Tips

5 Hal Yang Harus Dihindari Sebelum Traveling

vacation

Pergi ke tempat-tempat keren, melepas kejenuhan dari rutinitas hidup sehari-hari, menikmati atmosfer setempat yang eksotis, berkenalan dengan kawan-kawan baru yang nggak kita jumpai di kota asal, mungkin hanya sebagian kecil hal-hal asyik yang bisa kita dapatkan saat melakukan traveling ke suatu tempat.

Vacation_Planning

Akan tetapi, apa jadinya jika beberapa saat menjelang hari keberangkatan kamu iseng membuka akun sosmed, membaca pemberitahuan tentang sebuah pesta yang diadakan seorang teman, dan mendadak ragu-ragu untuk memulai petualangan baru lantaran ingin menghadiri pesta teman kamu itu? Padahal tiket sudah dipesan dan penjadwalan ulang keberangkatan tak bisa dilakukan.

Kali ini, Pegipegi telah mengumpulkan beberapa tips tentang hal yang wajib kamu hindari agar traveling yang sudah kamu rencanakan jauh-jauh hari tidak menjadi sia-sia!

 

1.    Terlalu percaya pada buku panduan
Buku panduan memang banyak membantu kamu dengan informasi mengenai hotel, restoran, tempat-tempat dan acara asyik yang menjadi salah satu alasan kamu melakukan traveling. Namun, kamu perlu memperhatikan tanggal dan tahun berapakah buku tersebut diterbitkan, apakah jaraknya tidak terlalu jauh dengan tanggal dan bulan saat kamu merencanakan untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Kadang banyak update yang tidak tercantum di buku panduan, dan terlalu mempercayai buku panduan yang belum tentu benar bisa mengakibatkan kamu tersesat.

Sebagai gantinya, kamu bisa minta petunjuk dari penduduk setempat mengenai alat transportasi yang harus kamu gunakan, atau keterangan tentang suatu acara lokal dari sudut pkamung mereka. Selain bisa mendapatkan informasi yang lebih terpercaya, hitung-hitung kamu punya kenalan baru!

 

2.    Kebanyakan rencana
Membuat rencana tentang akan bepergian kemana itu memang penting. Tapi jangan sampai kamu kehilangan mood untuk menikmati perjalanan karena terjadi hal-hal yang di luar rencana. Cobalah untuk santai dan tak terlalu menyesal ketika misalnya Kamu terpaksa bertahan di hotel dan tidak bisa menghadiri acara khas di lokasi traveling karena cuaca buruk.  Jika kamu terbiasa berimprovisasi dan selalu bisa menemukan cara alternatif untuk menikmati suasana apapun dalam kehidupan sehari-hari, kami yakin kamupun tak akan kesulitan untuk melakukannya saat sedang traveling.

 

3.    Terlalu sibuk bermedia sosial
Media sosial sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia modern. Meski sepintas menyenangkan, tapi berlama-lama mengakses akun media sosial jenis apapun tak baik untuk kesehatan jiwa. Kamu bisa saja mendadak menyesali hidup kamu sendiri hanya karena membandingkan keadaan yang kamu alami sekarang dengan kesuksesan teman-teman SMA, sebagaimana yang mereka koarkan di Facebook. Padahal, kamu kan juga tidak tahu kenyataan yang sebenarnya. Apalagi jika kamu menghabiskan waktu mengomentari status teman-teman hingga berjam-jam saat kamu sedang traveling. Bisa-bisa kamu kehilangan waktu untuk menikmati suasana baru yang sudah kamu idam-idamkan selama ini!

Boleh saja Kamu mengunggah foto-foto traveling, atau mengecek berita terbaru dari sahabat Kamu. Tapi, jangan lama-lama ya. Toh kamu bisa melakukannya di rumah.

 

4.    Paranoid
Kamu sudah lama berangan-angan untuk melakukan perjalanan sendirian setelah membaca pengalaman-pengalaman menarik yang dialami para traveler sebagaimana dimuat di beberapa media. Sebelum mengeksekusi rencana itu, ada baiknya kamu bertanya pada diri sendiri, siapkah kamu untuk benar-benar melakukan ini seorang diri?

Hindari juga sikap waspada yang terlalu berlebihan dan menganggap semua orang berniat buruk pada kamu ketika mereka tahu kamu bepergian seorang diri. Ketahui lebih terperinci mengenai lokasi yang kamu tuju sebelum berangkat, termasuk tentang ada dan tidaknya keluhan turis mengenai keamanan di lokasi terkait.

 

5.    Berpikir tentang rumah
Ini dia kesalahan paling buruk yang sering dilakukan oleh traveler, terutama para pemula. Kamu ingin melupakan sejenak kehidupan sehari-hari kamu yang membosankan, dan itu jelas termasuk rumah, kantor, sekolah/ kuliah, dan lain-lainnya kan?

Tidak ada jalan untuk putar balik, kecuali kamu melanjutkan perjalanan hingga usai. Selamat traveling!

(Visited 322 times, 1 visits today)

Comments

1 Comment

Comments

To Top