Kuliner

5 Kedai Tengkleng Enak di Solo untuk Pecinta Kambing

Kalau liburan ke Solo, rasanya nggak lengkap jika nggak mencicipi tengkleng, masakan berbahan dasar kambing. Namun, yang digunakan bukan dagingnya, melainkan tulang belulang dari kambing sebagai isian utamanya. Kuahnya pun jauh lebih segar daripada gulai. Kuahnya lebih encer dan bening, juga lebih terasa bumbu rempahnya. Kali ini Pegipegi pengin kenalin lima kedai tengkleng enak di Solo yang wajib diicip!

1. Tengkleng Bu Jito Dlidir

Tengkleng Bu Jito Dlidir lokasinya berada di Jalan Kolonel Sugiono No.67, Kadipiro, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Tengkleng ini menyajikan kuah encer yang menyatu dengan daging dan menempel di tulang. Aroma kambing pun nggak akan tercium di tengklengnya. Tengkleng Bu Jito Dlidir memasak tengkleng dengan cara dipresto selama 3 sampai 5 jam, sehingga daging yang menempel pada tulang mudah terlepas.

2. Tengkleng Klewer Bu Edi

Sebelum membuka kedai di antara Masjid Agung dan Pasar Klewer, usaha tengkleng yang dimulai sekitar 1971 oleh nenek Bu Edi ini dimulai dari keliling Pasar Klewer. Akhirnya, pada tahun 1980-an, Nenek Bu Edi memilih menetap di lokasi yang sekarang menjadi warung tengkleng Bu Edi hingga terkenal. Selain kelezatan yang tak diragukan, cara penyajian tengkleng di atas pincuk memberi kenikmatan. Pembeli bisa menyeruput kuah langsung dari pincuk sambil duduk maupun berdiri.

3. Tengkleng Rica Pak Manto

Tempat makan ini terbilang legendaris karena sudah 25 tahun melayani para penikmat makanan khas Indonesia. Sesuai dengan namanya, menu di sini berupa tengkleng. Sesuai dengan embel rica-rica yang dipakai, tengkleng ini terasa pedas dan nikmat. Selain tengkleng, ada juga menu lain yang berbahan daging kambing, seperti tongseng, sate, hingga gulai.

4. Tengkleng Kambing Bu Pon

Kedai milik Bu Pon ini tidak jauh dari Pusat Grosir Solo. Warung makan ini menjual menu yang lumayan lengkap, bahkan dengan tambahan cabai rawit utuh. Isinya pun bervariasi mulai dari iga, sumsum, dan bagian kepala kambing yang biasanya sudah ditusuk seperti sate. Meski tempat makannya sangat sederhana, tapi rasa tengklengnya ala restoran bintang lima.

5. Tengkleng Mbak Diah

Tengkleng Mbak Diah merupakan kuliner legendaris yang sudah bertahan selama 25 tahun. Warung ini menyajikan berbagai menu olahan daging kambing, seperti tengkleng, sate, krengsengan, hingga nasi goreng kambing. Kesan pertama saat masakan datang adalah aroma jamu yang semerbak dari kuah tengklengnya. Meskipun menyajikan tulang, namun daging yang menempel, ukurannya cukup besar, lho!

Buat yang berada di luar Solo dan pengin menikmati tengkleng di atas, yuk, pesan tiket pesawat atau tiket kereta api ke Solo lewat Pegipegi, ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Solo pesan tiket kereta api murah ke Solo cari hotel murah lain di Solo

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

 

Comments

To Top