Event & Festival

5 Fakta tentang Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Tanggal 9 Maret 2016, bakal terjadi gerhana matahari total di lautan India dan berakhir di Pasifik dekat Hawaii, Amerika Serikat. Indonesia merupakan satu-satunya negara yang dapat menikmati gerhana matahari total di wilayah daratan. Untuk mempersiapkan peristiwa langka tersebut, kamu perlu memerhatikan beberapa fakta berikut ini.

1. Gerhana matahari 9 Maret akan melintasi 11 provinsi

11 provinsi yang akan terlintasi gerhana matahari total adalah Bengkulu, Palembang, Jambi, Bangka Belitung, Palangkaraya, Sampit (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Kalimantan Barat, Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Sulawesi Barat, Ternate, dan Halmahera (Maluku Utara).

Bagi kamu yang berada di luar wilayah tersebut, kamu bisa menikmati gerhana matahari, meskipun nggak secara total jika kamu berada di Medan (77,6%), Denpasar (76,44%), Makassar (88,54%), dan Jayapura (73,79%). Sementara, untuk kamu yang berada di Jakarta dan pulau Jawa, kamu bisa menyaksikan gerhana matahari sekitar 50-60%. Negara-negara di kawasan Asia Tenggara juga dapat menikmati gerhana matahari sebagian.

gerhana1

www.news.liputan6.com

2. Gerhana matahari terjadi selama dua hingga tiga jam

Tapi gerhana matahari mencapai fase penuh hanya selama satu setengah sampai tiga menit. Di wilayah bagian barat Indonesia, gerhana mulai terjadi pada pagi hari, mulai pukul 06.19 WIB dan mencapai puncak gerhana pada 07.21 WIB. Dan gerhana matahari akan berakhir pukul 08.30 WIB. Sementara di wilayah tengah Indonesia, gerhana matahari total akan terjadi pukul 07.25 WITA dan wilayah timur pada 08.36 WIT.

Pemantauan gerhana matahari membutuhkan kondisi cuaca yang cerah dan lokasi dengan jangkauan pandangan yang luas tanpa terhalang gedung yang tinggi dan pepohonan lebat. Yang paling cocok sih, di lapangan terbuka atau di tepi pantai.

gerhana6

www.teknologi.news.viva.co.id

3. Berbahaya bagi kesehatan mata

Gerhana matahari total sebelumnya yang terjadi tahun 1983 silam lewat begitu aja karena presiden kita saat itu, Soeharto melarang masyarakat untuk melihatnya secara langsung. Katanya, hal itu bisa menyebabkan kebutaan. Kabarnya, beliau sendiri hanya menyaksikan gerhana matahari melalui saluran TVRI.

Cahaya matahari sehari-hari dan gerhana matahari memang sama bahayanya, yaitu bisa menyebabkan kerusakan pada mata. Jika kamu menatap sinar matahari dalam jangka waktu lama, akan menimbulkan kerusakan pada retina yang disebut dengan solar retinopathy yang bisa menimbulkan titik-titik hitam pada pandangan mata kamu. Dan itu bakal sulit dipulihkan.

Sedangkan, jika kamu menatap gerhana matahari total, pupil akan membesar dan menangkap cahaya sebanyak mungkin karena suasana yang gelap. Tapi, ketika fase total berakhir dan bulan mulai bergeser, cahaya matahari akan terang kembali dan itulah yang akan membahayakan mata kamu.

4. Harus menggunakan kacamata khusus

Kacamata hitam, rol film untuk foto, atau bekas foto rontgen bisa digunakan untuk melihat gerhana matahari total, tapi belum tentu aman, Karena ketiga benda tersebut nggak dilengkapi dengan pelindung dari sinar ultraviolet (UV). Kamu harus menggunakan kacamata khusus untuk melihat gerhana matahari.

Proyeksi lubang jarum juga dapat digunakan untuk melihat gerhana matahari total. Cara membuatnya, yaitu dengan menyediakan dua kertas HVS lalu lubangi salah satunya dengan jarum. Kemudian letakkan sejajar menghadap matahari. Kamu akan melihat pantulan matahari di bagian kertas lainnya. Ketika fase total terjadi, gerhana dapat dilihat dengan mata telanjang, tapi hanya beberapa menit. Yang paling aman sih, kamu bisa menyaksikan siaran langsung gerhana matahari total melalui situs internet, antara lain milik Observatorium Boscha Bandung.

gerhana4

www.antaranews.com

5. Boleh selfie asal…

Seperti yang barusan pegipegi bilang, ketika gerhana matahari mencapai fase total, itulah saat yang tepat untuk melihat gerhana matahari secara langsung dengan mata telanjang. Tapi, momen itu hanya terjadi selama satu setengah hingga tiga menit. Tentunya, selfie atau mengambil gambar saat gerhana matahari total nggak berbahaya. Yang berbahaya adalah saat fase total sudah lewat, lalu kamu melihat matahari dengan mata telanjang saat mengatur komposisi foto. Jadi, tetap gunakan kacamata khusus saat selfie, ya!

gerhana5

www.dream.co.id

Sudah tahu kan fakta soal gerhana matahari total tanggal 9 Maret nanti? Alangkah beruntungnya kamu jika tinggal di Indonesia. Kamu bisa punya kesempatan lebih banyak untuk menyaksikan gerhana matahari tahun ini. Karena, gerhana matahari cincin selanjutnya akan terjadi pada tanggal 20 April 2023 dan gerhana matahari total baru akan terjadi lagi tanggal 25 November 2049.

Jika kamu ingin menyaksikan gerhana matahari dekat pantai atau lokasi tertentu, kamu bisa mencoba cari hotel murah lewat pegipegi.com, ya!

cari hotel murah

(Visited 1,368 times, 1 visits today)

Comments

To Top