriskannya. Bumbu pecel yang masih berupa kacang yang dihaluskan dan dipadatkan banyak dijual di supermarket. Kamu tinggal mencampurnya dengan air hangat dan mengaduknya sampai mengental.

4. Rujak gobet

Suka makanan pedas plus asem? Ini nih makanan yang cocok buat kamu. Rujak gobet adalah semacam makanan yang bahan dasarnya adalah buah-buahan seperti nanas, kedondong dan mangga muda. Bahan pelengkap lainnya adalah mentimun dan bengkuang yang semuanya diserut kasar. Kuah atau bumbunya adalah campuran asam, gula, garam dan cabe.

Momen paling tepat untuk menikmati rujak gobet adalah di siang hari yang terik. Hindari makan rujak gobet di pagi hari atau perutmu akan mulas dibuatnya. Rujak gobet juga menjadi kudapan favorit di acara kumpul-kumpul keluarga. Lebih lezat lagi kalo dimasukkan ke kulkas dulu sebelum disantap.

5. Nasi krawu

Screenshot 2015-02-06 16.42.04

foto: marimangan.com

Nasi krawu adalah salah satu masakan khas dari Gresik. Dan ada yang bilang nasi krawu sama saja dengan nasi jagung. Tapi pendapat ini menurut Pegipegi kurang pas karena nasi jagung yang asli tidak dilengkapi dengan parutan kelapa sebagai bumbunya. Ciri dari nasi krawu terletak pada penggunaan beras kualitas tinggi yang terasa punel dan lembut di lidah ketika udah dimasak menjadi nasi. Ini membuat harga jual nasi krawu sedikit lebih mahal daripada nasi jagung, travelers.

Nasi krawu komplit biasanya disajikan bersama daging sapi goreng yang diiris halus, poyah (semacam abon) kelapa dan sambal terasi. Paling pas disantap sebagai menu makan siang. Depot penjual nasi krawu sangat mudah kamu temukan kalo sedang melancong ke Gresik, dan para penjualnya biasanya berasal dari Pulau Madura. Sehingga ada anggapan kalo nasi krawu adalah masakan khas Madura.

Yuk jalan-jalan ke Jawa Timur sekarang dan nikmati lezatnya nasi pecel di tempat asalnya. Hubungi Pegipegi sekarang untuk informasi dan pemesanan tiket sebelum kehabisan!

(Visited 2,018 times, 4 visits today)

Comments

To Top