Tips

5 Hal yang Bikin Kamu Rugi Saat Traveling

Traveling sudah pasti seru karena kamu berkunjung ke tempat baru dan mendapatkan suasana baru yang berbeda dibandingkan di kota atau negara sendiri. Tapi, jangan sampai kamu rugi saat traveling karena hal-hal berikut ini, ya!

1. Malu bertanya

Sudah bawa peta manual dan GPS, tapi masih bingung mencari tempat wisata yang dituju? Jawabannya sudah pasti bertanya pada orang sekitar. Tapi, ada beberapa orang yang enggan bertanya karena malu dan gengsi. Padahal, ketidaktahuan adalah hal yang wajar, lho, apalagi jika di hari itu adalah kunjungan pertama travelers. Ingat dengan pepatah malu bertanya sesat di jalan. Penduduk lokal atau sesama turis pasti bersedia membantu asal travelers punya etika ketika bertanya.

Hampiri baik-baik, berikan senyum, dan bertanyalah dengan ramah, maka orang tersebut pasti akan membantu travelers menemukan lokasi yang dicari. Kalau pun orang tersebut nggak tahu apa-apa, jangan keburu marah. Biasanya mereka akan meminta orang di sekitar untuk membantu kamu, kok. Jika sudah mendapat jawaban, jangan lupa ucapkan terima kasih.

lost-traveler-guidebook3

www.lostgirlsworld.com

2. Diet

Bahkan, ahli nutrisi saja nggak menyarankan kita untuk diet selama liburan. Tujuannya tentu agar travelers bisa menikmati semua makanan yang enak saat liburan. Rugi dong sudah jauh-jauh datang ke kota yang banyak makanan enak seperti Medan, tapi travelers malah memilih makan oatmeal atau camilan sehat. Travelers nggak perlu mikirin berat badan yang bakal naik karena diet bisa dilakukan ketika liburan sudah usai.

Nggak perlu khawatir dengan berat badan yang nantinya bakal susah turun. Soalnya, berat badan yang naik karena liburan selama beberapa hari bakal lebih mudah diturunkan kembali dibandingkan dengan berat badan yang bertambah karena ditimbun berbulan-bulan lamanya. Ketika travelers kembali ke realita dan mulai mengembalikan porsi makan seperti semula, ditambah dengan olahraga, berat badan travelers akan segera kembali ke angka semula dalam waktu singkat.

choosing between apple and cake

www.universalformulas.com

3. Makan makanan siap saji terus

Jauh-jauh datang ke kota atau negara lain, tapi travelers malah milih makanan siap saji yang bisa ditemui, rugi banget! Karena jarang-jarang lho travelers bisa liburan ke sana. Dan belum tentu makanan tersebut bisa didapatkan di tempat sendiri. Nggak ada salahnya mencoba menu lokal yang khas di sana. Meskipun kelihatannya nggak menggiurkan seperti makanan yang travelers konsumsi sehari-hari.

Dengan mencoba makanan baru, rasa penasaran travelers sama makanan tersebut bakal hilang. Travelers jadi tahu seperti apa makanan baru tersebut. Enak atau nggak enak, tetap bisa jadi cerita seru yang travelers bagikan ke orang-orang terdekat ketika liburan usai. Bagi travelers yang nggak boleh mengonsumsi makanan non-halal, sebaiknya bertanya dulu soal kandungan makanan tersebut.

junk

www.banashreepalit.wordpress.com

4. Nggak mencoba hal baru

Main ke tempat wisata seperti air terjun, gunung, atau pantai, tapi masa travelers cuma foto-foto dan nggak berani mencoba bungee jumping, rafting, naik gunung, atau mencoba water sports? Memang sih kelihatannya olahraga tersebut menakutkan, apalagi travelers belum pernah mencobanya. Justru dengan mencoba olahraga-olahraga ekstrem, siapa tahu bisa mengurangi rasa takut travelers secara perlahan-lahan.

Selain bisa mengurangi rasa takut, olahraga ekstrim juga bisa menjadi pelepas stres, melancarkan peredaran darah, dan melatih kelenturan tubuh. Selama dilakukan di tempat wisata yang bisa dipercaya, alat-alatnya terjamin, dan sudah banyak testimonial positif, travelers nggak perlu pikir panjang untuk mencoba! Jadi, sebelum berangkat ke TKP, travelers harus banyak-banyak mencari tahu lewat Google, ya!

female_bungee_jumping

www.femaleimagination.wordpress.com

5. Pelit

Irit boleh, tapi pelit jangan! Irit itu bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Sedangkan pelit itu selalu berusaha mendapatkan harga termurah tanpa peduli kualitas atau kebutuhan. Misalnya, ingin menginap di hotel yang harganya jauh lebih murah daripada hotel lainnya, tapi nggak memerhatikan apakah hotel tersebut strategis atau nggak. Padahal, hotel yang nggak strategis bakal merepotkan diri sendiri, misalnya harus bangun pagi-pagi sekali pas mau check out di bandara atau menghabiskan banyak ongkos dan waktu ketika ingin jalan-jalan.

Atau misalnya ketika travelers ingin jalan-jalan ke banyak tempat wisata di kota tertentu, tapi nggak mau sewa mobil karena menganggap harga sewa mobil mahal. Padahal, kalau nggak ada mobil, travelers yang bakal kerepotan mencari kendaraan umum yang belum tentu ongkosnya murah. Kalau sudah begitu, liburan travelers jadi nggak asyik kan. Ingin menyimpan uang lebih banyak, tapi jatuhnya malah rugi!

stingy

www.tribeappeal.wordpress.com

Nggak pengin kan kelima hal itu sampai terjadi saat traveling? Sebelum terjadi, lebih baik dicegah supaya liburan travelers jadi menyenangkan. Ingin tahu cara pintar mendapatkan tiket pesawat dan hotel murah yang strategis, travelers bisa cek di pegipegi.com!

(Visited 837 times, 1 visits today)

Comments

To Top