Tips

6 hal wajib biar road trip lancar

Jalan-jalan darat—atau istilah kerennya road trip—bisa jadi seru, atau malah menyebalkan.  Tergantung bagaimana kesiapan kita, termasuk soal mood yang wajib dijaga sepanjang road trip. Lakukan enam trik ini agar road trip berjalan aman dan menyenangkan, ya!

1. Cek kondisi kendaraan

Inilah hal terpenting yang harus dilakukan saat akan melakukan road trip, pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Cek kondisi mesin, pastikan tidak overheat saat menempuh perjalanan jauh. Isi penuh tangki bensin, jaga-jaga jika travelers kesulitan menemukan pom bensin saat di area yang asing. Pastikan juga kondisi ban kendaraan oke, misalnya dari segi permukaan ban yang tidak tipis dan tekanan anginnya.

www.collegeparksunoco.com

www.collegeparksunoco.com

 2. Rencanakan rute

Buat travelers yang punya kebiasaan “Liat ntar aja, deh. Jalanin aja dulu…” sepertinya harus pikir dua kali, tuh. Mau ketemu risiko nyasar berjam-jam gara-gara nggak ada persiapan? Pastikan geng road trip kamu sudah berunding sebelum berangkat, rundingkan rute yang akan dituju. Kalau perlu tentukan juga urutan menyetir, supaya masing-masing orang tau kapan giliran mereka beristirahat sebelum menyetir. Satu lagi, tentukan juga tempat peristirahatan yang akan didatangi sambal melepas lelah.

blog.esurance.com

blog.esurance.com

3. Bawa peta konvensional

Walaupun peta digital praktis dan lebih update, namun risikonya juga banyak. Misalnya, peta digital nggak bisa digunakan saat gadget kamu low bat atau saat koneksi internet buruk. Nggak ada salahnya manfaatkan peta kertas yang justru biasanya dilengkapi dengan daftar restoran, tempat singgah, pom bensin, rumah ibadah, bahkan tempat wisata. Usahakan pilih yang antiair karena bahannya lebih kaku dan tidak mudah robek, sehingga memegangnya lebih nyaman.

news.softpedia.com

news.softpedia.com

 4. Buat diri senyaman mungkin

Berhubung road trip ‘mengharuskan’ kita berada di dalam mobil dalam waktu lebih lama dari biasanya, pastikan kamu tetap merasa nyaman di perjalanan. Pakai baju senyaman mungkin, jangan lupa bawa bantal dan selimut tipis. Selain barang pribadi, bawa juga tisu basah, obat-obatan, senter, dan pisau lipat. Yang nggak boleh ketinggalan, snack pengganjal perut dan air putih. Usahakan snack yang dibawa sudah ditempatkan dalam wadah praktis, agar nggak merepotkan ketika di dalam mobil.

www.nullarborroadhouse.com.au

www.nullarborroadhouse.com.au

 5. Trik antibosan

Jujur aja, road trip, tuh, bisa jadi ngebosenin banget.  Apalagi kalau semuanya tidur dan yang melek hanya yang menyetir. Kita jadi melamun dan mikir yang nggak-nggak—terutama buat yang nyetir (apalagi malam-malam) bisa bahaya, lho.  Saat road tripping penting banget untuk menjaga pikiran tetap segar dan terjaga. Buat travelers yang ada di kursi penumpang pun usahakan selalu menemani temanmu yang nyetir agar tetap terjaga.

Banyak cara fun yang bisa dilakukan, kok. Misalnya, membawa ‘board game’ seperti ular tangga, monopoli, halma, dan ludo. Biasanya, sih, dijual sepaket, tuh. Kalau nggak mau repot, bisa juga membawa catur yang berbahan dasar magnet supaya main tetap nyaman walau di dalam mobil yang berjalan. Bosan main game? Bagaimana kalau menggelar sesi curhat? Pasti nggak ada habis-habisnya, tuh. He he he…

www.aliexpress.com

www.aliexpress.com

 6. Istirahat nyaman

Sesampainya di tempat tujuan, pastinya badan sudah lelah dan ingin segera beristirahat, kan. Maklum, perjalanan darat yang lumayan memakan waktu bikin badan pegal karena duduk berlama-lama. Pastikan kamu sudah memesan hotel di PegiPegi sebelum keberangkatan, ya. Dengan begitu kamu bisa langsung ke hotel dan nggak perlu repot mencari-cari lagi di sana. Dijamin harga yang disediakan PegiPegi lebih murah, deh!

(Visited 213 times, 1 visits today)

Comments

To Top