Berita

5 Fakta Seru Tentang Kayak, Olahraga Favorit Menteri Susi

Dunia maya sedang dihebohkan dengan video viral Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Bukan soal ketegasannya memberikan komando, melainkan hobinya berolahraga kayak di tengah laut!

Well, Kayak sendiri merupakan olahraga air di mana sang pengendara menggunakan perahu kecil. Untuk bergerak, sang pengendara harus mengayuhnya dengan dua buah pedal dan menggunakan tubuhnya untuk mengendalikan arah.

What’s your definition of fun? ūüėĀ

A post shared by Susi Pudjiastuti (@susipudjiastuti115) on

Berbeda dengan kano, kayak merupakan olahraga individual. Di mana, kecepatannya untuk mengayuh sangat menentukan hasil di garis finish.

Nah, penasaran nggak sih dengan olahraganya ibu Susi Pudjiastuti? Pegipegi punya 5 fakta menarik tentang kayak. Yuk, simak!

Cocok di Laut dan Sungai

Bagi yang pernah dengar, kayak biasanya menggunakan sungai sebagai arena bermainnya. Jeram deras (kelas 3) siap memacu adrenalin kamu.

Nggak cuma itu, kayak juga bisa dimainkan di wilayah perairan seperti yang dilakukan oleh Menteri Susi Pudjiastuti. Soal keamanan, kayak dilengkapi dengan dek terutup untuk mencegah air masuk ke dalam perahu.

Kecepatan Segalanya

Foto: rei

Buat para atlet kayak profesional, kecepatan adalah segalanya. Maklum, kayak didesain untuk melaju secepat mungkin di atas air.

Nggak heran, kayak lebih disukai orang karena menggunakan medan air yang menantang dan kompetitif seperti jeram di sungai atau ombak di pantai. Ya, alternatif buat kamu yang nggak berani main selancar, sih.

Bakar Kalori

Foto: cobrakayaks

Namanya juga olahraga, pasti ada manfaat bagi kesehatan. Nah, kayak menggunakan seluruh tubuh untuk bergerak, terutama kaki, lengan, punggung, perut hingga panggul.

Alhasil, jika kamu bisa memacu kayak kamu 3-5 mil per jam, kamu dapat menguras 400 kalori dari dalam tubuh. Lebih baik ketimbang bersepeda, lho!

Asal Usul

Foto: bfloharborkayak

Kayak pertama kali muncul pada ribuan tahun yang lalu. Adalah bangsa Inuit di wilayah Artik yang muncul dengan ide transportasi ini. Mereka menggunakan kayu dan kadang-kadang tulang ikan paus untuk membuat kayak.

Tujuan utama kayak dibuat oleh mereka untuk mempermudah aktivitas berburu, terutama untuk menangkap ikan. Kayak sendiri baru pertama kali dikenalkan sebagai olahraga pada tahun 1931 oleh Adolf Anderle.

Olahraga Favorit Tokoh Dunia

Foto: obamadiary

Walaupun terkesan sederhana, kayak ternyata disukai oleh para tokoh dunia, lho! Selain Menteri Susi, mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama juga punya hobi berkayak.

Saat libur sejenak dari aktivitas, ia tertangkap kamera paparazi berkayak di Edgartown, Amerika Serikat. Selain itu, Perdana Menteri Kanada, Justin Tredeau juga terlihat menikmati kayak bersama sang istri saat main ke Taman Nasional Gulf Islands.

Foto utama: Susi Pudjiastuti

Mau main kayak seperti Menteri Susi? Sekalian liburan, deh! Kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 234 times, 1 visits today)

Comments

To Top