Tips

5 Hal Yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Gabung Share Cost Trip

Ada banyak cara buat ngetrip seru tapi murah. Jika kamu sering main-main ke forum komunitas jalan-jalan, istilah share cost trip pun pasti terdengar familiar di telinga.

Berbeda dengan open trip, share cost trip merupakan cara paling praktis jika kamu ingin traveling bareng tapi murah. Memiliki leader perjalanan layaknya open trip, para anggotanya harus memenuhi kuota patungan buat traveling bareng.

Anggotanya pun nggak melulu orang terdekat, bisa kenalan dari media sosial maupun komunitas. Asalkan memiliki destinasi wisata yang sama, share cost trip bisa dilakukan.

Nah, sebelum kamu ikutan share cost trip, Pegipegi punya beberapa tips penting. Siapa tahu bakal membantu kamu buat merasakan pengalaman traveling terbaik. Simak ya!

1. Siapa Leadernya?

Foto: off-the-path

Seperti open trip, share cost trip pasti memiliki pemimpin perjalanan. Biasanya, sang pemimpin punya jam terbang dalam hal traveling. Nah, biar traveling kamu berkesan, usahakan kamu pilih pemimpin traveling yang jujur dan mudah percaya. Ia juga nggak boleh menggunakan keuntungan dari trip yang dilakukan. Nah, jika kamu dapat kenalan dari media sosial yang menggelar share cost trip, pastikan ia memiliki citra baik pada perjalanan sebelumnya.

2. Lebih Banyak Lebih Murah

Foto: previews

Nggak seperti open trip, share cost trip nggak perlu nunggu kuota anggota buat berangkat. Asalkan patungan dana perjalanan rata, kamu sudah bisa traveling ke destinasi yang sudah ditentukan. Namun, lebih baik kamu cari lebih banyak anggota agar biaya perjalanan jauh lebih murah. Minimal, ada 10 orang di dalam satu perjalanan share cost trip buat meminimalisir biaya besar.

3. Itinerary Harus Jelas

Foto: wanderlustlogs

Namanya juga ngetrip bareng, kamu nggak boleh seenaknya mengubah itinerary yang sudah ada. Jika tujuan pertama A, ya kamu harus ikut ke A. Biasanya, perpecahan terjadi di tim share cost trip adalah soal konsistensi itinerary. Intinya, harus ada komitmen di antara para anggota perjalanan untuk menaati itinerary yang sudah ada.

4. Keterbukaan Biaya

Foto: agapepress

Misalnya, kamu akan jalan ke Raja Ampat dengan gabung share cost trip dengan total bujet Rp 15 juta. Demi menjaga keterbukaan antar para anggota, pastikan jika alokasi dana yang kamu setor harus tepat sasaran. Kamu harus cek ulang biaya tiket pesawat/kereta api, penginapan hingga transportasi di tempat wisata. Semuanya harus terbuka demi menghindari kecurigaan. Jadi, keberadaan seorang bendahara dalam hal ini sangat penting.

5. Sebelum Berangkat, Ajak Ketemuan

Foto: mhgportal

Kemajuan zaman dengan hadirnya media sosial memang memudahkan kita buat berkenalan dengan orang lain. Tapi, untuk urusan share cost trip, kamu harus yakin bakal berangkat dengan orang-orang bervisi sama. Jadi, usahakan kamu bertemu dengan mereka buat bahas perjalanan, minimal berkenalan deh! Kebanyakan para penggelar share cost trip memilih langsung ketemuan di lokasi pemberangkatan usai melunasi biaya yang ditentukan.

Foto: soloholidays

Sudah tahu mau jalan kemana? yuk rencanakan liburan kamu selanjutnya. Tenang buat akomodasi, kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top