Tips

5 Jurus Cegah Ngantuk saat Berpuasa Sambil WFH

Sering merasa ngantuk saat berpuasa, tapi harus tetap bekerja di rumah? Hal ini wajar saja terjadi, karena pada saat puasa, tubuh kita tentu kekurangan asupan makanan dan minuman selama berjam-jam. Terlebih lagi, biasanya waktu tidur pun berubah. Namun, jangan sampai rasa kantuk ini menghambat pekerjaan kamu, ya, travelers. Kamu bisa menerapkan beberapa jurus berikut ini untuk mengatasi ngantuk, plus biar puasa lancar dan kamu  juga bisa tetap produktif selama Work from Home (WFH). Yuk, disimak!

Perhatikan Asupan Makanan

Hal utama yang wajib kamu perhatikan adalah makanan atau minuman apa yang kamu konsumsi pas sahur. Agar tidak mengantuk saat WFH, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan-makanan rendah lemak, dan lebih banyak menyantap buah-buahan plus sayuran. Kamu bisa menikmati sayur bayam, telur, daging tanpa lemak, ikan salmon, pepaya, apel, alpukat, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga wajib mengonsumsi air putih yang cukup, yakni 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas di malam hari, agar tubuh tidak mudah lemas dan mengantuk saat menjalani puasa.

Perbaiki Kualitas Tidur

Biasanya, faktor yang membuat orang-orang merasa ngantuk saat berpuasa di siang hari adalah karena mereka kerap mengabaikan kualitas tidur di malam hari. Padahal, kurang tidur akan membuat kamu kekurangan tenaga, sehingga kamu akan merasa lemas dan cepat mengantuk. Sedangkan saat siang hari, kamu membutuhkan tenaga ekstra untuk menjalani aktivitas, apalagi saat WFH seperti sekarang ini. Jadi, pastikan atur jam tidur kamu dengan benar ya, travelers! Oh ya, kamu juga bisa memanfaatkan waktu istirahat kerja sekitar 15-30 menit untuk melakukan power nap, lho.

Perbanyak Ibadah

Saat kamu merasa ngantuk ketika berpuasa sambil WFH, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperbanyak ibadah. Kamu bisa mengalihkan rasa kantuk dengan mengambil wudhu, kemudian menjalankan shalat dhuha yang biasanya dilakukan saat pagi hari. Jika rasa kantuk datang di sore hari, kamu bisa mencoba mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran dengan menggunakan headphone atau berzikir di dalam hati sambil tetap melakukan pekerjaan kamu. Ngantuk hilang, pahala datang, deh!

Dapatkan Penyinaran Cukup

Nah, yang satu ini juga gak kalah penting, travelers. Supaya lebih bersemangat dan gak merasa lemas atau ngantuk selama berpuasa sambil WFH, kamu bisa mengatur posisi bekerja tidak jauh dari jendela agar kamu bisa mendapatkan sinar matahari langsung. Namun, saat hari mulai siang dan cahaya matahari mulai menyengat, kamu bisa pindah ke ruangan dengan sinar lampu yang terang, ya. Pokoknya atur posisi duduk senyaman mungkin, jadi, gak ada lagi aura ngantuk yang menghambat pekerjaan kamu. Yeay!

Bergerak & Tarik Napas

Supaya gak ngantuk di tengah-tengah bekerja, kamu bisa sesekali bergerak dengan berjalan-jalan di sekitar rumah selama 10 menit. Setelah itu, pergilah ke teras rumah, lalu tarik napas dalam-dalam dengan hidung dan hembuskan melalui mulut. Menurut sejumlah riset, berjalan kaki dan menarik napas mendalam ternyata mampu meningkatkan kadar oksigen dalam otak dan menambah energi pada tubuh. Selain itu, kamu juga akan merasa lebih segar dan bersemangat untuk melanjutkan pekerjaan. So, bye bye ngantuk!

Jadi, itu dia jurus sederhana mengatasi rasa ngantuk saat kamu berpuasa sambil WFH di masa pandemi seperti ini. Nggak susah, kan? Boleh dicoba mulai besok ya, travelers! Oh ya, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan supaya puasanya lancar, pekerjaan aman terkendali, dan kita #SemuaMenang! Kalau #NantiKitaPegipegiLagi, jangan lupa pesan tiket bustiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi, ya.

PESAN TIKET BUS MURAH PESAN TIKET PESAWAT MURAH PESAN TIKET KERETA API MURAH CARI HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top