Destinasi

5 Gunung Purba Nglanggeran Yogyakarta ini Cantik Banget!

Soal wisata alam, Yogyakarta memiliki daya tarik tersendiri, terutama wisata gunung. Dua gunung, Merapi dan Merbabu seakan menjadi ikon utama dari Kota Pelajar ini.

Akan tetapi, Yogyakarta juga punya Pegunungan Nglanggeran, lho! Secara pamor, pegunungan ini jelas kalah beken dari kedua gunung tersebut. Tapi, kalau ditanya soal panorama, Pegipegi jamin kamu nggak bakal nyesel datang ke Pegunungan Nglanggeran

Foto: lakolakokhatulistiwa

Pegunungan Nglanggeran merupakan kompleks pegunungan purba yang sudah nggak aktif sejak 60-70 juta tahun silam. Di dalamnya, terdapat beberapa gunung dengan kontur batu karst yang sangat indah.

Dan sejak ditemukan beberapa puluh tahun yang lalu, Pegunungan Nglanggeran disulap menjadi sebuah ekowisata yang cantik.

Nah, Pegipegi sudah kumpulkan 5 gunung kompleks Pegunungan Purba Nglanggeran yang wajib kamu kunjungi saat ke sini. Siapa tahu bisa dapat spot buat foto keren selama liburan di Yogyakarta.

Gunung Kelir

Foto: catatansimiko

Salah satu gunung yang diincar banyak turis adalah Gunung Kelir. Di sini, panorama sunset pada sore hari bisa kamu dapatkan. Gradasi jingga yang menyala siap membius kedua mata kamu yang rindu akan pemandangan mempesona.

Gunung Gedhe

Foto: aengaeng

Dari sekian banyak gunung yang ada di Pegunungan Nglanggeran, Gunung Gedhe yang paling menarik perhatian. Secara ukuran, ia jadi yang terbesar dan tertinggi. Dari atas puncak, kamu bisa melihat lanskap keseluruhan Pegunungan Nglanggeran yang menawan. Para pendaki juga bisa beristirahat di sana lho, membangun kemah untuk bermalam.

Gunung Bongos

Foto: jalanjogja

Secara penampakan, Gunung Bongos nggak ada yang spesial. Tapi, jika kamu perhatikan warnanya, ia paling berbeda sendiri. Yap, Gunung Bongos memiliki warna hitam pekat seperti arang tempat meletakkan bencong (lampu). Soal panorama, Gunung Bongso jadi salah satu yang terindah.

Gunung Buchu

Foto: imankurniadi

Konon kabarnya, Gunung Bunchu merupakan bagian dari Gunung Merapi yang dipindahkan oleh Punokawan (Para pengikut kesatria dalam wayang Jawa). Yang bikin beda dari gunung lainnya adalah soal sumber air. Di sini, kamu bisa menemukan aliran sungai yang cantik. Bentuknya lancip, Gunung Buchu dikenal memiliki medan yang cukup sulit untuk dipanjat.

Gunung Blencong

Foto: angkisland

Secara mitologi, Gunung Blencong dianggap sebagai penyangga kompleks Pegunungan Nglanggeran. Bahkan, saat gempa melanda Yogyakarta 2006, Gunung Blencong tetap berdiri kokoh! Terdiri dari tumpukan batu, Gunung Blencong memiliki wujud tegak dan berlubang-lubang di tengahnya. Cocok buat kamu yang ingin mengabadikan momen dengan latar belakang batu raksasa.

Foto: piknikasik

Mau main ke pegunungan purba ini? Sekalian liburan! Agar bujet liburanmu terjangkau, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah ke Yogyakarta  pesan tiket kereta api murah ke Yogyakarta  cari hotel murah di Yogyakarta

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 658 times, 4 visits today)

Comments

To Top