Destinasi

5 hal yang bikin kamu wajib ke Tomini Bay

Ada banyak alasan mengapa Gorontalo cocok banget jadi tempat liburan kamu, travelers. Keindahan alam, budaya yang unik serta warga yang ramah bersatu padu menjadi magnet buat para wisatawan. Nah, buat kamu yang hobi diving, Tomini Bay bisa bikin kamu takjub karena keindahan habitat bawah lautnya.

Sulit untuk menandingi kecantikan kehidupan bawah laut di Tomini Bay yang keindahannya bagai surga dunia. Menjadi teluk paling besar di Indonesia dengan luas sekitar enam juta hektar dan memiliki 90 pulau, Tomini Bay sudah menjadi primadona di kalangan penyelam, baik dari dalam dan luar negeri.
Nah, buat kamu yang berniat mengunjungi Gorontalo, jangan sampai lupa memasukkan Tomini Bay dalam itinerary kamu, ya! Setidaknya ada lima alasan yang bisa mendukung kamu untuk datang ke Tomini Bay. Yuk, simak uraiannya berikut ini!

1. Rumah bagi terumbu karang
Sebagai orang Indonesia, kamu harus bangga memiliki Tomini Bay yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Makanya, Tomini Bay ini nggak cuma aset berharga bagi warga sekitar, tapi juga nasional bahkan dunia, travelers.

Flickr: tomfreakz

Flickr: tomfreakz

2. Kaya dengan biota laut
Terumbu karang raksasa, ikan gobi, anemon dan nemo cuma secuil dari ratusan jenis biota laut yang bisa kamu temukan di Tomini Bay. Bahkan karang Salvador Dali dan Kipas Laut Biru—yang cuma ada tiga di Gorontalo—juga bisa kamu lihat langsung saat menyelam di Tomini Bay. Itu sebabnya para penggila diving berbondong-bondong menyambangi Tomini Bay demi mengeksplor indahnya kehidupan bawah laut di Tomini.

life.viva.co.id

life.viva.co.id

3. Pilihan spot diving melimpah
Tak kurang dari 200 spot diving bisa kamu dapatkan di Tomini Bay, dengan 30 titik di antaranya tersebar di Gorontalo, 25 di Togian serta masih banyak spot lainnya yang belum dieksplor.
Sementara yang jadi primadona di kalangan diver adalah Taman Laut Olele dan Kepulauan Togean. Melihat air lautnya yang sebening kaca serta aneka terumbu karang dan hewan unik di dalamnya bakal jadi pengalaman paling berkesan, deh.

www.topindonesiaholidays.com

www.topindonesiaholidays.com

4. Event Sail Tomini
Untuk terus meningkatkan sektor pariwisata khususnya sektor bahari, pemerintah gencar memperkenalkan objek wisata dalam negeri kepada dunia melalui event kelas internasional. Salah satunya adalah Sail Tomini yang mempertunjukkan berbagai atraksi menarik seperti atraksi pesawat sukhoi di atas Pantai Balihutuo dan atraksi terjun payung dari para prajurit TNI Angkatan Udara. Melihat kesuksesan Sail Tomini 2015 yang digelar pada 19 September lalu, pemerintah berharap acara ini bisa digelar secara rutin setiap tahun.

strategi-militer.blogspot.com

strategi-militer.blogspot.com

5. Melihat lumba-lumba di alam bebas
Satu alasan lagi kenapa kamu mesti menyambangi Tomini Bay, yaitu karena keberadaan lumba-lumba di alam bebas. Kamu memang nggak bisa menyaksikan mamalia lucu ini sepanjang tahun, tapi kalau datang ke Tomini Bay sekitar bulan Februari hingga April, besar kemungkinan kamu bisa menyaksikan bagaimana kawanan lumba-lumba ini berenang bebas di habitatnya.

www.jayanjayan.com

www.jayanjayan.com

(Visited 1,736 times, 3 visits today)

Comments

To Top