Tips

5 Hal yang Bikin THR Cepat Habis

Travelers, sudah dapat THR (tunjangan hari raya) belum? Kalau iya, apakah THR kamu masih utuh? Atau jangan-jangan sudah ludes, nih. Hihihi… Meskipun kamu mendapatkan THR, bukan berarti kamu harus jadi boros, lho. Menurut pengamatan Pegipegi, ada beberapa hal yang bisa bikin THR cepat habis. Apa aja, ya?

1. Kebanyakan jajan atau bukber 

Di bulan puasa, banyak sekali jajanan lucu bertebaran di mana-mana. Bahkan, banyak kedai makanan yang mendiskon makanan mereka. Kita pun jadi tergoda untuk jajan terus. Padahal dengan adanya diskon, bukan berarti kita jadi makin hemat. Yang ada, kita malah jadi tergoda untuk jajan lebih banyak!

Untuk yang masih tinggal dengan orangtua, ada baiknya buka puasa atau sahur di rumah aja. Sedangkan untuk yang merantau dan ngekos, lebih baik beli kebutuhan pokok dan masak sendiri di rumah. Biasanya, makan masakan sendiri di rumah lebih menghemat pengeluaran ketimbang makan di mal. Dan lebih sehat pula.

Saat menerima THR, nggak bisa dipungkiri kita jadi tergoda untuk mengadakan bukber (buka bersama) dengan teman-teman. Kalau bukber-nya cuma satu atau dua kali dalam sebulan sih nggak apa-apa, tapi kalau dalam seminggu ada dua sampai tiga bukber, bukannya jadi boros banget, ya?

Kebanyakan orang, berpikir bahwa bukber merupakan ajang silaturahmi. Padahal, silaturahmi bisa dilakukan kapan aja, kok. Nggak cuma di bulan puasa. Lagipula, saat buka puasa, biasanya resto-resto sangat ramai. Kamu bakal sulit mendapatkan tempat untuk bukber. 

2. Tergiur promo atau diskon di mal

Habis dapat THR, bahaya banget kalau kamu langsung ngabuburit di mal! Soalnya, sudah pasti setiap toko/tenant menawarkan diskon yang kelihatannya aduhai banget! Terutama untuk barang fashion. Padahal, bisa aja harga barang sebelum didiskon sudah dinaikan terlebih dahulu. Kalau dihitung-hitung, harganya sama aja seperti harga normal.

Sebaiknya, kamu pikir-pikir lagi deh, apakah barang yang ingin kamu beli tersebut berguna dan nantinya bakal sering dipakai?

3. Beli gadget 

Mendapatkan uang dengan jumlah cukup besar, bisa aja menggoda kita untuk membeli barang mahal, seperti gadget. Apalagi, sekarang ini sudah banyak gadget yang mengeluarkan seri terbaru mereka. Kan lumayan bisa dipamerin pas hari raya! Eits, coba pikir lagi deh, apa motivasi utama kamu saat ganti gadget baru? Karena gadget lama sudah rusak atau cuma karena gengsi?

4. Terpengaruh media sosial

Banyak yang bilang media sosial bisa menjadi racun bagi para penggunanya, apalagi setiap manusia punya rasa ingin diakui oleh orang lain. Misal, kamu sering banget melihat Instragram sosialita yang gemar bergaya glamour. Bisa jadi kamu jadi terpengaruh untuk beli barang branded. Akhirnya kamu pun mengeluarkan banyak uang di luar di kemampuanmu, salah satunya dengan cara menghabiskan THR. Padahal, banyak kok barang lokal yang kualitasnya bagus dan harganya terjangkau.

5. Beli barang kurang penting, misal kembang api

Memang sih, keberadaan kembang akan memeriahkan Lebaran kamu, tapi coba kamu pikir lagi, setelah kembang api habis terbakar, kesenangan kamu pun langsung hilang begitu aja. Lebih baik, kamu alokasikan uang THR kamu untuk kebutuhan lain yang jauh lebih penting. Lagipula, main kembang api atau petasan banyak risikonya, mulai dari luka-luka hingga kebakaran.

Jadi, agar THR kamu tidak cepat habis dan berfaedah, harus dialokasikan untuk apa aja? Baca tipsnya di artikel Alokasikan THR untuk 7 Hal Penting Ini!

Daripada THR kamu dihabiskan untuk lima hal tersebut, sebaiknya kamu alokasikan untuk perjalanan mudik. Yuk, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: https://www.lifestyle.okezone.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top