Tips

5 Jurus Ampuh Usir Bau Mulut Saat Puasa

Travelers, buat yang tengah berpuasa, bau mulut pasti menjadi salah satu masalah yang bikin kamu kurang PeDe. Apalagi, kalau kamu harus tetap menjalani aktivitas normal seperti ngantor atau kuliah.

Banyak yang bilang, bau mulut orang berpuasa itu pahalanya berlimpah. Tapi, namanya manusia, pasti nggak bakal nyaman dengan sesuatu yang keluar dari tubuhnya dan menimbulkan bau yang nggak biasa.

Ada banyak faktor yang menyebabkan bau mulut terjadi saat kamu berpuasa. Namunpara dokter menyebut gangguan kesehatan ini dengan istilah halitosis.

Pasifnya rongga mulut bergerak pada siang hingga sore hari menjadi alasan mengapa bau mulut sering muncul saat puasa. Alhasil, oksigen yang diserap ke dalam mulut pun cukup minim dan ini yang membuat halitosis terjadi.

Bagaimana mengantisipasinya? Well, Pegipegi punya beberapa tips biar kamu nggak kena bau mulut saat berpuasa. Simak ya!

1. Tegak Banyak Air Putih

Foto: rd

Nasihat pakar kesehatan buat minum air putih delapan gelas sehari ternyata ada benarnya. Bau mulut timbul karena banyak bakteri yang bersarang di mulut saat puasa. Bakteri muncul karena kurangnya produksi air liur. Nah, dengan air putih, kamu bisa meningkatkan produksi air liur dengan cepat ketimbang mengonsumsi minuman dengan rasa. Jadi usahakan, kamu mengonsumsi banyak air minum sebelum sahur ya.

2. Say No to Lengket

Foto: low-carb

Saat berpuasa, produksi air liur kita sangatlah minim. Nah, jika kamu mengonsumsi makanan dengan tekstur lengket seperti coklat, biskuit, hingga santan, bakteri jelas semakin cepat menyebarnya. Apalagi, kalau kamu lupa pakai obat kumur mulut, dijamin bau nggak sedap siap menggelayuti hari-hari kamu. So, hindari deh makanan lengkat biar mulut tetap terjaga kebersihannya.

3. Lupakan Makanan Berbau Tajam

Foto: stethnews

Intinya sama seperti makanan lengket, sih! Jika kita terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan bau tajam, otomatis baunya akan melekat sepanjang hari di dalam mulut. Kembali soal produksi air liur yang nggak maksimal sepanjang hari. Bakteri yang menempel di sisa-sisa makanan pun akan sulit untuk diusir. Coba hindari makanan berbau seperti petai, jengkol, hingga durian sebelum sahur.

4. Buah dan Yogurt Kuncinya

Foto: cookingmatters

Salah satu penyebab bau mulut adalah pencernaan yang nggak lancar. Nah, semuanya bisa diantisipasi dengan mengonsumsi asupan dengan serat. Buah-buahan segar adalah jawaban. Serat yang terkandung dalam buah dapat melancarkan pencernaan. Jika kamu malas makan buah, bisa juga konsumsi yogurt sehat untuk melicinkan rongga-rongga di dalam sistem pencernaan.

5. Olahraga Jelang Buka

Foto: bodybuilding

Lemas sih, tapi memang harus dipaksakan. Berolahraga saat berpuasa memiliki banyak manfaat. Salah satunya mengusir bau mulut. Bagaimana caranya? Well, saat tubuh kita bergerak, keringat mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. Nah, hal ini ternyata juga akan menetralkan bau mulut dari gas negatif yang berlebih pada siang hari. Jadi, berolahraga lah jelang buka puasa.

Foto utama: thedentalspa

Supaya puasa kamu lancar dan sehat, yuk, jaga kebersihan mulut kamu. Sambil menunggu bedug, mendingan kamu rencanain aja liburan selanjutnya dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 330 times, 1 visits today)

Comments

To Top