Tips

5 Keunggulan Utama E-Paspor Untuk Traveling ke Luar Negeri

Mau traveling ke luar negeri tapi nggak mau ribet? Mending langsung pindah ke paspor elektronik atau yang biasa disebut e-paspor.

Yap, semenjak 2013 lalu, Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Imigrasi Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia sudah memberlakukan fasilitas e-paspor. Tujuannya, agar mempermudah warga Indonesia yang akan berpergian ke luar negeri.

Dibanding paspor biasa, e-paspor memiliki banyak sekali keunggulan. Mulai dari kemudahan mengurus hingga akses leluasa ke beberapa negara yang mungkin nggak bisa didapatkan jika kamu hanya memegang paspor biasa.

Nah, apa saja sih kelebihan dari e-paspor? Well, sebagai referensinya, Pegipegi memiliki 5 keuntungan yang bisa kamu rasakan dengan e-paspor. Simak, yuk!

1. Data Biometrik

Kelebihan pertama yang bakal kamu rasakan adalah data biometrik. Dalam e-paspor, kamu akan memiliki data pribadi yang jauh lebih lengkap dan sangat akurat. Data yang dimaksud mulai dari informasi pribadi, sidik jari hingga bentuk wajah sang pemilik paspor yang dikeluarkan langsung oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).

2. Ada Chip Canggih

Untuk menyimpan data-data tersebut, e-paspor dilengkapi dengan chip khusus. Chip ini hanya bisa dibaca oleh petugas bandara sehingga sangat aman. Saking canggihnya, chip pada e-paspor sulit untuk dipalsukan, sehingga data-data sang pemegang paspor sudah pasti aman.

3. Jalur Khusus

Jika kamu biasanya harus mengantri di pintu pemeriksaan imigrasi yang panjang, maka dengan e-paspor ada kemudahan. Buat kamu yang asli warga Jakarta dan Bali, kamu hanya perlu menuju autogate untuk memalakukan pemindaian e-paspor sebelum masuk ke boarding gate. Pemindaian sendiri hanya memakan waktu sekitar 20-30 detik saja.

4. Visa Gratis ke Jepang

Pemegang e-paspor memiliki keuntungan jalan-jalan tanpa visa ke Jepang, lho. Yap, sejak menjalin kerjasama dengan Pemerintah Indonesia, Jepang mempersilahkan warga Indonesia untuk traveling tanpa visa selama 15 hari. Penawaran yang menarik dan nggak bikin ribet.

5. Visa Kunjungan Lebih Mudah

Jika kamu biasa kena tolak visa kunjungan karena paspor biasa, maka kini nggak perlu khawatir. Dengan kelengkapan data yang dimiliki e-paspor, tiap pemegang memiliki kesempatan lebih mudah mendapatkan penyetujuan visa kunjungan dari kedutaan negara yang ingin disinggahi.

Sudah siap mengurus e-paspor? Sekalian rencanakan traveling, yuk! Jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket kereta api pesan tiket pesawat murah cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top