Berita

5 Fakta Soal Tol Layang Becakayu, Akses Baru Jakarta-Bekasi

Warga Jakarta yang tinggal di Bekasi patut berbangga hati. Penantian selama 20 tahun lamanya, akhirnya berakhir usai Tol Layang Becakayu diresmikan, awal bulan lalu.

Memiliki panjang 23,8 kilometer, Tol Layang Becakayu diharapkan dapat mengurangi kemacetan Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Tentu saja, ini merupakan kabar bahagia bagi kamu yang bolak-balik Jakarta-Bekasi tiap hari.

Ada banyak hal tentang Tol Layang Becakayu yang menarik untuk dikulik. Termasuk soal tertundanya pengerjaan proyek hingga 16 tahun lamanya.

Penasaran? Berikut 5 fakta seru soal Tol Layang Becakayu yang wajib kamu ketahui. Mari disimak, yuk!

1. Hanya 30 Menit

Jika biasanya kamu harus menghabiskan waktu 1,5-2 jam melalui Tol Jakarta-Cikampek. Kini, kamu bisa pangkas menjadi 30 menit saja. Dengan dua seksi yang sudah dibuka, Seksi 1B dan 1C (Cipinang-Jakasampurna), kamu nggak perlu khawatir terjebak kemacetan di jelang pintu tol keluar Cawang dan dalam kota.

2. Asal Usul Nama Becakayu

Buat yang penasaran asal usul namanya, Becakayu bukan berarti becak dari kayu, lho. Ternyata, Tol Becakayu merupakan singkatan dari Bekasi-Cakung-Kampung Melayu. Jadi, jangan tertukar ya!

A post shared by Tommi Umoto (@umoto89) on

3. Mandek 16 tahun

Pencanangan pembangunan Tol Becakayu sebenarnya sudah berlangsung pada 1995 lalu. Kala itu, proyek ini diharapkan menjadi akses khusus warga Bekasi yang ingin ke Jakarta. PT Kresna Kusuma Dyandra Marga ditunjuk sebagai sang developer-nya. Selesai membangun konstruksi tiang panjang di Kalimalang, Tol Becakayu harus berhenti dibangun lantaran krisis ekonomi 1998.

4. Berkat Presiden Jokowi

Selama 16 tahun lamanya, ratusan tiang pancang yang berdiri di samping Kalimalang terlantar fungsinya. Baru pada Oktober 2014, Pemerintahan Jokowi menginisiasi lanjutan pembangunan Tol Becakayu dengan dana Rp 7,2 triliun. Presiden Jokowi pun yang secara langsung meresmikan pembukaan Tol Becakayu pada awal November lalu.

5. Mahal Karena Melayang

Soal tarif, PT Jasa Marga memberlakukan angka Rp 14 ribu per kendaraan. Tarif ini terbilang tinggi dibanding melalui Tol Jakarta-Cikampek. Namun ada alasannya, lho! Posisi tol yang berada melayang (elevated) menjadi alasan Tol Becakayu dihargai Rp 14 ribu. “Mungkin dianggap tinggi, tapi karena konstruksinya semua elevated sehingga biaya konstruksinya juga lebih tinggi, 1,5 kali dari yang biasa. Jadi tarifnya agak tinggi” ucap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Foto utama: swamedium

Mau liburan hemat ke Jakarta? Bisa banget! Agar bujet liburan kamu ke Jakarta terjangkau, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Jakarta lewat Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah ke jakarta  pesan tiket kereta api murah ke jakarta  cari hotel murah di jakarta

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 86 times, 1 visits today)

Comments

To Top