Tips

5 Hal yang Nggak Boleh Dilakukan di Bali

sesajen1

Setiap kota memiliki adat istiadat atau kebiasaan yang berbeda dari kota lainnya. Jika kamu berkunjung ke suatu kota, alangkah baiknya menghormati adat istiadat yang berlaku di sana. Salah satu kota yang memegang teguh adat istiadat adalah Bali. Memang sih, aturan-aturannya terdengar seperti mitos belaka, tapi nggak ada salahnya kamu tetap ikuti demi menghargai warga Bali. Beberapa hal yang nggak boleh dilakukan antara lain:

1. Menginjak atau melangkahi sesajen

Di jalanan sekitar Bali banyak sesajen atau canang. Usahain supaya kamu jangan sampai terinjak atau terlangkahi sesajennya. Jika nggak sengaja menginjak atau melangkahi, minta maaf dalam hati aja, Juga jangan iseng memindahkan sesajen. Karena, sesajen itu dipersembahkan oleh umat Hindu di Bali untuk menghormati pencipta alam sekaligus tanda terima kasih.

sesajen

www.orgworkspace.talkwithus.com

2. Masuk ke tempat suci saat menstruasi

Untuk cewek yang sedang menstruasi dilarang masuk ke tempat suci di Bali, misalnya Pura Uluwatu. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesucian pura. Jika sedang datang bulan, kamu paling cuma boleh menikmati keindahan di luar pura sambil menonton Tari Kecak Uluwatu. Dan sebaiknya, kamu juga jangan menggunakan celana pendek atau baju yang nggak sopan saat datang ke tempat suci. Kalau sudah terlanjur pakai baju minim, biasanya harus memakai selendang atau kain lagi.

pura-uluwatu

www.sekarjepun.com

3. Mengganggu prosesi keagamaan

Warga Bali kan rutin mengadakan upacara Ngaben dan biasanya upacara itu mengharuskan mereka untuk menutup jalan, sehingga jalanan macet. Jangan sampai mengumpat atau membunyikan klakson berulang-ulang karena dianggap nggak menghormati Bali. Jika umat Hindu sedang beribadah, usahakan jangan berdiri di depannya karena dianggap nggak sopan. Foto pura dengan flash juga dianggap sebagai tindakan tindakan nggak sopan.

Ngaben-travel.yukpegi

www.panduanwisata.id

4. Memegang kepala orang Bali

Di Bali, tindakan memegang kepala merupakan tindakan yang nggak sopan karena orang Bali menganggap bahwa kepala ada bagian tubuh yang tersuci. Bahkan, memegang kepala anak kecil sebagai tanda kasih sayang aja juga dianggap nggak sopan. Jika kamu terlanjur melakukan hal itu, lebih baik langsung minta maaf aja.

5. Pipis sembarangan

Banyak area di Bali yang sudah disakralkan. Bahkan, pohon-pohon di sana juga sudah banyak yang disucikan, jadi jangan sampai kamu pipis sembarangan. Tindakan seperti itu jelas dianggap sebagai tindakan nggak sopan dan nggak menghormati pencipta alam.

Nggak sulit kan mengikuti aturan di atas? Jika kamu ada rencana liburan di Bali, pesan tiket pesawat murah aja di pegipegi.com dan nikmati diskon besar-besarannya! Dan nggak perlu khawatir bakal sulit mencari tempat menginap karena kamu juga bisa pesan hotel super murah di sini.

(Visited 1,602 times, 2 visits today)

Comments

To Top