Berita

5 Hal yang Harus Diantisipasi Pas Lebaran di Kampung Halaman

Mudik ke kampung halaman sudah jadi tradisi yang lekat dengan Hari Raya Idul Fitri. Makna Lebaran yang kembali suci makin terasa lengkap jika sudah bertemu dengan sanak saudara hingga teman dekat di daerah asal.

Selain bisa berbagi cerita sukses, momen lebaran bisa jadi kesempatan yang pas buat meminta maaf kepada seluruh kerabat di kampung. Mulai dari orang tua, adik dan kakak hingga keponakan dekat.

Tapi, ada beberapa hal yang kamu harus hadapi saat memutuskan buat mudik ke kampung halaman pada lebaran ini, lho. Apalagi kalau sudah berbicara soal masa lalu di daerah asal.

Nah, Pegipegi punya 5 hal yang harus kamu antisipasi saat berlebaran di kampung halaman. Simak ya!

Dana Angpao

Hal pertama yang kamu harus antisipasi saat Lebaran tiba adalah soal dana angpao. Sudah jadi tradisi di mana-mana kalau Lebaran adalah momen yang tepat buat memberikan sedikit rezeki kepada adik hingga keponakan dekat. Tapi, bakal terlihat sulit untuk direalisasikan jika kondisi keuangan kamu sedang serat. Nah, sebaiknya, sebelum pulang ke kampung halaman, kamu siapkan dulu deh beberapa amplop berisi dana angpao buat mereka jauh-jauh hari.

Kapan Nikah?

Foto: weddingwire

Dengan usia yang sudah matang dan status pekerjaan yang cukup mapan, keluarga di kampung halaman pasti berharap kamu sudah mendapatkan calon istri buat dikenalkan. Sayangnya, ketika kamu justru datang sendiri, pertanyaan “Hayo, kapan nih nikah?” terdengar menyakitkan. Nah, buat mengantisipasi, ada baiknya kamu menyiapkan jawaban yang pas. Kamu bisa sedikit tegaskan kok kalau saat ini karir menjadi prioritas utama.

Cinta Lama

Mudik ke kampung halaman itu artinya sudah siap untuk menghadapi masa lalu. Salah satunya soal mantan kekasih. Keterbatasan informasi mengenai situasi terkini mantan selama setahun terakhir bisa jadi bumerang buat kamu. Apalagi kalau kenyataanya dia masih sangat mencintai dan menunggu kepulangan kamu, sedangkan hati sudah berkata nggak. Nah, ini yang juga kamu harus hadapi saat mudik ke kampung halaman nanti. Apakah harus menghindar atau justru nekat buat menyapa, itu pilihan kamu, deh!

Musuh Masa Lalu

Foto: themaindamie

Selain mantan, hal lainnya yang bakal merusak momen Lebaran kamu adalah soal musuh dari masa lalu. Momen Idul Fitri memang cocok buat digunakan untuk saling meminta maaf. Tetapi, beberapa orang di masa lalu yang pernah punya masalah dengan kamu kadang berpikir nggak semudah itu buat melupakan. Nah, ada baiknya kamu antisipasi dengan bertamu langsung ke kediamannya, bawa buah tangan serta minta maaf duluan, deh.

Hutang Piutang

Foto: mie

Terdengar bikin males sih tetapi ini justru jadi kewajiban kamu! Sejak meninggalkan kampung halaman selama bertahun-tahun, kadang kamu nggak sadar telah meninggalkan banyak hutang di sana. Makin jadi masalah jika kamu sama sekali nggak ingat tentang hal ini. So, ada baiknya jika kamu mempersiapkan dana untuk melunasi tagihan sebelum pulang ke kampung halaman. Sisihkan, mana yang menjadi prioritas saat mudik Lebaran nanti.

Foto utama: theplaidzebra

Sudah siap mudik Lebaran? Kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 179 times, 1 visits today)

Comments

To Top