Tips

5 Jurus Ampuh Hindari Obesitas di Bulan Puasa

Puasa adalah salah satu cara tepat untuk menurunkan berat badan. Tapi, kadang kira merasa justru tubuh makin mekar saat bulan Ramadan tiba.

Well, ada yang salah tuh dengan pola makan kamu. Secara medis, puasa adalah jurus ampuh buat menangkal obesitas lantaran kamu harus absen makan selama 12 jam.

Organ-organ pencernaan yang selama setahun beroperasi dengan keras, dapat beristirahat dulu. Nggak heran, sih, jika kamu rajin puasa, pencernaan pasti lancar banget.

Nah, gimana sih caranya biar buat menghindari obesitas di bulan puasa? Pegipegi punya beberapa rahasia yang bisa kamu ikutin. Simak ya!

Buka (Jangan) Terlalu Manis

Foto: ndtv

Dalam aturannya, berbukalah dengan yang manis. Tapi bukan berarti, kamu harus menyantap banyak makanan dan minuman yang manis semua. Sedangkan, musuh dari diet adalah gula yang berlebih. Jadi, seimbangkan santapan manis dengan segelas air putih atau sebaliknya, minuman manis dinetralkan dengan buah-buahan bermineral. Manis cukup buat mengembalikan tenaga saja.

Sahur Dengan Rebusan

Foto: ndtv

Selain gula, musuh tubuh jika terlalu banyak adalah minyak. Kandungan lemak jenuh yang ada di minyak dapat berkumpul di saluran darah jika kamu terlalu banyak mengonsumsi. Minyak juga akan membuat pencernaan kamu terhambat lantaran nggak bisa larut dengan cepat. Jadi, lebih baik, santap makanan dengan sistem pengolahan direbus atau ditumis.

Kurangi Nasi, Perbanyak Sayur

Foto: vegrecipesofindia

Sebagai salah satu penyumbang karbohidrat, nasi memang sangat dibutuhkan. Khususnya buat menjaga agar tubuh kamu memiliki energi sepanjang hari. Tapi, tahu nggak kalau terlalu banyak nasi justru yang memicu obesitas. Ada baiknya, ketika sahur, kamu banyak santap masakan dengan sayur di dalamnya. Jadi, kurangi nasi, perbanyak sayur, ya!

Jangan Paksa Saat Buka

Foto: eatthis

Melihat makanan saat puasa memang godaan terberat. Pasti, bawaannya ingin menghajar semua yang ada di piring. Well, itu nggak baik, lho. Bisa-bisa, kamu malah makin gemuk! Nah, buat menghindari obesitas, usahakan kamu makan besar setelah Salat Maghrib atau setelah Salah Tarawih. Agar, tubuh nggak kaget menerima asupan makanan.

Tetap Berolahraga

Foto: cnn.com

Percuma kamu diet kalau nggak diimbangi dengan gerak tubuh, jatuhnya lemas! Olahraga, apapun bentuknya dapat mengeluarkan racun-racun yang nggak diinginkan oleh tubuh. Terlebih jelang magrib, usahakan kamu berolahraga minimal lima menit saja. Jangan terlalu dipaksa, jogging kecil di rumah sudah cukup, kok.

Foto utama: indianexpress

Sudah baca artikelnya? sekalian rencanakan traveling kamu selanjutnya dengan pesan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top