Rekomendasi

5 Gudeg Terfavorit di Yogyakarta

Ketika ke Yogyakarta, menyantap menu khas gudeg rasanya jadi agenda wajib bagi para traveler. Makanan tradisional berbahan dasar nangka muda ini bisa ditemukan dengan mudah di Jogja. Maklum, begitu banyak warung makan dan resto yang menawarkan gudeg lezat menggoyang lidah. Nah, khusus buat travelers yang berencana berkunjung ke Jogja dalam waktu dekat, pegipegi punya rekomendasi tempat gudeg terfavorit, nih. Sugeng dahar…*

1. Gudeg Pawon
Kalau biasanya kebanyakan orang menikmati gudeg untuk makan siang, beda banget dengan Gudeg Pawon yang bisa dinikmati malam hingga dini hari. Biarpun jam bukanya nggak lazim tapi pengunjung yang antre tetap banyak, lho! Warung makan ini juga unik banget karena pengunjung diperbolehkan duduk menyantap gudeg di pawon**
Tempatnya pun sederhana, nggak terlalu besar, sekitar 4m x 6m dengan dinding yang mulai menghitam. Sambil menyantap makanan, kamu bisa melihat perkakas dapur tradisional yang dipajang.
Ngomongin soal makanannya, seporsi Gudeg Pawon terdiri dari gudeg dengan tambahan daun singkong dan sambal goreng krecek. Sedangkan lauknya ada telur, tempe, tahu, dan ayam kampung. Buat kamu penyuka rasa pedas, langsung gigit cabai merah yang terselip di antara gudeg dan krecek. Nikmati dengan sepiring nasi putih hangat dan teh manis, dijamin ketagihan, deh.
Alamat: Jln. Janturan No. 36 – 38 Warungboto, Umbulharjo.

www.makanmakan.com gamexeon.com

www.makanmakan.com, gamexeon.com

2. Gudeg Yu Djum
Ngomongin soal gudeg khas Jogja rasanya belum lengkap kalau belum membahas Gudeg Yu Djum yang terkenal ini. Bisa dibilang mayoritas orang akan merekomendasikan gudeg legendaris ini sebagai salah satu gudeg terfavorit di Jogja. Bukan tanpa alasan karena kenikmatan gudeg yang sudah berdiri sejak 60 tahun lalu ini memang sudah diakui banyak orang. Nggak heran, berkunjung ke sini terutama di jam makan, pastinya harus rela antre.
Seporsi Gudeg Yu Djum berisi nasi putih, gudeg, sambal krecek dan lauk. Pilihan lauknya pun sangat beragam, mulai dari ati ampela, telur bebek, sampai ayam kampung yang gurih menggoda.
Asyiknya selain bisa dimakan langsung, kamu pun bisa bawa pulang untuk oleh-oleh dalam bentuk besek atau kendil—tahan 24 jam tanpa dihangatkan. Sadar akan tingginya permintaan, Gudeg Yu Djum pun akhirnya melebarkan sayapnya dengan membuka cabang di Yogyakarta dan sekitarnya. Tenang, kualitas rasa tetap sama, kok!
Alamat: Jln. Wijilan No. 167, Selatan Pelengkung.

http://gudegyudjumpusat.com/

http://gudegyudjumpusat.com/

3. Gudeg Mercon Bu Tinah
Buat kamu yang nggak tertarik dengan gudeg karena nggak suka rasa manis, jangan berkecil hati. Di Gudeg Mercon Bu Tinah, kamu justru harus kuat menahan rasa pedas yang menggelitik lidah. Gudegnya sendiri memang sangat pedas, ditambah lagi dari oseng mercon berisi tempe dan potongan cabe hijau, ditambah krecek dan cabai rawit merah.
Sementara untuk pilihan lauknya mulai dari bakwan goreng, tempe mendoan, telur, sate, dan daging ayam. Berjualan sejak 20 tahun lalu, warung tenda yang satu ini buka sejak malam hingga dini hari. Ramainya, jangan ditanya!
Alamat: Perempatan Jalan Asem Gede, Kranggan.

www.rajawisata.co.id

www.rajawisata.co.id

4. Gudeg Permata Bu Pujo

Setiap warung gudeg punya keunikan, begitupun Gudeg Permata Bu Pujo yang nggak kalah lezatnya. Pengunjung pun rela saja antre asalkan bisa menikmati sedapnya gudeg basah yang dijual sejak mala mini. Lauk yang disediakan bermacam-macam, mulai dari tempe dan tahu bacem, telur pindang, ati ampela, serta daging ayam. Tapi yang bikin Gudeg Permata Bu Pujo terkenal, karena rasa gurih dari areh yang disiram di atas gudeg. Pas di lidah.
Alamat: Jalan Gajah Mada, di sekitar bioskop Permata.

http://www.tempatkuliner.com/

http://www.tempatkuliner.com/

5. Gudeg Mbarek Bu Ahmad

Tempat makan gudeg terfavorit di Jogja lainnya adalah Gudeg Bu Ahmad. Tempat ini juga sering direkomendasikan oleh para penikmat kuliner yang lagi ada di Jogja. Masuk dalam kategori gudeg kering, tempat ini menawarkan gudeg dengan rasa manis. Kualitas rasa yang tetap sama sejak dulu kala pun membuat banyak penikmat gudeg menjadi langganan di sini. Pelanggannya pun banyak dari kalangan artis ibukota. Nggak heran kalau Gudeg Bu Ahmad sering disebut sebagai gudeg para artis.
Alamat: Samping Selokan Mataram atau di sebelah Utara Fakultas Kehutanan UGM.

kotajogja.com

kotajogja.com

*Sugeng dahar: Selamat makan (Bahasa Jawa)
**Pawon: Dapur (Bahasa Jawa)

(Visited 791 times, 1 visits today)

Comments

To Top