Tips

5 Keuntungan solo traveling untuk kamu!

solo traveling

Traveling bersama orang lain memang menyenangkan. Kamu gak cuma bisa mengatur perjalanan bersama, tapi juga bakal lebih mengenal teman seperjalanan ini. Tapi meski dipandang punya banyak keuntungan, gak jarang juga bepergian bersama orang lain menimbulkan masalah. Menyatukan banyak kepala selama traveling pasti gak gampang, akan muncul perdebatan-perdebatan kecil yang bisa-bisa bikin mood selama perjalanan kalian berantakan.

Nah, buat kamu yang ingin mencoba suasana berbeda gak ada salahnya solo traveling atau jalan-jalan sendirian. Sebagai traveler sejati, kamu wajib mencoba metode ini setidaknya sekali seumur hidup. Ada banyak banget keuntungan yang bisa kamu dapetin, seperti berikut ini:

solo traveling

foto: www.unthaid.com

  1. Lebih fleksibel

Jika bepergian dengan orang lain kamu harus berbagi waktu, berbagi kepentingan dan lainnya, dengan solo traveling kamu justru bakal lebih bebas, lebih fleksibel karena bepergian sendiri ya berarti kamu sendiri kaptennya.

Kamu bisa menyusul itinerary perjalanan sendiri, ke tempat yang kamu suka tanpa harus repot memikirkan yang lain. Dan lebih enaknya lagi, kamu gak perlu khawatir jika tiba-tiba harus membelot dari jadwal yang telah ditetapkan di awal perjalanan. Semua keputusan ada di tangan kamu!

  1. No Drama!

Pernah gak ngalamin friksi dengan teman seperjalanan karena kalian beda pendapat? Nah, kalau kamu cuma traveling sendirian dijamin gak akan ada drama-drama seperti ini.

Ke mana pun tujuan kamu, apa yang mau kamu lakukan bebas kamu tentuin sendiri tanpa harus menyimpan perasaan gak enak kepada teman seperjalanan.

 

  1. Dapat teman baru

Ini dia keuntungan yang pasti bakal kamu dapetin dengan solo traveling, dapat teman baru. Kenapa? Karena kalau kamu punya teman seperjalanan, kamu hampir pasti akan fokus dengan si teman itu.

Nyasar di tempat baru atau mau mencari alamat yang kamu tuju? Kamu bisa bertanya kepada sesama traveler atau orang lokal. Dalam situasi ini, kamu akan dituntut lebih banyak berinteraksi dengan orang-orang baru dan siapa tahu pertemanan kalian akan terus berlanjut sampai setelah traveling kan?

Solo traveling juga memungkinkan kamu untuk lebih mengenal budaya baru saat traveling.

 

  1. Mengembangkan keberanian dan kepercayaan diri

Saat bepergian dengan sahabat, kamu pasti akan mengandalkan dia jika mendapat suatu kesulitan di tengah perjalanan. Lebih tenang memang, karena jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kamu tinggal minta tolong kepada sahabat.

Tapi, kebiasaan ini justru bisa membuat kamu gak mandiri loh. Dengan solo traveling, kamu bisa mengukur sampai di mana kemampuan kamu menghadapi kesulitan. Kamu juga bisa lebih mengembangkan keberanian dan kepercayaan diri saat pergi ke tempat baru.

 

  1. Lebih hemat

Mau hemat waktu traveling? Meski bepergian dengan orang lain diyakini membantu kamu berhemat karena bisa share cost dengan teman seperjalanan, banyak juga yang meyakini solo traveling membantu menjaga isi dompet kamu.

Salah satu cara berhemat saat solo traveling adalah dengan couchsurfing atau tinggal di hostel sederhana dengan harga murah meriah. Selain menghemat, kamu juga sekaligus dapat teman baru di sini.

Bagaimana traveler, tertarik mencoba bepergian sendiri? Jangan takut mencoba hal baru ya! Dan meski travelingmu solo, jangan lupa untuk selalu merencanakan travelingmu dengan matang, serahkan urusan akomodasi baik tiket pesawat maupun booking hotel di pegipegi!

(Visited 286 times, 1 visits today)

Comments

To Top