Tips

5 Jurus Hemat Data Internet 4G LTE Saat Traveling

Kebutuhan data akses internet saat ini sangatlah krusial. Apapun aktivitasnya, kita seakan wajib terkoneksi dengan internet selama 24 jam, termasuk traveling.

Semakin hadirnya teknologi 4G LTE, akses internet cepat pun makin mudah didapatkan. Kita nggak butuh waktu lama buat browsing maupun posting foto-foto traveling di media sosial.

Namun, semakin cepat dan mudah akses data yang kamu dapat, semaki boros pula penggunaan data. Nggak heran sih, paket data dengan 30 gigabyte bisa habis dalam waktu dua minggu saja.

So, bagaimana cara buat menghemat paket data 4G LTE biar nggak cepat habis saat traveling? Pegipegi punya beberapa hal yang bisa kamu ikuti. Simak, yuk!

Tahan Diri

Cepatnya koneksi data pada teknologi 4G disebabkan karena fiber optiknya terbuka lebih lebar ketimbang 3G. Nah, secara nggak sadar, kecepatan koneksi justru membuat kita hilang kendali dengan mendownload lebih banyak aplikasi maupun lebih lama streaming. So, kalau nggak penting-penting banget, tahan diri dalam menggunakan internet 4G.

Fitur Data Saver

Soal browsing, mau seringan apapun browser-nya, kalau pemakaiannya berlebih jadi percuma. Untungnya, berbagai browser baik smartphone maupun desktop sudah dilengkapi dengan fitur data saver. Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu bisa menghemat hingga 50 persen paket data yang kamu miliki.

Hindari Update Otomatis

Ini yang kadang kita merasa kecolongan. Lagi enak-enak liburan, tiba-tiba muncul pesan “Your app has been updated“. 30-40 megabyte pun hilang tanpa pengawasan. Nah, demi mengindari kejadian tersebut di tengah perjalanan liburan, kamu bisa non aktifkan fitur update otomatis dar Google Play Store untuk Android dan Apps Store untuk iOS.

Sinkronisasi

Selain update otomatis, fitur lainnya yang bikin kesal adalah sinkronisasi. Fitur ini punya tujuan agar data-data kamu tersalin dengan aman. Meski perputarannya lebih lambat, sinkronisasi cukup menguras data internet, lho. Apalagi kalau yang disinkron bentuknya foto maupun audio file. Jadi, ada baiknya kamu non-aktifkan dulu.

Tonton Offline Video

Kalau tengah bosan, streaming video di Youtube jadi alternatif-nya. Dengan sinyal penuh, streaming pun lancar meski tengah dalam perjalanan. Tapi ingat, semakin lama kamu nonton, semakin besar pula paket data yang terkuras. Nah, untuk mengantisipasinya, gunakan fitur offline video di Youtube. Kamu download dulu dengan Wi-Fi di rumah kemudian mainkan tanpa internet di jalan.

Sudah tahu tipsnya? Biar makin murah, jangan lupa booking tiket pesawatpesan hotel, atau beli tiket kereta api di Pegipegi, ya!

Pesan Tiket Pesawat Cari Hotel Murah Pesan Tiket Kereta Api

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 269 times, 1 visits today)

Comments

To Top