Destinasi

5 Kelenteng Istimewa di Indonesia Untuk Merayakan Imlek 2018

Tahun Baru Imlek 2018 tinggal menghitung hari. Nah, biasanya, berbagai kelenteng atau vihara menggelar berbagai macam perayaaan.

Indonesia sendiri memiliki banyak kelenteng yang unik. Beberapa di antaranya menyimpan sejarah yang menarik untuk dipelajari, khususnya tentang komunitas Tionghoa.

Mulai dari Jakarta hingga Bali menawarkan keistimewaannya masing-masing. Nggak cuma dari segi arsitektur, tetapi juga atmosfer yang sakral menarik minat para turis yang datang untuk beribadah dan berwisata.

Sebagai referensi, berikut 5 kelenteng istimewa buat Tahun Baru Imlek yang bisa kamu kunjungi. Mari, disimak.

Kelenteng Tan Seng Ong (Vihara Tanda Bhakti) – Jakarta

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta, Kelenteng Tan Seng Ong (Vihara Tanda Bhakti) bisa jadi alternatifnya. Berlokasi di kawasan Petak Sembilan, Glodok, bangunan tradisional China sudah ada sejak 1650 silam. Kesan tenang pun dapat Anda tangkap saat melangkah masuk ke dalam kelenteng. Dua patung singa yang mengapit kuil kecil di depan, seakan memberi salam selamat datang bagi Anda dan orang dekat tercinta.

Kelenteng Tien Kok Sie – Solo

Kota Solo memiliki Kelenteng Tien Kok Sie. Lokasinya sangat berdekatan dengan Keraton Surakarta Hadiningrat membuat Kelenteng Tien Kok Sie dianggap sebagai ‘Penjaga Negara’. Sepasang Arca Ciok Say (Singa) siap menyambut Anda yang ingin beribadah di kelenteng ini.

Kelenteng Sam Poo Kong – Semarang

Kelenteng Poo Kong merupakan rumah bagi Dewa Bumi yang sangat legendaris. Saking legendarisnya, Kelenteng Sam Poo Kong sempat menjadi tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho, penjelajah muslim asal China yang membawa misi perdamaian.

Kelenteng Hong San Tang – Surabaya

Berlokasi di jalan Sukolilo No. 100, Kenjeran, Hong San Tang sangatlah unik. Di bagian belakang, Anda dapat menjumpai patung Kwan yang memiliki tiggi 10 meter. Makin cantik, karena Kelenteng Hong San Tang langsung berbatasan dengan bibir Pantai Ria Kenjeran. Alhasil, Kelenteng Hong San Tang menjadi ikon kota Pahlawan yang cukup kental.

Kelenteng Caow Eng Bio – Bali

Menjadi salah satu yang tertua di Bali, Kelenteng Caow Eng Bio dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada Dewi Shui Wei. Sudah ada sejak 1548, Kelenteng Caow Eng Bio memiliki prasasti kuno yang mengisahkan kehidupan China saat Kaisar Guangxu berkuasa. Yang menarik dari kelenteng ini adalah bangunan teater pertunjukan yang bisa digunakan untuk berbagai acara.

Sudah tahu mau liburan ke mana pada Tahun Baru Imlek 2018? Biar makin hemat, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top