Tips

5 Hal Yang Wajib Diperhatikan Saat Akan Menggelar Open House

Momen Idul Fitri tak lengkap rasanya jika tidak berkumpul bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Selain mengunjungi rumah saudara ataupun tetangga, biasanya, tak sedikit pula mereka yang rutin menggelar open house setiap tahun dengan tujuan untuk merayakan Hari Kemenangan. Nah, kalau tahun ini kamu berniat untuk mengadakan open house dan mengundang saudara serta kerabat dekat, berikut adalah beberapa hal yang wajib kamu perhatikan supaya acara kamu berjalan lancar.

1. Buat Agenda Hari Raya

Sebelum menggelar open house, mulailah dengan membuat agenda atau jadwal mulai dari hari Lebaran pertama. Misalnya, tulis rencana mulai dari salat Idul Fitri, berziarah, dan silaturahmi dengan tetangga terdekat. Selain itu, kamu bisa membuat daftar tamu yang akan hadir ke rumah kamu, seperti saudara atau teman-teman, kemudian rencana apa saja yang selanjutnya yang akan dilakukan pada hari tersebut.

2. Bersihkan Dapur

Membersihkan dan menata dapur juga penting dilakukan saat menyambut Lebaran. Buanglah wadah-wadah yang sudah tidak terpakai, kemudian atur bumbu, rempah, dan bahan-bahan lainnya di dapur, supaya kamu tidak kesulitan saat akan memasak hidangan untuk open house. Bersihkan pula lemari es dari bahan-bahan makanan yang sudah tidak layak dimasak dan mulailah dengan mengisi makanan fresh yang akan kamu olah untuk sajian hari raya.

3. Buat Daftar Menu

Kalau kamu berencana untuk memasak sendiri seluruh hidangan Lebaran di rumah, membuat daftar menu tentu menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Buatlah daftar menu makanan, seperti opor ayam, rendang daging, sambal goreng kentang, sayur labu, dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menyediakan pilihan makanan lainnya, seperti dessert dan camilan yang bisa dinikmati oleh tamu yang datang.

4. Belanja Bahan Makanan

Setelah memutuskan menu makanan apa saja yang akan dihidangkan, selanjutnya adalah membuat daftar bahan-bahan dan dilanjutkan dengan pergi berbelanja. Untuk menghemat waktu, kalau kamu berbelanja dari jauh-jauh hari, belilah bahan makanan yang tidak mudah rusak dan lebih tahan lama, seperti daging, ayam, bumbu-bumbu, dan yang lainnya. Sedangkan untuk sayuran, kamu bisa membelinya satu hari sebelum kamu mengolahnya, agar sayuran masih fresh saat dihidangkan.

5. Tentukan Area Open House

Memilih tema open house juga menjadi hal yang nggak boleh dilewatin nih, travelers. Kamu bisa memilih tema outdoor ataupun indoor sesuai dengan area yang tersedia di rumah untuk kamu berinteraksi dengan tamu. Kamu bisa memilih halaman belakang rumah, di ruang tamu, atau di ruang keluarga. Siapkanlah sejumlah kursi dan sofa, kemudian tempatkan di beberapa bagian supaya setiap orang bisa lebih nyaman dalam berinteraksi.

Jadi, sudah tahu kan apa aja yang harus dipersiapkan saat akan menggelar open house? Selain lima hal tersebut, jangan lupa juga untuk menyiapkan tempat sampah dengan tutup di beberapa sudut area open house ya, supaya para tamu mudah menjangkaunya dan rumah kamu jadi semakin bersih dan nyaman deh!

Nah, supaya liburan makin seru, kamu bisa cari hotel murah lewat Pegipegi! Soal transportasinya jangan lupa pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah lewat Pegipegi, ya!

cari hotel murah  pesan tiket pesawat murah   pesan tiket kereta api murah

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top