Destinasi

5 Kota di Indonesia dengan Destinasi Wisata Terjangkau

Liburan nggak perlu mahal, kok! Buktinya, ada banyak banget kota di Indonesia yang menawarkan destinasi wisata terjangkau, khususnya buat para backpacker.

Nah, spot wisatanya pun juga beragam. Mulai dari bukit cantik, taman kota yang sejuk, hingga monumen bersejarah penuh arti bisa kamu kunjungi.

Selain itu, deretan kota ini punya koleksi kuliner yang sangat terjangkau. Jadi, kamu bisa puas dan bebas mencicipi kuliner lezat di sana.

Nah, sebagai referensi, Pegipegi punya rekomendasi 5 kota dengan destinasi wisata terjangkau buat liburan di 2020 ini. Simak, yuk!

Yogyakarta

Sebagai salah satu kota terpenting di tengah Pulau Jawa, Yogyakarta hadir dengan beragam destinasi wisata dengan bujet terjangkau. Salah satu spot yang wajib dikunjungi adalah Bukit Panguk.

Terletak di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Bukit Panguk adalah spot wisata andalan bagi Provinsi Yogyakarta. Keindahan Panguk Hill nggak bisa ditawar. Dari atas, bukit ini menawarkan sensasi wisata romantis dari balik Hutan Pinus Mangunan. Dengan bujet Rp5,000, kamu bisa menikmati panorama negeri awan balutan perbukitan yang tertutup kabut.

Soal kuliner, Yogyakarta juga jadi tujuan wisata yang nggak bakal menguras isi kantong kamu. Salah satu yang wajib kamu cicipi adalah Soto Bathok Mbah Katro. Cukup dengan bujet Rp5.000 saja, kamu bisa menikmati semangkuk soto sapi yang disajikan dalam sebuah bathok kelapa. Temannya, kamu juga bisa mencicipi kelezatan sate usus dan telur puyuh hingga tempe goreng.

Bandung

Kalau ada tujuan wisata dekat Jakarta yang terjangkau buat ditelusuri, Bandung adalah pilihan yang tepat. Yap, Kota Kembang ini punya banyak sekali tempat wisata terjangkau dengan panorama luar biasa.

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Stone Garden. Terletak di kawasan Gunung Masigit, Citatah, Bandung Barat, Stone Garden memang kalah pamor dari kawasan wisata lain seperti Bukit Moko.

Tetapi, sekali kamu menapakkan kaki di sana, dijamin nggak mau pulang, deh! Masuk sebagai situs geopark Bandung, Stone Garde bakal memanjakan kamu dengan bukit batuan yang sangat cantik. Dibalut dengan tanah berumput hijau, lanskap bukit yang sangat luas berpadu dengan batu kapur berwarna putih.

Soal kuliner, jangan khawatir. Mie Kocong Mang Nanang di kawasan Citarum siap bikin lidah kamu bergoyang. Dalam satu mangkuk, nikmati mie kocok dengan kuah kaldu sapi yang sangat kental. Pokoknya lezat banget, deh!

Denpasar

Sebagai ibukota Provinsi Bali, Denpasar hadir dengan beragam tempat wisata terjangkau. Bahkan, kamu nggak perlu mengeluarkan kocek lebih buat mengunjunginya.

Satu tempat yang paling direkomendasikan adalah Monumen Bajra Sandhi Renon. Dengan bujet Rp10 ribu, Bajra Sandhi adalah sebuah monumen peringatan perjuangan Rakyat Bali yang sangat bersejarah. Di sini, kamu bisa melihat simbol kemerdekaan Indonesia melalui bangunannya.

Kalau kamu pengin kulineran, Denpasar punya banyak banget spot kuliner yang terjangkau juga. Salah satunya adalah babi guling. Beberapa restoran babi guling di Denpasar menawarkan paket yang cukup menarik, mulai dari Rp20 ribuan.

Malang

Kalau kamu mau yang sejuk-sejuk, kota Malang di Jawa Timur siap bikin liburan kamu makin berkesan. Apalagi, banyak banget destinasi wisata terjangkau yang bisa dikamu kunjungi.

Salah satunya adalah Taman Labirin Coban Rondo. Sesuai dengan konsepnya, Taman Labirin Coban Rondo menawarkan taman dengan jalur berliku dan rumit. Di sana, kamu bakal banyak menemukan pintu keluar, namun juga jalan buntu yang siap membuat kamu frustrasi. Dengan posisi tanaman hijau yang menjulang tinggi, Taman Labirin Coban Rondo bisa kamu manfaatkan untuk berbagai hal. Mulai dari mencari inspirasi atau minotaur layaknya masyarakat khas Yunani, atau berburu spot foto yang Instagrammable.

Kalau mau berburu kuliner, main aja ke tengah kota Malang. Salah satunya Bakso Kota Cak Man. Kedai yang satu ini sudah ada sejak era 80-an. Cabangnya pun sudah ada di mana-mana, lho! Nah, dalam satu porsi, kamu bisa mencicipi empuknya bakso sapi lengkap dengan bakwan dan siomay. Jika mau, kamu bisa menambahkan risol goreng ke dalam racikan Bakso Kota Cak Man

Solo

Selain Yogyakarta, Solo juga bisa jadi destinasi wisata terjangkau di Jawa Tengah. Mulai dari kuliner hingga destinasi wisatanya, semua bisa kamu datangi dengan bujet rendah.

Salah satu yang paling diminati wisatawan adalah Taman Sriwedari. Spot wisata yang satu ini adalah sebuah taman di Kecamatan Lawiyan yang identik dengan unsur sejarah. Dahulu kala, taman ini disajikan sebagai tempat rekreasi keluarga kerajaan.

Karena Sultan Pakubuwono X terinspirasi mitos tentang keberadaan sebuah taman di surga. Sekarang, siapa pun bisa datang ke mari untuk berwisata. Makin lama, pengunjungnya makin ramai, apalagi di sana ada Gedung Wayang Orang Sriwedari yang mempertunjukan kesenian wayang dengan tema cerita Mahabrata dan Ramayana. Di sana juga banyak fasilitas hiburan untuk semua umur, restoran kecil, dan stand penjualan souvenir.

Nah, kalau mau berburu kuliner murah, tinggal datang ke Rumah Makan Bale Padi. Nggak hanya menyajikan makanan khas Jawa, tapi bangunan restonya juga dibuat seperti rumah panggung dan terletak di hamparan sawah. Kamu juga bisa memilih ingin makan dengan cara duduk seperti biasa atau lesehan. Harga makanannya jauh lebih murah. Seporsi gulai kakap bisa kamu dapatkan cuma dengan Rp 10 ribuan hingga ayam madu mulai dari Rp5,000 ribuan.

Sudah tahu destinasinya? Jangan lupa buat merencanakan liburan di tahun baru. Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top