Tips

5 Jenis Masker Buat Traveling yang Ampuh Tangkal Polusi dan Virus

Merebaknya wabah virus Corona di China ternyata membuat kepanikan tersendiri, khususnya buat kamu yang berencana traveling ke luar negeri.

Tapi, tenang! Karena kamu bisa liburan ke destinasi impian secara aman dengan menggunakan masker. Selain melindungi dari paparan virus di udara, masker juga berfungsi sebagai pelindung diri dari udara kotor maupun cuaca ekstrem.

Tapi, jangan sampai salah milih masker, ya! Karena, ada banyak banget variasi masker yang memiliki fungsi berbeda, lho. Jadi, pilihlah sesuai dengan kebutuhan.

Apa saja sih variasi maskernya? Pegipegi punya daftarnya, nih. Simak, yuk!

Masker Bedah

Yap, masker yang satu ini cukup umum dikenakan masyarakat ibukota kala berpergian. Masker bedah pun juga diperuntukkan bagi para dokter maupun juru rawat yang akan dan tengah melakukan penanganan pasien bedah. Dengan bahan yang cukup tipis dan fleksibel, masker berwarna hijau ini cukup ampuh menangkal polusi udara saat berkendara. Namun, masker ini hanya bersifat sekali pemakaian.

Masker Kain

Nah, jika masker bedah hanya bisa dipakai sekali, maka masker kain berbeda. Karena terbuat dari kain, masker ini bisa dicuci dan dikenakan kembali. Selain mencegah virus dan polusi masuk ke tubuh, masker ini punya kelemahan, khususnya soal lembab. Apalagi jika jarang dicuci, kuman pasti bakal senantiasa bersemanyam di dalam pori-pori kainnya.

Masker Respirator N95

Nah, kalau masker yang satu ini jadi senjata dunia untuk mencegah virus Corona. Dengan menyaring 95 persen partikel udara, masker N95 juga dapat melindungi diri dari zat beracun seperti bau cat atau bahkan kimia. Masker ini dapat dipaka berulang selama lima kali. Namun, karena permintaan banyak, harga masker N95 cukup mahal dibanding dua masker di atas.

Masker N99 dan N100

Kalau kamu butuh masker yang lebih kuat dibandingkan N95 untuk pencegahan virus Corona, maka masker N99 dan N100 bisa menjadi pilihanmu. Masker respirator N99 dan N100 mampu melindungi diri dari berbagai polusi dan virus dari luar, termasuk virus Corona. Kedua masker ini sama-sama memiliki tiga lapisan filter. Lapisan pertama berfungsi untuk menjebak partikel-partikel kasar seperti debu dan pasir. Lapisan kedua untuk menyaring partikel-partikel yang masuk, dan lapisan terdalam yang terbuat dari karbon aktif bisa memerangi pengotor gas seperti senyawa organik yang mudah menguap dan bau busuk.

Masker P95

Nah, dari deretan masker-masker di atas, masker P95 bisa jadi yang paling aman dan kuat. Selain dapat menyaring virus, debu maupun zat racun di udara, masker ini juga dapat menahan partikel yang mengandung minyak, seperti bensin, solar, cat hingga minyak goreng. Biasanya digunakan para pekerja pabrik kilang minyak dan farmasi, masker ini bisa efektif kamu pakai hingga 40 jam selama 30 hari sebelum ganti baru.

Sudah tahu tipsnya? Saatnya merencanakan liburan kamu, yuk! Biar liburan makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top