Tips

5 Kesalahan Sepele yang Bikin Repot Saat Traveling

Sebelum mengawali liburan atau perjalanan apapun, tentu kita harus melakukan beberapa persiapan. Biasanya, yang menjadi fokus kita adalah tiket pesawat/kereta api ataupun kondisi kendaraan pribadi serta reservasi penginapan.

Tapi, jangan salah lho, ada beberapa hal yang mungkin dianggap sepele oleh travelers namun bisa merepotkan kamu jika tidak terpenuhi. Kali ini Pegipegi mau berbagi info seputar kesalahan umum para wisatawan yang harus kamu hindari:

1. Tidak mengecek tanggal kadaluarsa paspor

paspor

Ini bisa jadi kelalaian paling sepele namun dengan konsekuensi cukup fatal. Pasalnya, kalau kamu ingin bepergian ke luar negeri dan dan tanggal kadaluarsa paspor kamu kurang dari 6 bulan, kamu terpaksa gigit jari karena batal berangkat. Pengalaman ini pernah terjadi kepada salah satu teman kontributor Pegipegi lho. Gak mau kan, sudah keluar uang untuk tiket dan hotel tapi batal berangkat karena petugas imigrasi tidak membolehkan kamu naik pesawat? Jadi jangan lupa selalu cek tanggal kadaluarsa paspor kamu dan pastikan regulasi bagi wisatawan di negara-negara destinasi kamu.

2. Memesan tiket lanjutan perjalanan dengan jadwal sangat ketat

Bisa saja kamu harus melewati beberapa proses perjalanan, baik dari pesawat satu ke pesawat lain, atau dari pesawat dan lanjut dengan kereta api atau bis, dan sebagainya. Jika kamu harus melakukan perjalanan seperti ini, ada baiknya kamu memberikan jeda waktu sekitar 2 jam dari waktu tiba ke perjalanan selanjutnya. Karena kamu tidak bisa menebak cuaca, lalu lintas atau kejadian-kejadian tak terduga lainnya yang bisa menghambat perjalanan kamu. Lebih baik menunggu daripada harus terburu-buru kan?

3. Membawa barang tidak lengkap

Kalau kamu harus mengonsumsi obat tertentu, pastikan kamu tidak lupa membawanya. Meskipun kamu juga bisa membawa copy resep, kalau kamu bepergian ke luar negeri, lebih baik kamu bawa saja obat-obatan itu dalam jumlah lebih banyak. Pasalnya, bisa jadi harga obat tersebut jauh lebih mahal di luar negeri. Ada baiknya juga kamu membawa P3K untuk berjaga-jaga jika berada dalam kondisi darurat. Dan, jangan lupa membawa charger universal jika kamu berencana ke luar negeri, karena tidak semua negara memiliki soket yang sama dengan di Indonesia.

4. Membawa terlalu banyak barang

overpacking

Walaupun kamu disarankan membawa beberapa barang untuk mengantisipasi berbagai keadaan, bukan berarti kamu harus membawa hampir seluruh isi lemari kamu. Percayalah, sebagian dari pakaian yang kamu bawa tidak akan terpakai. Selain menambah beban, bisa jadi kamu juga harus mengeluarkan biaya ekstra karena kelebihan beban di bagasi pesawat. Jadi, mulailah belajar untuk mengepak lebih efektif dan memadu-padankan pakaian kamu. Kamu juga bisa melakukan laundry saat liburan agar tidak perlu membawa pakaian terlalu banyak. Jika kamu membeli barang dalam ukuran besar di destinasi liburan kamu, ada baiknya barang tersebut langsung kamu kirim ke rumah agar menghindari biaya mahal saat naik pesawat.

5. Menukar uang di tempat yang mahal

Beberapa traveler kerap menunda menukar mata uang hingga saat terakhir. Padahal, antisipasi sejak 5-7 hari sebelumnya bisa membuat kamu menghemat karena kamu punya waktu mencari tempat dengan nilai penukaran paling bagus. Hindari menukar uang di bandara karena harganya cukup mahal. Kamu juga harus mengecek biaya yang harus kamu keluarkan jika menggunakan kartu kredit atau kartu ATM di negara lain.

Gimana, travelers? Berguna banget ya tips yang Pegipegi rangkum ini. Setelah menambah pengetahuan, langsung aja cari promo-promo terbaru di Pegipegi dan rencanakan perjalanan kamu berikutnya!

 

 

 

(Visited 625 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top