Kuliner

5 Jenis Salak khas Indonesia ini Cocok Buat Oleh-Oleh

Main ke rumah saudara nggak lengkap kalau belum bawa oleh-oleh. Nah, salah satu jenis buah tangan yang cukup familiar adalah salak.

Yap, buah dengan kulit bersisik ini terasa spesial. Dengan rasanya yang manis, buah ini dapat dibeli dengan harga yang cukup terjangkau, lho.

Tapi, tahu nggak sih kalau salak itu ada banyak jenisnya, lho. Nggak cuma salak pondoh saja yang selalu menjadi acuan masyarakat Indonesianya.

Nah, sebagai referensi, Pegipegi punya rekomendasi 5 jenis salak khas Indonesia yang bisa kamu bawa untuk oleh-oleh di akhir pekan. Simak, yuk!

Salak Madu

Sesuai dengan namanya, salak yang satu ini punya rasa yang manis banget seperti madu. Punya ciri khas daging yang berwarna kekuningan, salak ini punya tekstur yang renyah dan lembut banget, lho. Banyak dikembangkan di Sleman, salak madu nggak mengenal istilah musiman karena berbuah sepanjang tahun.

Salak Gula Pasir

Jika kamu ada liburan ke Bali, variasi salak yang satu ini bisa jadi oleh-oleh yang menarik. Punya rasa yang manis, salak gulak pasir ini punya daging yang tebal dan biji yang relatif kecil. Tekstur yang reyah bikin salak gula pasir menarik minat banyak pelancong, lho. Dengan daging yang tebal, salak ini memang sulit untuk dikupas. Namun tenang, kamu bakal puas karena punya 1-2 anakan salak.

Salak Gading

Sama-sama tumbuh subur di daerah Sleman, salak gading cuma dibedakan dari rasa dan warna kulitnya. Punya warna kuning gading yang mengkilap, salak gading punya ukuran daging yang sedang. Rasanya sedikit asam dan cocok buat kamu yang nggak terlalu suka manis.

Salak Sidempuan

Sumatera Barat ternyata juga punya variasi salak yang menarik, salak Sidempuan. Sesuai denhan namanya, salak ini dibudidayakan di kawasan Sidempuan, Padang. Berbeda dengan salak pada umumnya, salak Sidempuan punya warna merah dan putih, lho. Soal rasa, salak ini merupakan perpaduan asam dan manis. Ada sedikit sepat di ujung, salak Sidempuan punya sisik kulik yang besar sehingga mudah dikupas.

Salak Pondoh

Selain paling mainstream, salak pondoh diklaim sebagai yang terbaik di Indonesia. Banyak berbuah di lereng Gunung Merapi, Sleman, salak pondoh dikenal dengan rasa yang manis. Dagingnya pun terasa renyah dan mudah banget untuk dikupas. Yang menarik, salak pondoh memiliki ukuran yang paling kecil dibanding salak-salak populer lainnya. Jadi, mau beli banyak pun, harganya sudah pasti terjangkau.

Wah, lagi #ButuhPegipegi? Tenang! Biar liburan makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top