Event & Festival

5 Hal Seru Ini Siap Memeriahkan Lebaran Betawi 2017!

Buat kamu yang tinggal di Jabodetabek dan ngaku anak Betawi asli, bersiaplah! Akhir pekan minggu ini, tepatnya 28,29, dan 30 Juli, coba kosongkan jadwal kamu buat datang ke acara Lebaran Betawi 2017.

Berbeda dengan Lebaran Betawi tahun lalu, kali ini Pemerintah DKI Jakarta melalui Sekretaris Daerah (Sekda) menunjuk Setu Babakan sebagai tuan rumah penyelenggaranya. Sebelumnya, Lebaran Betawi konsisten di gelar di Lapangan Banteng, Gambir, dekat Kantor Walikota DKI Jakarta.

Dengan total dana Rp 700 juta, Pemprov DKI Jakarta yakin bahwa Lebaran Betawi kali ini bakal lebih seru. Diperkirakan, akan ada 20 ribu warga DKI Jakarta dan sekitarnya yang siap memadati arena Lebaran Betawi 2017.

Nah, buat kamu yang ingin main ke Lebaran Betawi, sekaligus silahturahmi dengan warga Betawi lainnya, Pegipegi punya beberapa hal seru yang siap menyambut kamu. Apa saja? Simak yuk!

Ajang Pamer Ikon Betawi

Foto: wikimedia

Selain digunakan sebagai ajang silahturami, Lebaran Betawi selalu identik dengan pameran ikon Betawi. Dalam hal ini produk-produk asli, baik kuliner maupun karya seni yang berasal dari Betawi.

Untuk Lebaran Betawi 2017, bakal ada delapan ikon Betawi yang siap dipamerkan. Antara lain ondel-ondel, ornamen kembang kelapa, baju sadariah, kebaya kerancang, kerak telor, ornamen gigi balang, bir pletok, dan batik betawi.

Perang Pentas Drama

Foto: gapuranews

Suku Betawi memiliki banyak sekali pentas seni yang menarik untuk diikuti. Salah satu yang paling digemari adalah Sohibul Hikayat.

Nah, Lebaran Betawi akan kembali menghadirkan pentas drama sastra lisan ini ke atas panggung. Beberapa seniman pentas tersebut bakal saling lempar humor khas Betawi yang lucu abis.

Gelaran Musik Khas

Foto: negerikuindonesia

Nggak lengkap rasanya kalau nggak melibatkan musik di dalam Lebaran Betawi 2017. Nah, kali ini, Lebaran Betawi bakal memboyong empat jenis pagelaran pentas musiknya.

Di hari Sabtu, kamu bisa menikmati lantunan musik Gambus dan Tanjidor, Orkes Samrah dan Rebana Biang Lenong. Sedangkan di hari Minggu, kamu bakal dihibur dengan lantunan Keroncong Bandar Jakarta khas Betawi.

Saling Adu Jantan

Foto: berdemokrasi

Betawi juga sangat dikenal dengan pencak silatnya. Dan kembali, Lebaran Betawi 2017 siap mementaskannya buat para pengunjung setia.

Di tiga hari gelaran, Lebaran Betawi bakal menghadirkan aksi Palang Pintu yang biasa kamu lihat dalam sebuah prosesi pernikahan. Nggak cuma itu, di hari terakhir, Parade Silat Betawi siap menutup weekend kamu dengan meriah. Siap adu jantan?

Ajang Berburu Kuliner

Foto: indonesiakaya

Untuk kesekian kalinya, Lebaran Betawi akan kembali membuka pasar kulinernya. Semua kuliner khas Betawi mulai dari kerak telor, rujak juhi hingga bir pletok bisa kamu nikmati.

Jika tahun lalu ada 20 stand kuliner di sepanjang satu kilometer venue, pihak penyelenggara memastikan siap membuka lebih banyak lagi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pamor kuliner Betawi yang sangat dirindukan.

Foto: dream

Tertarik buat datang ke Lebaran Betawi? Nah, cocok tuh sekalian liburan karena bisa pesan tiket pesawat atau tiket kereta api ke Jakarta lewat Pegipegi! Jangan lupa cari hotel murah Jakarta, ya!

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 307 times, 1 visits today)

Comments

To Top