Destinasi

5 Kota terindah di Indonesia versi travelers

Tanah Air tercinta Indonesia indah dan permai, yah kalo itu sih kita sepertinya udah sepakat, travelers. Tapi, ada lima kota di Indonesia yang lebih indah dibandingkan kota-kota lainnya menurut para traveler mancanegara maupun pribumi. Kota mana sajakah itu? Mungkin kamu bakal kaget karena nggak menemukan kota tujuan wisata favoritmu. Jadi, siap-siap ya, travelers … O iya, daftar ini disusun berdasarkan jumlah pemilihnya masing-masing.

 

5. Jayapura, Papua

jayapura_1
Jayapura sesungguhnya adalah gabungan dari dua kata dalam bahasa Sanskrit (Sanskerta), yaitu ‘jaya’ atau kemenangan dan ‘pura’ yang berarti kota. Mantan Presiden Suharto memberikan nama tersebut untuk kota cantik ini demi memperingati keberhasilan TNI merebut Pulau Papua dari tangan penjajah Belanda. Saat ini ada sekitar 256 ribu orang menghuni Jayapura yang luasnya sekitar 935 meter persegi.

Kota ini tidak terlalu besar dan jarak antar lokasi wisata atau kompleks perkantoran nggak terlalu jauh, travelers. Semuanya bisa kamu datangi dengan berjalan kaki sambil menikmati indahnya pemandangan Jayapura yang merupakan gabungan antara wilayah pegunungan dan laut yang tenang. Atraksi wisata di Jayapura juga bervariasi, travelers. Ada Danau Sentani, Museum Negeri dan Gunung Ifar, tempat di mana kamu bisa mendapat view yang lebih menggetarkan hati disini. Wilayah perairan Jayapura merupakan surga bagi pecinta diving, karena ada bangkai kapal bekas Perang Dunia II yang tenggelam di situ dan sekarang menjadi rumah buat ratusan satwa laut yang unik.

4. Jakarta

jakarta2[4]
Meski kita sering dengar tentang betapa ruwetnya situasi dan kondisi Jakarta belakangan ini, tapi itu semua tak membuat predikatnya sebagai kota tujuan wisata menjadi luntur. Ada sekitar 191 traveler dalam dan luar negeri yang menyatakan Jakarta masih pantas disebut kota terindah di Indonesia. Ini jelas kado manis buat para warga dan pemerintah Jakarta yang udah bekerja keras melakukan perbaikan di berbagai bidang.

Penambahan jumlah taman kota, misalnya, punya peranan besar dalam mempertahankan imej Jakarta sebagai kota tujuan wisata. Selain itu, Jakarta berhasil menarik perhatian traveler mancanegara berkat beberapa event tahunan. Misalnya, Jakarta Night Festival di perayaan tahun baru kemaren dipuji sebagai salah satu pesta kembang api tahun baru terheboh di dunia menurut sebuah situs berita mancanegara.

3. Yogyakarta

yogyakarta
Ini dia kota favorit Pegipegi, travelers! Beda sama kota-kota lain yang dikatakan indah karena pemandangan sekitarnya, Yogyakarta dipilih 365 traveler sebagai kota paling elok karena faktor lain, travelers. Tempat-tempat wisata di dalam kota Yogya mungkin udah pernah kamu datangi. Bukit dan pegunungan juga sulit dilihat kecuali kamu bepergian ke arah utara, yaitu ke sekitar daerah Kaliurang, atau ke Pantai Parangtritis yang ada di selatan Yogyakarta. Trus, apa yang membuat Yogyakarta jadi istimewa?

Penduduk Yogyakarta dan sekitarnya dikenal ramah dan mudah memaklumi sikap para pendatang yang kadang aneh-aneh. Bahkan mereka akan bersikap lebih baik kalo kamu bisa menjaga sikapmu. Kalo kamu traveler cewek yang suka jalan-jalan sendirian, pasti kamu bakal betah di sini karena nggak ada seorang pun yang akan mengganggu kamu. Meski pendapatan per kapita warga tidak setinggi pendapatan warga kota metropolitan, tapi jumlah tindakan kriminalitas di Yogyakarta cukup rendah.

Satu hal lagi yang membuat Yogyakarta istimewa adalah atmosfer malam harinya. Cuma di Yogyakarta kamu bisa temui warung kaki lima khas yang biasa disebut angkringan. Angkringan sendiri berasal dari kata ‘mangkring’ atau nongkrong dan banyak bertebaran di pinggir jalan atau persimpangan. Warga lokal biasa mendatangi angkringan dan mengobrol, sambil menikmati suasana kota yang sepi. Topik obrolan bisa bermacam-macam, dari masalah politik sampai miras oplosan, dan kamu juga boleh ikut nimbrung, travelers. Beberapa angkringan ada yang buka sampai dini hari, jadi kamu nggak perlu khawatir bakalan diusir pulang sama pemiliknya.

2.    Bandung, Jawa Barat

bandung_1
Kota dengan jumlah penduduk terbanyak ketiga se-Indonesia ini berhawa sejuk, lebih sejuk dari Jakarta atau kota-kota besar lain di Jawa. Letaknya yang berada di tengah-tengah pegunungan merupakan salah satu peninggalan era kolonial Belanda di bidang tata kota, sekaligus menjadikan Bandung sebagai kota yang nyaman untuk ditinggali. Beberapa tempat wisata populer seperti Kawah Putih, Tangkuban Perahu dan Kebun Strawberry pasti membuatmu terkesan dan ingin mendatanginya lagi.

Tapi bukan itu aja yang membuat Bandung jadi kota terindah, travelers. Sebanyak 370 traveler mengatakan Bandung indah karena wisata belanjanya yang juga ‘indah’. Mereka yang berasal dari negara-negara tetangga seperti Singapura dan Filipina merasa takjub karena bisa beli aneka produk fashion bermerek dengan harga super murah. Mereka juga mengakui bisa menghabiskan waktu seharian untuk beli aneka baju, celana atau sepatu di sekitar Dago, Jalan Riau dan Setiabudi, dan enggak khawatir bakal kehabisan uang.

1.    Bukittinggi, Sumatra Barat

novotel-bukittinggi
Lho kok? Mungkin itu yang terlintas di pikiranmu ketika tahu bahwa Bukittinggi, dan bukan kota lain, yang dipilih 735 traveler sebagai kota terindah di Indonesia. Memang kota ini sepintas lalu mirip dengan Bandung karena sama-sama terletak di areal pegunungan. Bedanya, Bukittinggi tidak sepadat Bandung dan belum banyak bangunan dibangun tinggi menjulang dan menutupi pemandangan. Itu menjadikan Bukittinggi tampil lebih cantik dengan aneka view yang akan kamu ingat selamanya. Jalan-jalan di kota yang berjarak 90 km dari Padang ini juga belum dijejali kendaraan dan kendaraan umum tradisional seperti bendi (semacam kereta kuda) masih bebas berlalu lalang. Hasilnya, kualitas udara di Bukittinggi jauh lebih baik dan menyehatkan.

Spot wisata populer di sekitar Bukittinggi antara lain Ngarai Sianok (yang juga terkenal sebagai Grand Canyon-nya Indonesia), Jam Gadang, Taman Bundo Kanduang, Pasar Atas dan Pasar Bawah, juga Museum Bung Hatta. Selain itu ada juga Lubang Jepang dan Danau Maninjau yang ramai dikunjungi penduduk lokal di musim liburan.

Mau melihat sendiri keindahan kota-kota di atas? Atau kamu punya kota impian lain untuk dikunjungi? Kamu bisa lho liburan GRATIS bareng Pegipegi. Cari tau yuk caranya!

(Visited 6,877 times, 1 visits today)

Comments

To Top