Berita

5 Fakta Seru Presiden Baru Perancis, Emmanuel Macron

Travelers, Perancis kini memiliki presiden baru! Berdasarkan pemilihan umum yang diselenggarakan sejak 23 April-7 Mei, nama Emmanuel Macron keluar sebagai pemenangnya.

Pria 39 tahun ini mengalahkan kandidat terkuat lainnya, Marine Le Pen dengan 65 persen suara. Kemenangan Macron ini pun disambut positif rakyat Perancis yang enggan melihat negaranya mengikuti jejak Inggris yang keluar dari Uni Eropa.

Well, selain memiliki sosok yang tampan, ada banyak hal yang menarik dari Emmanuel Macron. Mulai dari profilnya sebagai Menteri Ekonomi hingga kisah cintanya dengan sosok Brigitte Trogneux yang cukup menyita banyak perhatian orang.

Nah, Pegipegi memiliki beberapa fakta-fakta seru soal Emmanuel Macron. Yuk, disimak!

Termuda Setelah Napoleon

Foto: politico

Dengan usia yang masih 39 tahun, Macron mencatatkan diri sebagai pemimpin termuda Perancis kedua di bawah pahlawan legendaris, Napoleon Bonaparte. Hebatnya lagi, ia pun menjadi presiden modern pertama yang nggak memihak sebuah partai di Perancis alias netral, sementara sang lawan, Marine Le Pen sangat disokong oleh sayap kanan Perancis.

Cinta “Terlarang”

Foto: forbes.com

Pepatah di balik pria sukses, ada wanita hebat di belakangnya ternyata berlaku kepada Emmanuel Macron. Adalah sang istri tercinta Brigitte Trogneux menjadi alasan Macron naik tahta jadi presiden. Kekaguman Macron kepada Trogneux sudah berlangsung saat ia masih berusia 15 tahun. Bahkan di usia 17 tahun, ia coba “melamar” guru kelas dramanya tersebut meski usianya terpaut 24 tahun sehingga mendapat tentangan dari keluarga! Baru pada 2007 lalu, loyalitas Macron kepada Trogneux terbayar lunas saat ia menikahi satu-satunya perempuan yang pernah menjadi kekasihnya seumur hidup. Sosok Trogneux juga yang melatih Macron untuk berpidato selama kampanye kepresidenan dan menuntunnya hingga meraih kemenangan kemarin.

Pendidikan Sempurna

Foto: www.thestar.com

Lahir dan tumbuh besar di keluarga kaya, Macron mendapatkan pendidikan yang sempurna dari keluarganya. Meski sempat diasingkan ke Paris gara-gara terlibat cinta terlarang dengan sang guru, Macron membuktikan kepiawaiannya dalam sisi akademis. Dia lulus sebagai sarjana llmu filosfi dari Universitas Paris-Ouest Nanterre La Défense. Ia pun menyelesaikan gelar master untuk studi hubungan masyarakat saat masih bekerja sebagai asisten editor untuk Paul Ricoeur, filusuf kenamaan asal Perancis.

PNS Bukan Segalanya

Foto: newstatesman

Karier seorang Emmanuel Macron nggak bisa dibilang mulus pada awalnya. Sempat memutuskan untuk menjadi pegawai negeri sipil atau PNS strata atas usai lulus sekolah administrasi negara pada 2004 lalu, Macron lelah! Ia pun rela membayar uang sebesar €50,000 kepada negara agar bisa terbebas dari kontraknya sebagai PNS. Dia lalu bergabung dengan sebuah bank kenamaan Perancis, Rothschild & Cie Banque demi mengejar mimpinya menjadi bankir sukses. Langkah beraninya itu pun yang menghantarkan Macron ke jenjang pemerintahan saat ia didaulat menjadi Menteri Ekonomi Perancis di bawah kendali Presiden François Hollande.

Humoris yang Rendah Hati

Kharisma seorang Emmanuel Macron terletak pada cara ia berkomunikasi. Saat diserang dengan kabar gay oleh media dan lawan politiknya, Macron dengan enteng menjawab “Jujur, itu bukan saya. Bisa jadi yang kalian lihat adalah sosok hologram saya!” Sifatnya yang humoris membuat suasana panas saat pemilihan umum pun mencair. Hal ini juga didukung fakta kalau Emmanuel Macron adalah seorang yang sangat rendah hati meski dirinya sangat ambisius dalam memerangi terorisme di Perancis.

Foto utama: sky

Sudah nggak sabar mau ketemu Presiden Perancis yang satu ini? Mending sekalian liburan! Untuk kamu yang ingin liburan, yuk, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah [/otw_shortcode_button

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 179 times, 1 visits today)

Comments

To Top